Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut! Berdasarkan gambar di atas, kutub selatan Bumi condong menghadap ke arah Matahari pada tanggal ....

Perhatikan gambar berikut!space 

Berdasarkan gambar di atas, kutub selatan Bumi condong menghadap ke arah Matahari pada tanggal ....space 

  1. 21 Maretspace 

  2. 21 Junispace 

  3. 23 Septemberspace 

  4. 22 Desemberspace 

Iklan

S. Maria

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Ada 4 kedudukan Bumi pada orbitnya, yaitu: Tanggal 21 Maret, semua tempat di Bumi mengalami siang dan malam yang lamanya sama, yaitu 12 jam. Matahari tepat berada di Khatulistiwa. Dari tanggal 21 Maret sampai dengan 21 Juni, dalam revolusi Bumi, kutub Utara makin condong ke arah Matahari sehingga mengalami musim semi, sedangkan kutub Selatan makin jauh dari Matahari sehingga mengalami musim gugur. Tanggal 21 Juni, kutub Utara Bumi menghadap ke Matahari. Matahari tidak terbenam di daerah kutub Utara sehingga kutub Utara disinari selama 24 jam. Sedangkan di kutub Selatan tetap malam. Dari tanggal 21 Juni sampai dengan 23 September, kutub Selatan menjauhi Matahari sehingga kutub Selatan tidak disinari Matahari selama 24 jam. Tanggal 23 September , baik kutub Utara maupun kutub Selatan Bumi berada sama jauhnya dari Matahari yang berada pada Khatulistiwa. Maka, semua tempat di Bumi mengalami malam dan siang yang sama panjang yaitu 12 jam. Dari tanggal 23 September sampai dengan 22 Desember, kutub Utara semakin menjauh dari Matahari sehingga mengalami musim gugur, sedangkan kutub Selatan makin condong ke Matahari sehingga mengalami musim semi. Tanggal 22 Desember, kutub Selatan Bumi condong ke Matahari sehingga dikutub Selatan Bumi, Matahari tidak terbenam sehingga tersinari selama 24 jam, sedangkan di kutub Utara tetap malam. Dari tanggal 22 Desember sampai dengan 21 Maret, kutub Selatan makin condong ke Matahari sehingga mengalami musim panas, dan kutub Utara makin jauh dari Matahari sehingga mengalami musim dingin. Maka berdasarkan gambar, kutub Selatan Bumi condong ke arah Matahari pada tanggal 22 Desember. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Revolusi Bumi adalah peredaran Bumi mengelilingi Matahari. Ada 4 kedudukan Bumi pada orbitnya, yaitu:

  1. Tanggal 21 Maret, semua tempat di Bumi mengalami siang dan malam yang lamanya sama, yaitu 12 jam. Matahari tepat berada di Khatulistiwa. Dari tanggal 21 Maret sampai dengan 21 Juni, dalam revolusi Bumi, kutub Utara makin condong ke arah Matahari sehingga mengalami musim semi, sedangkan kutub Selatan makin jauh dari Matahari sehingga mengalami musim gugur.
  2. Tanggal 21 Juni, kutub Utara Bumi menghadap ke Matahari. Matahari tidak terbenam di daerah kutub Utara sehingga kutub Utara disinari selama 24 jam. Sedangkan di kutub Selatan tetap malam. Dari tanggal 21 Juni sampai dengan 23 September, kutub Selatan menjauhi Matahari sehingga kutub Selatan tidak disinari Matahari selama 24 jam.
  3. Tanggal 23 September, baik kutub Utara maupun kutub Selatan Bumi berada sama jauhnya dari Matahari yang berada pada Khatulistiwa. Maka, semua tempat di Bumi mengalami malam dan siang yang sama panjang yaitu 12 jam. Dari tanggal 23 September sampai dengan 22 Desember, kutub Utara semakin menjauh dari Matahari sehingga mengalami musim gugur, sedangkan kutub Selatan makin condong ke Matahari sehingga mengalami musim semi.
  4. Tanggal 22 Desember, kutub Selatan Bumi condong ke Matahari sehingga di kutub Selatan Bumi, Matahari tidak terbenam sehingga tersinari selama 24 jam, sedangkan di kutub Utara tetap malam. Dari tanggal 22 Desember sampai dengan 21 Maret, kutub Selatan makin condong ke Matahari sehingga mengalami musim panas, dan kutub Utara makin jauh dari Matahari sehingga mengalami musim dingin.

Maka berdasarkan gambar, kutub Selatan Bumi condong ke arah Matahari pada tanggal 22 Desember. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

samsul bahrin

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Selanda Baru adalah salah satu negara di bagian selatan Bumi. Sementara itu, Kuba termasuk negara yang berada di bagian utara Bumi. Jelaskan pembagian musim di kedua negara tersebut!

33

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia