Roboguru
SD

Perhatikan gagasan berikut! Masa remaja merupakan masa sulit. Remaja membutuhkan pengendalian diri yang lebih banyak. Remaja membutuhkan arahan orang dewasa. Remaja yang pengendaliannya baik bisa membanggakan. Gagasan penjelas paragraf kedua dalam teks eksposisi tersebut ditandai nomor ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 8 s.d. 11!


Pendidikan Remaja

    Remaja adalah masa yang dialami oleh anak-anak pada saat SMP. Masa ini merupakan masa transisi yang dimulai pada umur 10 hingga 21 tahun. Pada masa itu, remaja juga sedang mencari identitas dirinya. Pada masa ini remaja harus mendapatkan pendidikan karakter agar menjadi generasi yang jujur, kreatif, peduli, santun, dan percaya diri.

    Masa remaja merupakan masa sulit karena membutuhkan pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak. Pada masa ini remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan ke perilaku positif agar tidak terpengaruh ke perbuatan negatif. Jika pengendaliannya baik, remaja bisa menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.

    Pendidikan karakter dapat membentuk remaja menjadi berprestasi. Di dalam pendidikan karakter, mereka juga diajarkan nilai religius. Nilai ini dapat menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka juga diajarkan nilai toleransi, cinta damai, dan nilai-nilai kemanusiaan agar membentuk remaja yang mempunyai sifat pengasih.

    Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka juga dapat bersaing dengan baik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan begitu, remaja memiliki karakter kuat. Nilai positif dalam pendidikan karakter juga dapat membuat kegiatan remaja terarah dan akan mempunyai budi pekerti yang baik.undefined  


Sumber: https://www.pintarsekolah.com/2017/06/ contoh-teks-eksposisi-lengkap. html, dengan penyesuaian

Perhatikan gagasan berikut!

  1. Masa remaja merupakan masa sulit.
  2. Remaja membutuhkan pengendalian diri yang lebih banyak.
  3. Remaja membutuhkan arahan orang dewasa.
  4. Remaja yang pengendaliannya baik bisa membanggakan.


Gagasan penjelas paragraf kedua dalam teks eksposisi tersebut ditandai nomor ....undefined  

  1. (1) dan (2)space  

  2. (1) dan (3)undefined  

  3. (2) dan (4)undefined  

  4. (2) dan (3)undefined  

  5. (3) dan (4)undefined  

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined  

Pembahasan

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen atau pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis.

Gagasan penjelas adalah gagasan yang berfungsi untuk menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas umumnya dinyatakan oleh lebih dari satu kalimat.

Untuk mengetahui gagasan penjelas, kita harus menentukan terlebih dahulu gagasan utama paragraf.

Gagasan utama paragraf kedua teks eksposisi berada pada kalimat pertama, yaitu “Masa remaja merupakan masa sulit karena membutuhkan pengendalian diri yang lebih daripada saat masa anak-anak.”

Gagasan penjelas yang menjelaskan gagasan utama tersebut adalah “Remaja membutuhkan arahan orang dewasa.” dan “Remaja yang pengendaliannya baik bisa membanggakan.”

Gagasan penjelas paragraf kedua dalam teks eksposisi tersebut ditandai nomor (3) dan (4).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined  

767

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah paragraf berikut ini!     1) Aktivitas Gunung Slamet setinggi 3.432 meter di atas permukaan laut di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Pemalang Jawa Tengah, kembali meningkat setelah beberapa ...

691

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia