Roboguru

Perhatikan gambar berikut! (Fotografer: Suryo Hartono)   Upaya pemanfaatan sampah pada gambar di atas sesuai prinsip 5R, yaitu ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!


(Fotografer: Suryo Hartono)
 

Upaya pemanfaatan sampah pada gambar di atas sesuai prinsip 5R, yaitu .... undefined

  1. recyclespace 

  2. reduceundefined 

  3. refuseundefined 

  4. reuseundefined 

  5. rotundefined  

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan Sampah bisa menguntungkan bagi masyarakat. Salah satu upaya dalam pemanfaatan sampah adalah dengan menggunakan prinsip 5 R. Prinsip tersebut di antaranya:

  1. Refuse berarti menolak benda yang tidak diperlukan
  2. Reduce berarti mengurangi penggunahan yang berlebihan
  3. recycle berarti mendaur ulang benda yang sudah digunakan
  4. reuse berarti mengganti benda sekali pakai dengan yang bisa digunakan ulang
  5. rot berarti mengolah sisanya menjadi pupuk kompos


Dengan penjelasan tersebut, jawaban tepat sesuai gambar adalah A.recyclespace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Wahyu

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Program pemberdayaan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan adalah ….

Pembahasan Soal:

Pembahasan:

Salah satu program pemberdayaan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan adalah program pemberdayaan daur ulang sampah plastik. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang memiliki banyak nilai jual. Program pemberdayaan sejenis ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penjualan daur ulang sampah yang sudah menjadi barang-barang kerajinan tangan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Sebuah program pemberdayaan dilakukan oleh para pemuda di Desa Jerukwangi, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Pemberdayaan yang dilakukan oleh para pemuda di Desa Jerukwangi di...

Pembahasan Soal:

Pemberdayaan dimulai dengan para pemuda yang membuat perencanaan untuk pemberdayaan yang akan dilakukan. Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi oleh para pemuda kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan bahaya dari sampah yang berserakan. Setelah masyarakat mulai memahami dengan baik, dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai program Bank Sampah, penanaman bibit, dan pendirian koperasi. Setelah penyuluhan, maka dilanjutkan dengan praktik dilapangan. tidak lupa para pemuda sebagai fasilitator dan agen pemberdaya juga ikut mendampingi di setiap prosesnya. Mulai dari kerja bakti membersihkan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan menyetor sampah di Bank Sampah Dadi Rejo.

Setelah itu dilanjutkan dengan proses rutin daur ulang sampah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

 

0

Roboguru

Program pemberdayaan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu program pemberdayaan adalah membuat program Bank Sampah Dadi Rejo. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang memiliki banyak nilai jual. Program Bank Sampah dilakukan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penjualan daur ulang sampah yang sudah menjadi barang-barang kerajinan tangan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pada umumnya, kerusakan lingkungan alam terjadi akibat ulah manusia dibandingkan faktor alam. Rusaknya lingkungan karena faktor alam memiliki karakter, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan alam terdiri dari faktor alam juga faktor manusi. Faktor alam memiliki karakter dimana secara alamiah alam akan mencari keseimbangannya kembali, sedangkan faktor karena ulah manusia sulit untuk menemukan keseimbangan kembali karena banyaknya faktor kepentingan lain yang memengaruhi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Mengapa banyak kearifan lokal dalam masyarakat berkaitan dengan lingkungan hidup? Jelaskan disertai contoh!

Pembahasan Soal:

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidupkearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk antara lain melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari. Hal ini menandakan bahwa adanya kearifan lokal di masyarakat memang bertujuan untuk melindungi, mengelola, melestarikan lingkungan hidup sehingga kearifan lokal pasti berkaitan dengan lingkungan hidup.undefined 

Contohnya adalah Lembaga Adat Panglima Laot di Simeulue, Aceh.
Lembaga adat Panglima Laot berdiri dengan tujuan untuk menjamin kepentingan masyarakat dalam mencari penghasilan di kawasan laut dan melakukan kepentingan pelestarian lingkungan di laut dan kawasan pesisir. Kelembagaan adat Panglima Laot menjadikan pengetahuan masyarakat–terutama berkait dengan kehidupan nelayan dan masyarakat pesisir relatif lebih terjaga.
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved