Roboguru

Perhatikan deskripsi berikut! Kesenjangan pendapa...

Perhatikan deskripsi berikut!

Kesenjangan pendapatan menggambarkan perbedaan mencolok antara kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi dengan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah. Masyarakat berpenghasilan tinggi mempunyai standar kehidupan tinggi, nyaman, dan mewah. Masyarakat berpenghasilan rendah hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar. Masyarakat berpenghasilan rendah rata-rata berasal dari masyarakat desa. Kurangnya keterampilan masyarakat desa menyebabkan pendapatan masyarakat desa lebih rendah daripada masyarakat yang tingga di kota.

Kebijakan fiskal untuk mengatasi kesenjangan pendapatan adalah .... undefined  

  1. membatasi masuknya investasi asing undefined 

  2. memberikan bantuan langsung tunai undefined 

  3. mengurangi insentif pajak pengusaha undefined 

  4. melaksanakan program transmigrasi undefined 

  5. melaksanakan pembangunan secara merata undefined 

Jawaban:

Untuk menurunkan tingkat kesenjangan pendapatan pemerintah mengalihkan belanja nonproduktif seperti subsidi ke pengeluaran produktif yaitu pembangunan infrastruktur. Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur, akan menciptakan pemerataan pembangunan baik dari sisi pendidikan maupun sektor yang lainnya. Sehingga kualitas SDM di wilayah yang sebelumnya tertinggal dapat ikut meningkat dan pendapatan masyarakat juga meningkat.
Program lain yang dinilai bisa mengurangi ketimpangan pendapatan adalah dana desa, dimana dana desa ini diprioritaskan untuk membangun sarana dan prasarana di desa yang tertinggal. Sama seperti kebijakan sebelumnya, dana desa ini diharapkan dapat meningkatkan  pendapatan masyarakat itu sendiri.  Sehingga, dapat kita simpulkan dari kebijakan yang ada  keduanya merujuk pada pemerataan pembangunan.

Maka, jawaban yang tepat adalah E. undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved