Roboguru

Perhatikan gambar berikut.   Dengan melihat sajian pada gambar tersebut, sebagian besar orang Indonesia sudah mengetahui dan langsung berpikir pada dua hal, yaitu terbuat dari cabai dan rasanya pedas. Sambal merupakan makanan yang terbuat dari cabai dan telah menjadi favorit orang-orang Indonesia. Banyak orang yang memiliki hobi makan sambal dan sangat pedas sehingga saat selesai makan akan merasakan pedas atau mulutnya panas seperti terbakar. Rasa pedas pada sambal atau cabai, salah satunya ditimbulkan oleh zat yang terkandung dalam cabai, yaitu capsaicin. Capsaicin termasuk zat yang memiliki ikatan kovalen nonpolar sehingga tidak dapat larut dalam air yang bersifat polar. Jika Anda memakan sambal/cabai yang banyak, akan terasa pedas atau mulut terasa panas. Dapatkah mulut Anda terbakar? Berikan alasan dari jawaban tersebut. Saat merasa sangat pedas setelah makan sambal atau cabai, dapatkah dihilangkan dengan minum air yang banyak? Mengapa demikian? Usulkan suatu ide/gagasan bagaimana cara yang tepat untuk menetralkan rasa yang sangat pedas akibat makan cabai/sambal yang mengandung zat capsaicin tersebut.

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut.


 


Dengan melihat sajian pada gambar tersebut, sebagian besar orang Indonesia sudah mengetahui dan langsung berpikir pada dua hal, yaitu terbuat dari cabai dan rasanya pedas. Sambal merupakan makanan yang terbuat dari cabai dan telah menjadi favorit orang-orang Indonesia. Banyak orang yang memiliki hobi makan sambal dan sangat pedas sehingga saat selesai makan akan merasakan pedas atau mulutnya panas seperti terbakar. Rasa pedas pada sambal atau cabai, salah satunya ditimbulkan oleh zat yang terkandung dalam cabai, yaitu capsaicin. Capsaicin termasuk zat yang memiliki ikatan kovalen nonpolar sehingga tidak dapat larut dalam air yang bersifat polar.

  1. Jika Anda memakan sambal/cabai yang banyak, akan terasa pedas atau mulut terasa panas. Dapatkah mulut Anda terbakar? Berikan alasan dari jawaban tersebut.
  2. Saat merasa sangat pedas setelah makan sambal atau cabai, dapatkah dihilangkan dengan minum air yang banyak? Mengapa demikian?
  3. Usulkan suatu ide/gagasan bagaimana cara yang tepat untuk menetralkan rasa yang sangat pedas akibat makan cabai/sambal yang mengandung zat capsaicin tersebut.

Pembahasan Soal:

Lidah memiliki saraf yang menerima semua rangsangan dalam bentuk rasa yang kemudian akan mengantarkan sinyal ke otak untuk memberitahu rasa apa yang dirasakan saat itu. Namun tidak ada bagian lidah untuk merasakan pedas, karena pedas bukanlah rasa.

  1. Ketika memakan sesuatu yang pedas, maka saraf akan mengirimkan dua pesan ke otak, yaitu ‘ini adalah rangsangan sakit’ dan ‘ini adalah rangsangan panas’. Zat capsaicin ini yang menyebabkan sensasi panas dan nyeri yang dalam mulut yang dianggap sebagai rasa pedas.
     
  2. Tidak bisa, dikarenakan zat capsaicin merupakan zat bersifat nonpolar yang tidak akan larut dalam air yang bersifat polar.
     
  3. Beberapa gagasan untuk menetralkan rasa pedas yaitu: minum susu, sesendok gula, atau memakan cokelat.

Jadi, rasa pedas akibat zat capsaicin merupakan sensasi panas dan nyeri yang tidak akan hilang dengan air karena perbedaan sifat kepolaran senyawanya. Untuk menetralkan rasa pedas bisa menggunakan susu, gula atau cokelat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di antara molekul-molekul berikut yang tidak memenuhi kaidah oktet tetapi cukup stabil adalah ...

Pembahasan Soal:

Beberapa molekul kovalen mempunyai struktur Lewis yang tidak oktet atau duplet. Struktur demikian dapat dibenarkan karena fakta menunjukkan adanya senyawa tersebut, misalnya CO. Pada umumnya, molekul yang mempunyai jumlah elektron valensi ganjil akan mempunyai susunan tidak oktet, misalnya molekul N subscript 2 O space dan space P Cl subscript 5. Pada P Cl subscript 5 atom Cl yang memenuhi kaidah oktet yaitu 8 elektron, sedangkan atom P tidak memenuhi kaidah oktet. Atom P memiliki 10 elektron pada kulit terluarnya.

Jadi molekul yang tidak memenuhi kaidah oktet tetapi cukup stabil adalah P Cl subscript bold 5.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

Roboguru

Perhatikan data sifat fisik dari dua buah zat berikut. Senyawa Titik leleh () Kelarutan dalam air Daya hantar listrik Lelehan Larutan X Tinggi Lar...

Pembahasan Soal:

Ikatan ion : titik didih tinggi, leburan/lelehan dan larutannya dapat menghantarkan listrik.

Ikatan kovalen polar = titik didih rendah, lelehannya tidak dapat menghantarkan listrik tetapi larutannya dapat menghantarkan listrik.

Ikatan kovalen nonpolar = titik didih rendah, lelehan dan larutannya tidak dapat menghantarkan listrik.

Maka senyawa X merupakan ikatan ion dan senyawa Y merupakan ikatan kovalen nonpolar.

 

Roboguru

Tabel berikut menunjukkan sifat-sifat senyawa X dan Y

Pembahasan Soal:

Senyawa ion merupakan senyawa yang memiliki ikatan ion yang terdiri dari kation dan anion. Berdasarkan kepolarannya senyawa kovalen dibedakan menjadi senyawa kovalen polar dan nonpolar. Beberapa ciri dari senyawa ion, kovalen polar, dan kovalen nonpolar yaitu:

  • Senyawa ion: lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listrik, larut dalam air, titik didih / titik leleh tinggi. Contoh : NaCl, KBr
  • Senyawa kovalen polar: larutannya dapat menghantarkan arus listrik, larut dalam air, titik didih / titik leleh rendah. Contoh : HCl, C H subscript 3 C O O H 
  • Senyawa kovalen nonpolar : lelehan dan larutannya tidak dapat menghantarkan listrik, titik didih / titik leleh lebih rendah dibanding kovalen polar. Contoh : C Cl subscript 4C O subscript 2

Analisis data pada soal

  • Pada tabel di atas senyawa X dalam fase lelehan dan larutan menghantarkan arus listrik dan titik didih tinggi maka senyawa X adalah senyawa ion.
  • Pada tabel di atas senyawa Y dalam fase lelehan dan larutan tidak menghantarkan arus listrik dan titik diidh lebih rendah dari senyawa X maka senyawa X adalah senyawa kovalen non-polar. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Roboguru

Diketahui nilai keelektronegatifan unsur H = 2,1; O = 3,5; C = 2,5; N = 3,0; dan Cl = 3,0. Berikut pasangan senyawa kovalen nonpolar dan senyawa kovalen polar berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kepolaran ikatan kovalen terjadi karena adanya perbedaan keelektronegatifan unsur-unsur yang berikatan. Hal tersebut mengakibatkan distribusi elektron yang tidak merata sehingga cenderung tertarik ke salah satu unsur dan menyebabkan polarisasi parsial. Adapun pada senyawa kovalen nonpolar, karena keelektronegatifan unsur-unsur sama (menjadi nol), distribusi elektronnya merata.

  • Senyawa homoatomik, seperti Cl2,O2,N2,danH2 umumnya senyawa kovalen nonpolar.
  • NH3: beda keelektronegatifan = 3,0 - 2,1 = 0,9. Senyawa kovalen polar.
  • H2O: beda keelektronegatifan = 3,5 - 2,1 = 1,4. Senyawa kovalen polar.
  • CCl4: beda keelektronegatifan = 3,0 - 2,5 = 0,5. Namun, karena mengikat 4 atom Cl, secara vektor akan saling meniadakan. Senyawa kovalen nonpolar.
  • HCl: beda keelektronegatifan = 3,0 - 2,1 = 0,9. Senyawa kovalen polar.


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Kelompokkan senyawa berikut. Manakah yang termasuk senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen nonpolar? a.   b.   c.   d.   e.

Pembahasan Soal:

Menurut kepolarannya, senyawa kovalen dibedakan menjadi senyawa kovalen polar dan nonpolar. Perbedaan senyawa kovalen polar dan nonpolar yaitu:

Kovalen Polar Kovalen Nonpolar
Perbedaan keelektronegatifan relatif besar (>0,5) Perbedaan keelektronegatifan kecil (<0,5 sampai nol)
Pasangan elektron ikatan (PEI) lebih kuat tertarik ke salah satu atom Pasangan elektron ikatan (PEI) tertarik sama kuat oleh atom-atom yang berikatan
Momen dipol >0 Momen dipol <0
Pada molekul diatomik, terdiri dari dua atom yang tidak sejenis Pada molekul diatomik, terdiri dari dua atom yang sejenis
Bentuk molekul asimetrik Bentuk molekul simetrik
Memiliki pasangan elektron bebas (PEB) pada atom pusatnya Tidak memiliki pasangan elektron bebas (PEB) pada atom pusatnya

Untuk menentukan senyawa berikut berdasarkan kepolarannya, kita dapat menggunakan dua perbedaan yaitu, berdasarkan:

  1. Atom penyusun pada molekul diatomik
  2. Ada/tidaknya PEB pada molekul poliatomik

Diperoleh sifat kepolaran senyawanya sebagai berikut :

a. Cl subscript 2 rightwards arrow Kovalen nonpolar
b. H Clrightwards arrowKovalen polar
c. C O subscript 2 rightwards arrowKovalen nonpolar
d. H subscript 2 O rightwards arrowKovalen polar
e. H subscript 2 S rightwards arrowKovalen polarblank subscript blank subscript blank

Jadi, senyawa yang bersifat kovalen polar adalah HCl,H2O,danH2S dan senyawa yang bersifat kovalen nonpolar adalah Cl2danCO2.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved