Roboguru

Perhatikan gambar anatomi bola mata di bawah ini! Mekanisme melihat mulai dari masuknya stimulus sampai terbentuknya bayangan pada mata yang dilakukan oleh bagian-bagian yang tampak pada gambar. Bagian manakah yang berfungsi memfokuskan cahaya sehingga bayangan jatuh tepat di retina ?

Pertanyaan

Perhatikan gambar anatomi bola mata di bawah ini!


Mekanisme melihat mulai dari masuknya stimulus sampai terbentuknya bayangan pada mata yang dilakukan oleh bagian-bagian yang tampak pada gambar. Bagian manakah yang berfungsi memfokuskan cahaya sehingga bayangan jatuh tepat di retina ?space 

  1. 1undefined 

  2. 2undefined 

  3. 3undefined 

  4. 4undefined 

  5. 5undefined 

Pembahasan Soal:

Mata adalah organ yang berperan sebagai indra penglihatan. Bola mata tersusun atas tiga lapisan yaitu sklera, koroid, dan retina. Sklera merupakan lapisan terluar yang berwarna putih. Pada lapisan sklera terdapat kornea. Kornea berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya pertama kali, sebelum akhirnya cahaya dapat masuk ke sel-sel penerima di bagian dalam mata. Lapisan koroid merupakan lapisan tengah yang memiliki banyak pembuluh darah. Pada bagian depan koroid, tepatnya di belakang kornea terdapat iris (selaput pelangi) yang berperan memberi warna pada mata. Bagian tengah iris berlubang disebut pupil. Pupil berfungsi untuk mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang masuk. Di belakang iris dan pupil terdapat lensa mata. Lensa mata berfungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya agar bayangan suatu benda dapat jatuh di tempat yang tepat. Rongga antara lensa mata dan kornea berisi cairan kental transparan bernama aquaeous humour. Sedangkan cairan bening yang berada di belakang lensa mata bernama vitreous humour. Retina merupakan lapisan bagian dalam yang peka terhadap cahaya dan banyak terdapat reseptor cahaya. Pada struktur mata di atas nomor 1 menunjukan kornea, nomor 2 menujukan pupil, nomor 3 menunjukan lensa, nomor 4 menunjukan iris dan nomor 5 menunjukan retina.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 01 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved