Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan grafik tersebut, jawablah pertanyaan berikut! Jelaskan perbedaan antara ketiga grafik tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan grafik tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

Jelaskan perbedaan antara ketiga grafik tersebut!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perbedaan grafik tersebut terletak pada pola grafik pengaruh suatu faktor tertentu terhadap laju fotosintesis. Pada grafik suhu, kenaikan suhu akan meningkatkan aktivitas fotosintesis. Namun, jika suhu melebihi batas optimum, maka laju fotosintesis akan menurun. Sedangkan pada grafik intensitas cahaya dan konsentrasi CO2, laju fotosintesis akan meningkat sampai titik tertentu seiring dengan peningkatan intensitas cahaya dan konsentrasi CO2. Namun, ketika sudah mencapai titik tertentu, laju fotosintesis akan konstan.

Dengan demikian, faktor intensitas cahaya dan konsentrasi CO2 memiliki pola pengaruh yang mirip terhadap laju fotosintesis, sedangkan faktor suhu memiliki pola pengaruh yang berbeda terhadap laju fotosintesis dibandingkan dengan faktor intensitas cahaya atau CO2. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Yumna

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Skema berikut menunjukan daun keladi yang berbelang-belang hijau, merah dan putih. Bila tumbuhan tersebut berfotosintesis, daerah pada daun tersebut yang paling banyak menghasilkan karbohidrat adalah ...

Pembahasan Soal:

Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh organisme autotrof karena memiliki pigmen klorofil yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Proses tersebut nantinya akan menghasilkan produk berupa amilum (karbohidrat). Klorofil berperan penting dalam proses fotosintesis karena membuat tanaman dapat menyerap energi dari cahaya. Klorofil merupakan pigmen yang memberikan warna hijau pada tumbuhan. Selain klorofil, terdapat beberapa pigmen warna lainnya yang berperan sebagai pigmen aksesori. Pigmen-pigmen tersebut berperan sebagai antena yang meneruskan energi cahaya ke pusat reaksi (klorofil) untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk proses fotosintesis. Oleh karena itu ketika tumbuhan melakukan fotosintesis, bagian pada daun yang paling banyak menghasilkan karbohidrat adalah bagian yang berwarna hijau (nomor 2).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Fotosintesis adalah proses pembuatan karbohidrat dari  dan  pada klorofil dengan batuan cahaya matahari. Reaksi pembentukan karbohidrat ini dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, kecuali ….

Pembahasan Soal:

Beberapa faktor lingkungan yang memengaruhi fotosintesis, yaitu intensitas cahaya, panjang gelombang cahaya, konsentrasi C O subscript 2 yang ada di atmosfer, ketersediaan air, suhu lingkungan, ion-ion anorganik, dan zat Inhibitor.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Gambar tersebut memperlihatkan seekor serangga mencari makan dari batang pohon.    Serangga akan mendapatkan lebih banyak karbohidrat pada siang hari daripada malam hari. Mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

Karbohidrat adalah zat makanan yang dihasilkan oleh tumbuhan melalui proses fotosintesis. Proses fotosintesis adalah proses membuat makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari. Karena prosesnya menggunakan cahaya maka pembentukan karbohidrat melalui proses fotosintesis akan maksimal ketika siang hari. 

0

Roboguru

Sebutkan empat faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis!

Pembahasan Soal:

Fotosintesis adalah sebuah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan. Berikut empat faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis pada tumbuhan.

  1. Intensitas cahaya matahari
  2. Konsentrasi karbondikosida pada udara
  3. Suhu udara dan suhu tanah tempat tumbuhan berada
  4. Kadar air yang diserap oleh tumbuhan

Jadi, faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis adalah cahaya, suhu. karbondioksida, dan air.space space
 

0

Roboguru

Faktor yang mempengaruhi aktivitas fotosintesis adalah….

Pembahasan Soal:

Fotosintesis adalah pembentukan bahan organik (karbohidrat) dari bahan anorganik dengan memanfaatkan cahaya matahari. Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi fotosintesis diantaranya:

  1. Cahaya matahari, dibutuhkan tumbuhan tergantung dari intensitas cahaya, panjang gelombang cahaya, dan lama penyinaran.
  2. Air dapat mencegah penutupan stomata dan penting dalam reaksi fotolisis air.
  3. Unsur hara di tanah terdiri atas mineral atau bahan organik yang diserap oleh akar dari dalam tanah. Unsur hara berfungsi sebagai metabolisme dalam tumbuhan.
  4. Suhu sebagai penentu cepat lambatnya reaksi fotosintesis.
  5. Klorofil berperan dalam penyerapan cahaya matahari.
  6. Konsentrasi karbondioksidaundefinedyang digunakan untuk mendapatkan energi dan merubahnya dalam bentuk gugus gula dan oksigen

Dengan demikian, faktor yang mempengaruhi aktivitas fotosintesis meliputi cahaya matahari, air, suhu, unsur hara di tanah, klorofil dan konsentrasi karbondioksida.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved