Roboguru

Perhatikan data sifat tiga unsur alkali berikut. ...

Perhatikan data sifat tiga unsur alkali berikut.

Data tersebut merupakan data sifat unsur begin mathsize 14px style Li end style, begin mathsize 14px style Na end style dan begin mathsize 14px style K end style yang disusun secara acak. Unsur manakah yang merupakan reduktor terkuat? 

Jawaban:

Alkali adalah unsur golongan IA, yang terdiri dari unsur begin mathsize 14px style Li comma space Na comma space K comma space Rb comma space Cs end style dan begin mathsize 14px style Fr end style. Untuk menentukan unsur manakah yang merupakan reduktor terkuat dapat dilihat berdasarkan sifat energi ionisasi (energi yang diperlukan untuk mengeluarkan elektron dari tiap mol spesies dalam keadaan gas) atau data potensial reduksi (besaran yang menggambarkan daya reduksi dalam larutan).

Reduktor adalah zat yang mengalami oksidasi (mudah melepaskan elektron). Semakin kecil nilai potensial reduksi suatu unsur, maka semakin reduktor kuat. Jika dilihat data tabel, urutan potensial elektrode dari yang paling kecil ke paling tinggi adalah  begin mathsize 14px style Li end style-begin mathsize 14px style Na end style-begin mathsize 14px style K end style.

Maka, dapat disimpulkan unsur yang merupakan reduktor terkuat adalah unsur C (begin mathsize 14px style Li end style) 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved