Roboguru

Perhatikan gambar berikut!     Dua buah balok yang massanya sama, 5kg  dihubungkan dengan seutas tali yang melalui katrol licin. Kedua bidang mempunyai koefisien gesekan kinetik yang sama sebesar 0,2 . Jika percepatan gravitasi bumi 10m/s2 , gambarkankan gaya-gaya yang bekerja pada masing-masing balok!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!


 

 

Dua buah balok yang massanya sama, begin mathsize 14px style 5 space kg end style  dihubungkan dengan seutas tali yang melalui katrol licin. Kedua bidang mempunyai koefisien gesekan kinetik yang sama sebesar begin mathsize 14px style 0 comma 2 end style . Jika percepatan gravitasi bumi begin mathsize 14px style 10 space straight m divided by straight s squared end style , gambarkankan gaya-gaya yang bekerja pada masing-masing balok!

Pembahasan Soal:

Diagram gaya-gaya yang terjadi pada balok ditunjukan pada gambar berikut:


 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Haq

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah balok diletakkan di atas meja dalam keadaan diam. Tuliskan gaya-gaya yang bekerja pada balok tersebut, kemudian tentukan pasangan gaya-gaya aksi reaksinya (memenuhi Hukum III Newton) dan pasang...

Pembahasan Soal:

Bunyi Hukum III Newton adalah “Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah. Atau, gaya dari dua benda pada satu sama lain selalu sama besar dan berlawanan arah”

FaksiFbalok,lantai==FreaksiFlantai,balok

Bunyi Hukum Newton I adalah “Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya”

FFbalok,lantaiwFbalok,lantai===00w

0

Roboguru

Arah gaya yang tidak benar adalah …

Pembahasan Soal:

Arah gaya yang tidak benar adalah gaya normal selalu berlawanan dengan berat benda karena arah gaya normal bergantung bidang tempat benda, arah gaya normal selalu tegak lurus dengan bidang tempat benda berada.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Sebuah balok terletak pada bidang miring dan diberi gaya ke atas seperti pada gambar berikut. Gaya-gaya berikut yang tidak bekerja pada balok tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Jawab :

Gaya yang tidak bekerja pada peristiwa di atas adalah gaya tegangan tali karena tidak ada tali yang digunakan untuk menarik benda.

Oleh karena itu jawab yang benar adalah C.

0

Roboguru

Sebuah papan panjangnya 4 m. Diberi penumpu di titik B yang berjarak 1 m dari ujung A. Ujung C diberi beban 4 kg dan di ujung A diberi tegangan tali. Jika berat papan 2 kg, gambar gaya gaya yang beker...

Pembahasan Soal:

Gaya yang bekerja pada sistem tersebut adalah gaya berat dan gaya tegangan tali. Gaya berat (W) adalah gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan massa benda tersebut. Arah gaya berat selalu menuju pusat bumi. Sedangkan gaya tegangan tali (T) adalah aya yang bekerja pada tali ketika tali tersebut tegang. 

0

Roboguru

Sebuah gerobak dengan massa 5 kg bersandar pada dinding dan diam pada lantai, seperti ditunjukkan pada gambar. Seseorang mendorong gerobak ke arah kiri dengan gaya 100 N. Persyaratan berikut yang bena...

Pembahasan Soal:

Diketahui : 

F equals 100 space straight N m equals 5 space kg

Ditanya : Gaya normal 

Dalam sistem tersebut gerobak tidak bergerak, artinya hukum III Newton berlaku pada sistem tersebut. Untuk membuat gerobak tetap diam maka dingding harus memberikan gaya yang besarnya sama dengan arah yang berlawanan, maka dinding mendorong gerobak ke kanan sebesar 100 N.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved