Roboguru
SD

Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur nitrogen berikut! Organisme yang berperan dalam perubahan senyawa 1 ke 2 adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan diagram daur biogeokimia unsur nitrogen berikut!

Organisme yang berperan dalam perubahan senyawa 1 ke 2 adalah ....space 

  1. Rhizobiumspace 

  2. Nitrobacterspace 

  3. Nitrosomonasspace 

  4. Azotobacterspace 

  5. Pseudomonasspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.space 

Pembahasan

Nitrogen merupakan unsur yang penting dalam kehidupan, yaitu sebagai komponen pembentuk protein atau komponen penyusun asam nukleat (DNA dan RNA). Sumber utama nitrogen adalah begin mathsize 14px style N subscript 2 end style di atmosfer. Namun, sebagian besar organisme baik tumbuhan maupun hewan tidak dapat memanfaatkan begin mathsize 14px style N subscript 2 end style  bebas di udara. Tumbuhan menyerap nitrogen dalam bentuk nitrat (begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style ). Pengikatan (fiksasi) begin mathsize 14px style N subscript 2 end style di udara (Proses ini adalah proses nomor 1 pada gambar daur yang tertera di soal), menjadi begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style (Proses nomor 2 pada soal) dapat terjadi secara biologi dan elektrokimia. Pengikatan begin mathsize 14px style N subscript 2 end style secara biologi dilakukan oleh bakteri dan ganggang hijau-biru. Bakteri bebas (non-simbiotik) yang dapat mengikat begin mathsize 14px style N subscript 2 end style antara lain Azetobacter. Bakteri simbiotik yang mampu mengikat begin mathsize 14px style N subscript 2 end style , antara lain Rhizobium leguminosarum yang bersimbiosis dengan bintil akar tumbuhan polong-polongan. Sedangkan kelompok ganggang hijau-biru yaitu Nostoc dan Anabaena.

Nitrat (begin mathsize 14px style N O subscript 3 to the power of minus sign end style ) yang telah tersedia di tanah akan diserap oleh akar tumbuhan disintesis menjadi bahan protein di dalam tubuh tumbuhan (protein nabati). Protein nabati diubah oleh herbivor menjadi protein hewani. Jika tumbuhan dan hewan mati, protein nabati dan hewani, serta kotorannya diurai menjadi amonia yang disebut amonifikasi. Bakteri yang melakukan amonifikasi, antara lain Bacillus subtilis dan Bacillus mesentericus. Amonia kemudian diubah menjadi nitrit (begin mathsize 14px style N O subscript 2 to the power of minus sign end style) oleh bakteri nitrit (Nitrosococcus dan Nitrosomonas). Nitrit diubah menjadi nitrat oleh bakteri Nitrobacter. Selain diserap oleh akar tumbuhan, nitrat juga mengalami denitrifikasi oleh bakteri dan sebagian menumpuk dalam bentuk endapan. Denitrifikasi adalah pengubahan nitrat menjadi gas nitrogen yang akan dibebaskan kembali ke udara. Bakteri yang berperan dalam denitrifikasi, antara lain Pseudomonas denitrificans dan Micrococcus.

Dengan demikian organisme yang berperan dalam perubahan senyawa 1 ke 2 adalah Azotobacter.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

1rb+

5.0 (3 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan skema daur nitrogen berikut ! Apa nama proses Y dan Z? Jelaskan !

1rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia