Roboguru

Perhatikan gambar berikut!     Berapakah jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama pada gambar tersebut?

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut!
 

 

Berapakah jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama pada gambar tersebut?undefined 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan struktur lewis tersebut, jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama pada gambar tersebut adalah 1 pasang yang 1 elektron dari H dan 1 elektron lagi dari Cl sehingga H dan Cl sama sama mencapai oktet setelah berikatan. Ikatan yang terbentuk juga merupakan ikatan tunggal yang menandakan bahwa pasangan elektron yang terlibat adalah 1 pasang.undefined 


Jadi, jumlah elektron yang digunakan adalah 1 pasang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Solichah

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Molekul  dapat bergabung dengan molekul  membentuk . Gambarkan rumus titik elektron dari molekul  dan molekul  serta molekul .  Tunjukkan ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinasi pada senyawa .

Pembahasan Soal:

Untuk menggambarkan bagaimana ikatan kovalen terjadi, digunakan rumus titik elektron (struktur Lewis). Rumus ini menggambarkan bagaimana peranan elektron valensi dalam membentuk ikatan. 

Ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama, sedangkan ikatan kovalen koordinasi terjadi karena adanya pemakaian elektron bersamanya hanya berasal dari satu atom.

Dalam pembentukan ikatan kovalen, belum tentu semua elektron valensi digunakan untuk membentuk pasangan elektron bersama. Pasangan elektron yang digunakan bersama oleh dua atom yang berikatan disebut pasangan elektron ikatan (PEI), sedangkan pasangan elektron yang tidak digunakan bersama oleh kedua atom disebut pasangan elektron bebas (PEB). 

Pada senyawa N H subscript 3 B F subscript 3dengan struktur lewis, dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ikatan kovalen ditunjukkan oleh nomor 1, 4, dan 5.
  2. Nomor 2 merupakan ikatan kovalen koordinasi. Karena sepasang elektron atom N disumbangkan kepada atom B, sehingga kedua atom dapat membentuk ikatan dan memenuhi kaidah oktet.
  3. Antara N H subscript 3 dan B F subscript 3 terjadi ikatan kovalen. Karena ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian elektron secara bersama.
  4. Pasangan elektron bebas (PEB) ditunjukkan oleh nomor 3.

Jadi, jawabannya gambar rumus titik elektron seperti pada gambar di atas. Ikatan kovalen terdapat pada ikatan antara atom N dengan H dan atom B dengan F, sedangkan ikatan kovalen koordinasi terdapat pada ikatan antara atom N dengan B.

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan susunan elektron pada senyawa .   Pasangan unsur berikut yang sesuai untuk Y dan Z adalah ...

Pembahasan Soal:

Stuktur Lewis pada gambar di atas merupakan struktur ikatan kovalen pada senyawa Y italic Z subscript 2, dari struktur Lewis senyawa Y italic Z subscript 2 dapat diketahui jumlah elektron valensi dari masing-masing unsur penyusun senyawa Y italic Z subscript 2. Elektron dari unsur Y dilambangkan dengan gambar berupa titik hitam dan elektron dari unsur Z dilambangkan dengan gambar tanda silang. Berdasarkan strukur Lewisnya, dapat diketahui bahwa jumlah elektron valensi unsur Y adalah 6 elektron dan jumlah elektron valensi unsur Z adalah 7 elektron.space

Elektron valensi merupakan elektron yang terdapat pada kulit terluar dari konfigurasi elektron suatu atom. Elektron valensi menunjukkan letak golongan suatu unsur dalam sistem periodik. Unsur Y yang memiliki 6 elektron valensi menunjukkan bahwa unsur Y merupakan unsur dari golongan VI A, sedangkan unsur Z yang memiliki 7 elektron valensi menunjukkan bahwa unsur Z merupakan unsur dari golongan VII A. Unsur-unsur yang terdapat dalam golongan VI A terdiri atas oksigen (O), belerang (S), selenium (Se), telurium (Te) dan polonium (Po), sedangkan unsur-unsur yang terdapat dalam golongan VII A terdiri atas fluorin (F), klorin (Cl), bromin (Br), iodin (I) dan astatin (At).space

Dengan demikian, kemungkinan pasangan unsur yang sesuai untuk Y dan Z adalah belerang atau sulfur (S) dan klorin (Cl).space

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Atom  dan  dapat membentuk molekul ,  dan gambarkan rumus titik elektron untuk ketiga molekul tersebut diantara ketiga molekul tersebut. molekul mana saja yang mempunyai ikatan tunggal, ikatan ra...

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara dua atau lebih atom non logam dengan pemakaian elektron secara bersama. Berdasarkan banyaknya elektron yang digunakan saat 2 atom berikatan, yaitu: ikatan tunggal, rangkap 2, rangkap 3.

Menggambar struktur lewis molekul C subscript 2 H subscript 2 comma space C subscript 2 H subscript 4 space dan space C subscript 2 H subscript 6:

Molekul C subscript 2 H subscript 2 comma space C subscript 2 H subscript 4 space dan space C subscript 2 H subscript 6 terbentuk dari unsur-unsur C dan H. Unsur C memiliki 4 elektron valensi dan unsur H memiliki 1 elektron valensi.

  • Struktur lewis C subscript 2 H subscript 2


     

     
  • Struktur lewis C subscript 2 H subscript 4


     

     
  • Struktur lewis C subscript 2 H subscript 6


     


Berdasarkan gambar struktur lewisnya, molekul C subscript 2 H subscript 6 mempunyai ikatan tunggal, molekul C subscript 2 H subscript 4 mempunyai ikatan rangkap 2 dan molekul C subscript 2 H subscript 2 mempunyai ikatan rangkap 3.

Dengan demikian, gambar rumus titik elektron untuk ketiga molekul tersebut adalah

  • C subscript 2 H subscript 2




     
  • C subscript 2 H subscript 4




     
  • C subscript 2 H subscript 6 


     

molekul yang mempunyai ikatan tunggal adalah C subscript 2 H subscript 6, ikatan rangkap dua  adalah C subscript 2 H subscript 4 dan ikatan rangkap tiga adalah C subscript 2 H subscript 2.

 

0

Roboguru

Pada senyawa poliatomik asam fosfat () terdapat beberapa macam ikatan, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Ikatan yang terdapat pada H subscript 3 P O subscript 4 dapat diketahui dengan melihat struktur lewisnya. Struktur lewis dari H subscript 3 P O subscript 4 yaitu sebagai berikut:

 

Dari struktur tersebut, ikatan yang terdapat ada H subscript 3 P O subscript 4 yaitu antara lain

  • 6 ikatan kovalen tunggal. Terdapat 6 ikatan yang terbentuk karena penggunaan bersama sepasang elektron.
  • 1 ikatan kovalen rangkap dua, yaitu ikatan antara atom P dan O yang memiliki dua pasang elektron yang digunakan bersama untuk berikatan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan struktur molekul etena berikut. Jumlah total elektron yang digunakan bersama dalam molekul tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen merupakan ikatan yang terjadi antara unsur nonlogam dengan cara pemakaian bersama elektron. Ikatan kovalen terbagi menjadi 3 jenis, yaitu ikatan tunggal, ikatan rangkap dua, dan ikatan rangkap 3. Dalam 1 ikatan tunggal terdapat 2 elektron dan dalam 1 ikatan rangkap dua terdapat 4 elektron yang digunakan bersama. Pada gambar struktur etena, terdapat 1 ikatan rangkap dua antara atom C dan 4 ikatan tunggal antara atom C dan H. Sehingga total elektron yang terlibat dalam ikatan tersebut adalah 12 elektron. 


Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved