Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan data dalam tabel berikut!

Mengapa titik didih senyawa-senyawa dalam tabel tersebut tidak sesuai dengan kenaikan begin mathsize 14px style italic M subscript italic r end style-nya? Jelaskan!

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan titik didih senyawa-senyawa dalam tabel tersebut tidak sesuai dengan kenaikan begin mathsize 14px style italic M subscript italic r end style-nya disebabkan adanya ikatan hidrogen pada begin mathsize 14px style H subscript bold 2 O end style.

Pembahasan

Adanya ikatan hidrogen dalam senyawa dapat menimbulkan penyimpangan sifat umum. Contoh pada data diatas, titik didih begin mathsize 14px style H subscript 2 S comma space H subscript 2 Se comma space H subscript 2 Te end style meningkat seiring kenaikan begin mathsize 14px style M subscript r end style disebabkan gaya Van der Waals yang semakin kuat, sementara begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style  memiliki titik didih yang jauh lebih tinggi padahal memiliki begin mathsize 14px style M subscript r end style yang paling kecil. Hal ini disebabkan karena adanya ikatan hidrogen pada begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style. Ikatan hidrogen disebabkan oleh gaya tarik menarik antara atom hidrogen dari molekul satu dengan atom molekul lain yang sangat elektronegatif (F, O, atau N). Ikatan ini sangat kuat karena terjadi antara atom yang sangat elektronegatif dengan atom hidrogen yang sangat elektropositif. Ikatan hidrogen jauh lebih kuat dibandingkan dengan gaya Van der Waals sehingga membutuhkan energi yang lebih besar untuk memutuskan ikatan antarmolekul begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style untuk mendidih.

Jadi, dapat disimpulkan titik didih senyawa-senyawa dalam tabel tersebut tidak sesuai dengan kenaikan begin mathsize 14px style italic M subscript italic r end style-nya disebabkan adanya ikatan hidrogen pada begin mathsize 14px style H subscript bold 2 O end style.

139

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan grafik titik didih senyawa-senyawa hidrida golongan IVA, VA, dan VIA berikut! Senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen antar molekulnya adalah nomor....

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia