Roboguru

Perhatikan gambar berikut ! Bagian yang berfungsi untuk mengalirkan urine dari ginjal menuju kandung kemih ditunjukkan oleh huruf ....

Pertanyaan

Perhatikan gambar berikut !

Bagian yang berfungsi untuk mengalirkan urine dari ginjal menuju kandung kemih ditunjukkan oleh huruf ....space  

  1. Aspace 

  2. Bspace 

  3. Cspace 

  4. Dspace 

Pembahasan Soal:

Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi pada manusia yang menyusun sistem urinaria. Ginjal berfungsi untuk mengolah sisa metabolisme tubuh menjadi urine. Pada gambar soal, sekumpulan organ membentuk sistem urinaria. Sistem urinaria pada soal terdiri dari :

  1. Ginjal, merupakan organ yang berfungsi untuk memproduksi urine. Ginjal ditunjukkan oleh huruf A
  2. Ureter, merupakan saluran yang berfungsi untuk menyalurkan urine dari rongga ginjal ke kandung kemih. Ureter ditunjukkan oleh huruf B.
  3. Kandung kemih, merupakan organ yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan urine sementara sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Kandung kemih ditunjukkan oleh huruf C.
  4. Uretra, merupakan saluran yang berfungsi untuk menyalurkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh. Uretra ditunjukkan oleh huruf D.

Berdasarkan uraian di atas, bagian yang berfungsi untuk menyalurkan urine ke kandung kemih adalah ureter yang ditunjukkan oleh B.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan skema pembentukan urine berikut! Berdasarkan skema tersebut, filtrat P, Q, dan R dihasilkan di bagian ....

Pembahasan Soal:

  • Filtrat P merupakan urine primer. Urine primer merupakan hasil proses penyaringan (filtrasi) darah yang terjadi pada glomerulus.
  • Flitrat Q merupakan urine sekunder. Urine sekunder merupakan hasil proses reabsorbsi (penyerapan zat yang masih berguna) yang terjadi di tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle.
  • Filtrat R merupakan urine sesungguhnya. Urine sesungguhya merupakan hasil proses augmentasi yang terjadi di tubulus kontortus distal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Perhatikan gambar nefron berikut! Proses yang terjadi pada bagian X dan Y adalah ....

Pembahasan Soal:

Bagian X dan Y yang ditunjuk pada soal adalah glomerulus dan tubulus kolektivus/tubulus pengumpul.

Glomerulus merupakan untaian pembuluh darah kapiler tempat darah disaring. Plasma darah dan zat yang terlarut di dalamnya disaring oleh glomerulus. Sementara itu, tubulus kolektivus adalah saluran yang berfungsi untuk mengumpulkan urine dari berbagai nefron untuk dibawa ke pelvis dan disimpan dalam kantung kemih untuk beberapa saat sebelum dikeluarkan.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan secara umum urutan jalannya terjadinya urine dari tempat pembuatan hingga keluar tubuh : ginjal →          →          →

Pembahasan Soal:

Urine terbentuk di ginjal melalui 3 tahapan yaitu :

  1. Filtrasi. Pada tahap ini, darah akan disaring di dalam glomerolus dan melewatkan air, garam, asam amino, glukosa dan urea. Sebaliknya, darah dan protein akan tetap berada di dalam pembuluh darah karena ukurannya yang besar dan tidak dapat menembus masuk ke dalam glomerolus. Hasil saringan glomerolus lalu dibawa menuju kapsul Bowman dan disebut sebagai urine primer.
  2. Reabsorbsi. Pada tahap ini, urine primer dari kapsul Bowman akan dibawa menuju tubulus proksimal. Di dalam tubulus proksimal terjadi proses penyerapan kembali berbagai zat yang masih dibutuhkan tubuh seperti glukosa, asam amino dan air. Hasil dari proses reabsorbsi berupa urea dan limbah nitrogen disebut sebagai urine sekunder.
  3. Augmentasi. Pada tahap ini, urine sekunder akan dibawa menuju tubulus distal dimana terbentuk urine yang sesungguhnya yang mengandung zat-zat sisa metabolisme yang tidak lagi dibutuhkan tubuh.

Urine sesungguhnya lalu dialirkan ke renal pelvis kemudian ke ureter dan ditampung sementara di kandung kemih sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh melalui uretra.

Dengan demikian, di dalam ginjal urine akan diproses melalui 3 tahap sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh yaitu tahap filtrasi (terjadi di glomerolus dan kapsul Bowman dengan produk berupa urine primer), reabsorbsi (terjadi di tubulus proksimal dengan produk berupa urine sekunder) dan augmentasi (terjadi di tubulus distal dengan produk akhir berupa urine sesungguhnya). Urine sesungguhnya lalu dibawa ke renal pelvis, ureter dan ditampung di kandung kemih sebelum dibuang keluar tubuh melalui uretra.

0

Roboguru

Proses pembentukan urine dalam ginjal manusia terjadi dalam beberapa tahap. Terbentuknya urine yang sesungguhnya dihasilkan pada tahap….

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan urine terjadi pada ginjal. Prosesnya terjadi dalam beberapa tahap, salah satunya adalah augmentasi. Augmentasi yaitu proses penambahan zat yang tidak diperlukan lagi dalam tubuh. Tempat terjadinya proses ini adalah tubulus kontortus distal dan akan menghasilkan urine sesungguhnya.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Seorang siswa melakukan percobaan untuk mengetahui fungsi ginjal dengan perangkat seperti gambar berikut.   Bagian ginjal dan proses yang terjadi sesuai dengan percobaan tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Pembentukan urin terdapat 3 proses yaitu:

  1. Filtrasi terjadi di glomerulus dan badan Malphigi menghasilkan urin primer.
  2. Reabsobsi terjadi di tubulus proksimal yang menghasilkan urin sekunder.
  3. Augentasi terjadi di tubulus distal yang menghasilkan urin sesungguhnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved