RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan diskripsi berikut ! Pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok Karawang oleh para pemuda seperti Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh. Peristiwa ini bertujuan untuk menjauhkan Soekarno dan Hatta dari pengaruh Jepang dan mendesak kepada Soekarno dan Hatta agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Rengasdengklok pada diskripsi diatas menunjukkan konsep . . . .

Pertanyaan

Perhatikan diskripsi berikut !

Pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok Karawang oleh para pemuda seperti Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh. Peristiwa ini bertujuan untuk menjauhkan Soekarno dan Hatta dari pengaruh Jepang dan mendesak kepada Soekarno dan Hatta agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Rengasdengklok pada diskripsi diatas menunjukkan konsep . . . .

  1. Waktu

  2. Ruang

  3. Objek

  4. Subjek

  5. Dimensi

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B

Pembahasan

Rengasdengklok pada diskripsi diatas menunjukkan konsep Ruang. Konsep ruang dalam sejarah merupakan tempat di permukaan bumi secara keseluruhan atau sebagian berupa darat, laut, dan udara. Konsep ini diartikan bahwa dimanapun tempatnya, akan menjadi tempat dalam keruangan sejarah entah itu di darat, di laut, di udara, bahkan di luar angkasa. Konsep ruang berarti lokasi (tempat) terjadinya peristiwa dan kejadian sejarah. Secara umum pengertian konsep dimensi spasial dalam mengungkap (mempelajari) sejarah adalah sebagai berikut:

  1. Ruang merupakan tempat berbagai macam kejadian dan peristiwa berlangsung dalam perjalanan waktu.
  2. Penelaahan peristiwa atau kejadian berdasarkan dimensi waktu yang tidak dapat terlepas dari ruang dan waktu keberlangsungannya.
  3. Konsep waktu bertumpu kepada kapan peristiwa atau kejadian tersebut terjadi di waktu lampau. Sedangkan konsep ruang berfokus kepada di mana peristiwa atau kejadian sejarah tersebut pernah terjadi sebelumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

3rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan wacana berikut! Dari wacana tersebut, deskripsikan kedudukan Silas Papare berdasarkan konteks kehidupan manusia dalam ruang dan waktu!

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia