Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data di bawah ini. Bersekutu dengan penguasa lokal yang berpihak pada kepentingan Portugis. Menyingkirkan serta menaklukkan kerajaan-kerajaan yang tidak bersedia bekerja sama dengan Portugis. Dua tindakan di atas dilakukan Portugis dalam rangka...

Perhatikan data di bawah ini.

  1. Bersekutu dengan penguasa lokal yang berpihak pada kepentingan Portugis.
  2. Menyingkirkan serta menaklukkan kerajaan-kerajaan yang tidak bersedia bekerja sama dengan Portugis.

Dua tindakan di atas dilakukan Portugis dalam rangka...

  1. mendapatkan sebagian wilayah kekuasaan

  2. memuluskan kebijakan monopoli perdagangan

  3. diterima oleh raja-raja pribumi

  4. mencegah masuknya bangsa-bangsa lain ke Nusantara

  5. memuluskan upaya kristenisasi di Nusantara

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Bangsa Portugis masuk ke Nusantara di bawah Afonso de Albuquerque (1453-1515). Dalam periode antara tahun 1511-1526, Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi bangsa Portugis, dengan Sumatera, Jawa, Banda, dan Maluku sebagai rute maritim dan perdagangan rempah-rempah. Afonso melakukan ekspedisi ke Nusantara tidak lama setelah diangkat sebagai gubernur Portugis di India. Sebelumnya, bangsa Portugis sudah menguasai India dan mendirikan pemerintahan di sana. Sasaran pertama ekspedisi militernya adalah Malaka. Ia tiba di tempat tersebut pada awal Juli 1511. Selanjutnya, pada 10 Agustus 1511, Portugis menaklukkan Malaka. Sejak saat itu, bangsa Portugis menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa. Hal ini pula yang membuat Nusantara segera dikenal oleh bangsa-bangsa Eropa lain, seperti Spanyol, Inggris, dan Belanda. Portugis dalam memuluskan monopoli perdagangannya di Nusantara, mereka menjalankan taktik seperti bersekutu dengan penguasa lokal seperti yang terjadi dengan Pajajaran dan menyingkirkan serta menaklukkan kerajaan yang tidak mau bekerja sama dengannya seperti yang terjadi pada Demak. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.

Bangsa Portugis masuk ke Nusantara di bawah Afonso de Albuquerque (1453-1515). Dalam periode antara tahun 1511-1526, Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi bangsa Portugis, dengan Sumatera, Jawa, Banda, dan Maluku sebagai rute maritim dan perdagangan rempah-rempah. Afonso melakukan ekspedisi ke Nusantara tidak lama setelah diangkat sebagai gubernur Portugis di India. Sebelumnya, bangsa Portugis sudah menguasai India dan mendirikan pemerintahan di sana. Sasaran pertama ekspedisi militernya adalah Malaka. Ia tiba di tempat tersebut pada awal Juli 1511. Selanjutnya, pada 10 Agustus 1511, Portugis menaklukkan Malaka. Sejak saat itu, bangsa Portugis menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa. Hal ini pula yang membuat Nusantara segera dikenal oleh bangsa-bangsa Eropa lain, seperti Spanyol, Inggris, dan Belanda. Portugis dalam memuluskan monopoli perdagangannya di Nusantara, mereka menjalankan taktik seperti bersekutu dengan penguasa lokal seperti yang terjadi dengan Pajajaran dan menyingkirkan serta menaklukkan kerajaan yang tidak mau bekerja sama dengannya seperti yang terjadi pada Demak.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.

Konsep Kilat

Perebutan Hegemoni Bangsa Barat

Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia

Latihan Bab

27rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?

4rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia