Roboguru

Perhatikan diagram siklus nitrogen berikut! Bakteri yang bekerja pada tahap 1 bersimbiosis dengan Leguminosa adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan diagram siklus nitrogen berikut!undefined

Bakteri yang bekerja pada tahap 1 bersimbiosis dengan Leguminosa adalah ...undefined

  1. Azotobacterundefined

  2. Rhizobiumundefined

  3. Mikorizaundefined

  4. Nostocundefined

  5. Clostridiumundefined

Pembahasan Soal:

Pada tahap 1 adalah proses amonifikasi. Amonifikasi adalah proses pembentukan amonium oleh bakteri. Nitrogen di atmosfer diubah menjadi protein. Proses amonifikasi dari senyawa N-organik pada prinsipnya merupakan reaksi penguraian protein menjadi senyawa amonium. Bakteri Azotobacter adalah species rizobakteri yang dikenal sebagai agen penambat nitrogen yang mengkonversi dinitrogen (N2) ke dalam bentuk ammonium.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan keuntungan apa yang ditawarkan oleh asam urat sebagai zat buangan bernitrogen di lingkungan kering?

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Perhatikan daur nitrogen di bawah ini! Peran bakteri Rhizobium, Nitrobacter, dan Nitrosomonas berturut-turut pada bagian ....

Pembahasan Soal:

Pada daur nitrogen, proses yang pertama terjadi adalah fiksasi nitrogen yang dilakukan oleh bakteri Rhizobium sp. Bakteri ini bersimbiosis dengan tanaman polong-polongan. Proses fiksasi ini ditunjukkan pada bagian Z. Setelah tahap fiksasi dilanjutkan dengan amonifikasi (pengubahan nitroge menjadi amonia). Tahap selanjutnya proses nitrifikasi. Proses nitrifikasi terbagi menjadi nitritasi dan nitritasi. Nitritasi proses pengubahan amonia (begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style) menjadi nitrit (begin mathsize 14px style N O subscript 2 to the power of minus sign end style) dengan bantuan bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus. Proses nitritasi ditunjukkan pada gambar X.  Selanjutnya dari nitrit (begin mathsize 14px style N O subscript 2 to the power of minus sign end style) diubah menjadi nitrat (begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style) dengan bantuan bakteri Nitrobacter. Proses ini dikenal dengan nitratasi yang ditunjukkan pada bagian Y.

Dengan demikian, peran bakteri Rhizobium, Nitrobacter, dan Nitrosomonas berturut-turut pada bagian Z, Y, X.

0

Roboguru

Bagaimana cara organisme memperoleh nitrogen? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Nitrogen merupakan komponen terbesar dalam komposisi gas di atmosfer bumi. Baik tumbuhan, hewan, maupun manusia, membutuhkan nitrogen untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Cara organisme memperoleh nitrogen yang diperlukan yaitu, melalui daur nitrogen sebagai berikut.

Fiksasi, adalah langkah pertama yang terjadi didalam proses pembuatan Nitrogen yang nantinya akan digunakan oleh tanaman. Selanjutnya bakteri tersebut yang akan mengubah Nitrogen menjadi sebuah Ammonium. Nitrifikasi, adalah proses selanjutnya, dimana amonium akan diubah menjadi sebuah Nitrat oleh bakteri. Nah, Nitrat adalah sebuah unsur yang sangat mudah untuk diserap oleh tanaman. Asimilasi, adalah sebuah proses bagaimana tanaman tersebut akan mendapatkan Nitrogen kedalam tubuhnya. Ammonifikasi, adalah salah satu bagian dari proses pembusukan, yaitu ketika tanaman atau hewan tersebut mati, maka pengurai seperti jamur dan bakteri akan mengubah Nitrogen untuk kembali menjadi Amonium, sehingga Nitrogen tersebut dapat memasuki sebuah Nitrogen Cycle. Denitrifikasi, adalah sebuah proses yang nantinya akan mengembalikan nitrogen ekstra yang terdapat didalam tanah ke udara. 

1

Roboguru

Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur nitrogen berikut! Organisme yang berperan dalam perubahan senyawa 1 ke 2 adalah ....

Pembahasan Soal:

Nitrogen merupakan unsur yang penting dalam kehidupan, yaitu sebagai komponen pembentuk protein atau komponen penyusun asam nukleat (DNA dan RNA). Sumber utama nitrogen adalah begin mathsize 14px style N subscript 2 end style di atmosfer. Namun, sebagian besar organisme baik tumbuhan maupun hewan tidak dapat memanfaatkan begin mathsize 14px style N subscript 2 end style  bebas di udara. Tumbuhan menyerap nitrogen dalam bentuk nitrat (begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style ). Pengikatan (fiksasi) begin mathsize 14px style N subscript 2 end style di udara (Proses ini adalah proses nomor 1 pada gambar daur yang tertera di soal), menjadi begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style (Proses nomor 2 pada soal) dapat terjadi secara biologi dan elektrokimia. Pengikatan begin mathsize 14px style N subscript 2 end style secara biologi dilakukan oleh bakteri dan ganggang hijau-biru. Bakteri bebas (non-simbiotik) yang dapat mengikat begin mathsize 14px style N subscript 2 end style antara lain Azetobacter. Bakteri simbiotik yang mampu mengikat begin mathsize 14px style N subscript 2 end style , antara lain Rhizobium leguminosarum yang bersimbiosis dengan bintil akar tumbuhan polong-polongan. Sedangkan kelompok ganggang hijau-biru yaitu Nostoc dan Anabaena.

Nitrat (begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style ) yang telah tersedia di tanah akan diserap oleh akar tumbuhan disintesis menjadi bahan protein di dalam tubuh tumbuhan (protein nabati). Protein nabati diubah oleh herbivor menjadi protein hewani. Jika tumbuhan dan hewan mati, protein nabati dan hewani, serta kotorannya diurai menjadi amonia yang disebut amonifikasi. Bakteri yang melakukan amonifikasi, antara lain Bacillus subtilis dan Bacillus mesentericus. Amonia kemudian diubah menjadi nitrit (begin mathsize 14px style N O subscript 2 to the power of minus sign end style) oleh bakteri nitrit (Nitrosococcus dan Nitrosomonas). Nitrit diubah menjadi nitrat oleh bakteri Nitrobacter. Selain diserap oleh akar tumbuhan, nitrat juga mengalami denitrifikasi oleh bakteri dan sebagian menumpuk dalam bentuk endapan. Denitrifikasi adalah pengubahan nitrat menjadi gas nitrogen yang akan dibebaskan kembali ke udara. Bakteri yang berperan dalam denitrifikasi, antara lain Pseudomonas denitrificans dan Micrococcus.

Dengan demikian organisme yang berperan dalam perubahan senyawa 1 ke 2 adalah Azotobacter.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

0

Roboguru

C adalah bakteri ....

Pembahasan Soal:

Bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus adalah kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang pada umumnya berlangsung secara aerob di dalam tanah. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved