RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini.  Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya      Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.     Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. (Sumber: belajar.kemdikbud.go.id ) Berdasarkan gambar dan uraian diatas, apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

Pertanyaan

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini. 
Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya 

    Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.
    Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

(Sumber: belajar.kemdikbud.go.id )

Berdasarkan gambar dan uraian diatas, apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

R. Dwi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Ekosistem adalah suatu kesatuan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Hubungan ini saling memberikan pengaruh diantara keduanya. Salah satu komponen dalam ekosistem yaitu komponen biotik, dimana komponen tersebut terdiri dari organisme autotrof (produsen), organisme heterotrof (konsumen) dan organisme dekomposer (pengurai)

  1. Organisme autotrof (produsen) - yaitu orgaisme yang mampu mebuat makanannya sendiri. Makhluk hidup tersebut adalah tumbuhan yang dapat menghasilkan makanannya sendiri karena mempunyai klorofil sehingga tumbuhan dapat melakukan fotosintesis. Pada soal ini organisme yang berperan sebagai produsen adalah sawah.
  2. Organisme heterotrof (konsumen)- yaitu organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga organisme ini bergantung kepada organisme lain sebagai bahan makanannya. Pada soal ini organisme yang berperan sebagai konsumen adalah serangga, katak, ular, dan burung elang
  3. Organisme dekomposer (pengurai)- yaitu tubuh renik (mikro organisme) yang bertugas untuk melakukan penguraian jasad organisme menjadi mineraldan unsur hara tanah. Contoh organisme pada soal ini adalah bakteri

Pada soal ini, apabila terjadi bencana banjir yang mengakibatkan kerusakan pada produsen (padi) maka akan berakibat terhadap populasi serangga, karena bahan makanan serangga rusak. Populasi serangga menjadi berkurang sehingga dapat mengakibatkan populasi katak, ular, dan elang juga akan berkurang. Kemudian anggota populasi tersebut akan mencari ekosistem baru untuk dapat bertahan hidup.space space 

95

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Apa yang membedakan ekosistem danau dengan ekosistem akuarium?

226

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia