Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut! Produktivitas pertanian masih rendah. Kebutuhan penduduk makin meningkat.. Ekspor bahan-bahan mentah ke luar negeri meningkat. Produksi pertanian belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan pokok. Produktivitas perkebunan melebihi kebutuhan domestik Faktor yang melatarbelakangi penerapan Revolusi Hijau di Indonesia ditunjukkan oleh angka ....

Pertanyaan

Perhatikan faktor-faktor berikut!

  1. Produktivitas pertanian masih rendah.
  2. Kebutuhan penduduk makin meningkat..
  3. Ekspor bahan-bahan mentah ke luar negeri meningkat.
  4. Produksi pertanian belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan pokok.
  5. Produktivitas perkebunan melebihi kebutuhan domestik

Faktor yang melatarbelakangi penerapan Revolusi Hijau di Indonesia ditunjukkan oleh angka ....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 2), dan 4)

  3. 2), 3), dan 4)

  4. 2), 4 ), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau merupakan suatu proses peningkatan produksi pertanian dengan mengubah cara produksi yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin atau mekanisasi. Revolusi hijau juga menjadi suatu usaha besar untuk meningkatkan produksi pangan di daerah-daerah atau negara miskin di dunia. Gagasan mengenai revolusi hijau berawal dari pemikiran Thomas Robert Malthus. Sedangkan latar belakang munculnya revolusi hijau adalah produktivitas pertanian yang masih rendah, kebutuhan pendudukan akan pangan yang semakin meningkat, serta produksi pertanian belum mampu memenuhi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat di dunia, terutama di negara-negara berkembang dan tertinggal.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Revolusi Hijau di Indonesia berkembang sejak penerapan Undang-Undang Agraria Tahun 1870. Pelaksanaan Revolusi Hijau ditujukan untuk meningkatkan produksi . . . dan . . . .

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau di Indonesia dilaksanakan sejak berlakunya UU Agraria pada tahun 1870, yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Tujuan diberlakukannya revolusi hijau pada saat itu adalah untuk mengembangkan berbagai jenis tanaman yang laku di pasaran, seperti teh, kopi, tebu, dan lain-lain. Revolusi Hijau kemudian diterapkan kembali di Indonesia pada masa Orde Baru, yaitu melalui investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian, seperti program panca usaha tani. Pelaksanaan Revolusi Hijau tersebut ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan. 
Dengan demikian pelaksanaan Revolusi Hijau ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.
 

 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Gagasan tentang Revolusi Hijau berawal dari hasil penelitian ekonomi Thomas Robert Malthus. Ia berpendapat bahwa masalah kemiskinan dan kemelaratan adalah masalah yang tidak bisa dihindari umat manusia. Kemiskinan dan kemelaratan muncul karena pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan peningkatan produksi pangan. Menurut Malthus, pertumbuhan penduduk bertambah berdasarkan deret ukur sementara produksi pangan bertambah menurut deret hitung. Tulisan Malthus ini menyebar di Eropa dan Amerika Serikat sehingga muncul gerakan pengendalian penduduk dengan cara mengontrol kelahiran dan gerakan penelitian tentang bibit unggul pertanian. Revolusi Hijau kemudian menjadi agenda dan usaha besar untuk meningkatkan produktifitas pangan di negara-negara miskin. Di Indonesia sendiri, Revolusi Hijau mulai gencar dilakukan pada era orde baru atau era Soeharto. 

Dengan demikian pernyataan mengenai gagasan Revolusi Hijau dimulai dari penelitian dan tulisan Thomas Robert Malthus adalah benar. 

0

Roboguru

Perhatikan beberapa keterangan berikut! Produktivitas pertanian rendah Kebutuhan penduduk meningkat Menjamurnya perusahaan pupuk Pemenuhan bahan pangan belum tercapai Tingginya ketersediaan lah...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknolosi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. Revolusi ini dengan kata lain mengubah pertanian yang sebelumnya menggunakan teknologi tradisional, menjadi pertanian dengan teknologi modern. Thomas Robert Malthus menyatakan bahwa Revolusi Hijau terjadi karena semakin meningkatnya jumlah penduduk di dunia, namun tidak diiringi dengan peningkatan jumlah produksi pangan. 

Selain itu munculnya revolusi Hijau ini pun dikarenakan adanya masalah kemiskinan yang disebabkan karena pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat tidak sebanding dengan peningkatan produksi pangan. Sehingga dilakukan pengontrolan jumlah kelahiran dan meningkatkan usaha pencarian dan penelitian bibit unggul dalam bidang Pertanian. Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting yaitu intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian, dan rehabilitasi. Faktor terjadinya Revolusi Hijau ini memang sangat berkaitan erat dengan adanya masalah pangan bagi umat manusia, yang disebabkan oleh faktor kebutuhan pangan yang semakin meningkat dan lahan pertanian yang semakin berkurang. Kekurangan lahan tersebut karena banyak lahan pertanian rusak yang disebabkan oleh adanya perang, bahkan adanya lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya serta munculnya lahan rusak akibat tercemar oleh limbah atau terkena radiasi.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A
 

0

Roboguru

Sektor pertanian menjadi fokus utama dalam program Revolusi Hijau. Tujuan pemerintah dalam mengembangkan sektor tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknolosi pertanian, dari yang tradisional menjadi modern. Selain teknologi, ada pula pembaruan metode penanaman yang lebih modern, penggunaan bibit unggul hingga pupuk kimia atau agrokimia, dan sistem irigasi. Tujuan dari Revolusi Hijau adalah untuk meningkatkan produksi pangan. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Menurut Maltus, deret hitung digunakan untuk mengukur...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau berasal dari pendapat Thomas Robert Maltus. Sesuai pendapat Thomas Robert Maltus, deret ukur digunakan untuk mengukur pertumbuhan penduduk sebagai deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, ...). Sementara pertumbuhan pangan sebagai deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, ...). Pendapatnya ini kemudian menyebar ke Eropa dan Amerika Serikat sehingga muncul sebuah gerakan untuk mengendalikan jumlah penduduk dan penelitian mengenai bibit unggul pertanian. Revolusi Hijau yang ada di negara-negara Barat ini akhirnya diterapkan pula di Indonesia pada masa Orde Baru.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved