Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen berikut membentuk senyawa air. Hidrogen + Oksigen → Air Percobaan I : 1 , 0 g 8 , 0 g 9 , 0 g Percobaan II : 2 , 0 g 16 , 0 g 18 , 0 g Mengapa rumus kimia yang diusulkan Dalton tersebut belum benar? Berdasarkan apa yang telah dipelajari dalam bab sebelumnya, apakah rumus kimia air?

Perhatikan data reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen berikut membentuk senyawa air.

 

Mengapa rumus kimia yang diusulkan Dalton tersebut belum benar? Berdasarkan apa yang telah dipelajari dalam bab sebelumnya, apakah rumus kimia air?

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Rumus kimia H + O → OH belum benar karena unsur tidak harus berupa atom tunggal melainkan dapat berupa atom diatomik atau poliatomik yang disebut molekul. Rumus kimia air adalah H 2 ​ O . Menurut Dalton, unsur-unsur selalu dalam bentuk atom tunggal sehingga rumus kimia yang diusulkan Dalton untuk reaksi hidrogen dan oksigen membentuk air adalah sebagai berikut. H + O → OH Avogadro kemudian menjelaskan bahwa partikel unsur tidak harus selalu berupa atom tunggal, melainkan dapat berupa atom diatomik atau poliatomik yang kemudia disebut sebagai molekul. Avogadro mengemukakan bahwa pada reaksi hidrogen dan oksigen membentuk air, hidrogen dan oksigen berada sebagai molekul dengan jumlah 2 atom, H 2 ​ dan O 2 ​ menghasilkan molekul air H 2 ​ O . sehingga persamaan reaksi yang benar adalah sebagai berikut. 2 H 2 ​ + O 2 ​ → 2 H 2 ​ O rumus kimia air yang benar adalah H 2 ​ O .

Rumus kimia  belum benar karena unsur tidak harus berupa atom tunggal melainkan dapat berupa atom diatomik atau poliatomik yang disebut molekul. Rumus kimia air adalah .

Menurut Dalton, unsur-unsur selalu dalam bentuk atom tunggal sehingga rumus kimia yang diusulkan Dalton untuk reaksi hidrogen dan oksigen membentuk air adalah sebagai berikut.

 

Avogadro kemudian menjelaskan bahwa partikel unsur tidak harus selalu berupa atom tunggal, melainkan dapat berupa atom diatomik atau poliatomik yang kemudia disebut sebagai molekul. Avogadro mengemukakan bahwa pada reaksi hidrogen dan oksigen membentuk air, hidrogen dan oksigen berada sebagai molekul dengan jumlah 2 atom,  dan  menghasilkan molekul air . sehingga persamaan reaksi yang benar adalah sebagai berikut.

 

rumus kimia air yang benar adalah .

Latihan Bab

Hukum Kekekalan Massa

Hukum Perbandingan Massa

Hukum Perbandingan Volume

Konsep Kilat

145

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fosforus dan oksigen membentuk dua macam senyawa. Dalam 55 gram senyawa I terdapat 31 gram fosforus, sedangkan 71 gram senyawa II mengandung 40 gram oksigen. Tunjukkan bahwa kedua senyawa itu memenuhi...

362

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia