Pertanyaan

Perhatikan data berikut: Tubuh simestri radial, tanpa kepala dan tidak bersegmen. Memiliki ukuran tubuh yang sedang sampai besar, dengan bentuk tubuh bundar sampai silindris atau bentuk bitang dengan tangan sederhana. Endoskeleton tersusun dari lempengan-lempengan yang membentuk cangkakng, yang disebut theca atau test. Mempunyai pembuluh air atau sistem ambulakral yang merupakan ciri pada umumnya, yang terbuat dari tabung-tabung berisi cairan. Saluran makanan berupa tabung melingkar membentang dari mulut sampai dengan anus. Tidak memiliki sistem ekskresi dan sistem sarafnya primitif. Reproduksi seksual, namun beberapa berkembang secara aseksual atau regenerasi. Dari data tersebut merupakan ciri-ciri dari filum ...

Perhatikan data berikut:

  • Tubuh simestri radial, tanpa kepala dan tidak bersegmen.
  • Memiliki ukuran tubuh yang sedang sampai besar, dengan bentuk tubuh bundar sampai silindris atau bentuk bitang dengan tangan sederhana.
  • Endoskeleton tersusun dari lempengan-lempengan yang membentuk cangkakng, yang disebut theca atau test.
  • Mempunyai pembuluh air atau sistem ambulakral yang merupakan ciri pada umumnya, yang terbuat dari tabung-tabung berisi cairan.
  • Saluran makanan berupa tabung melingkar membentang dari mulut sampai dengan anus.
  • Tidak memiliki sistem ekskresi dan sistem sarafnya primitif.
  • Reproduksi seksual, namun beberapa berkembang secara aseksual atau regenerasi.

Dari data tersebut merupakan ciri-ciri dari filum ...  

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

data pada soal merupakan ciri-ciri dari filum Echinodermata.

data pada soal merupakan ciri-ciri dari filum Echinodermata. 

Pembahasan

Pembahasan

Echinodermata merupakan anggota kingdom Animalia yang memiliki kulit berduri. Berikut ciri-ciri dari Echinodermata, diantaranya: Tubuh Echinodermata memiliki simetri radial, tanpa kepala dan tidak bersegmen. Memiliki ukuran tubuh yang sedang sampai besar, dengan bentuk tubuh bundar sampai silindris atau bentuk bintang dengan tangan sederhana. Endoskeleton tersusun dari lempengan-lempengan yang membentuk cangkang, yang disebut theca atau test. Mempunyai pembuluh air atau sistem ambulakral yang merupakan ciri pada umumnya, yang terbuat dari tabung-tabung berisi cairan. Saluran makanan berupa tabung melingkar membentang dari mulut sampai dengan anus. Respirasi terjadi melalui struktur bervariasi, misalnya dengan papula pada bintang laut, insang peristomial pada landak laut, bursa genital pada bintang ular laut, dan pohon respirasi kloakal pada mentimun laut. Tidak memiliki sistem ekskresi dan sistem sarafnya primitif. Reproduksi seksual, namun beberapa berkembang secara aseksual atau regenerasi. Contoh Echinodermata yaitu bintang laut, lili laut, dan landak laut. Oleh karena itu, data pada soal merupakan ciri-ciri dari filum Echinodermata.

Echinodermata merupakan anggota kingdom Animalia yang memiliki kulit berduri. Berikut ciri-ciri dari Echinodermata, diantaranya:

  1. Tubuh Echinodermata memiliki simetri radial, tanpa kepala dan tidak bersegmen.
  2. Memiliki ukuran tubuh yang sedang sampai besar, dengan bentuk tubuh bundar sampai silindris atau bentuk bintang dengan tangan sederhana.
  3. Endoskeleton tersusun dari lempengan-lempengan yang membentuk cangkang, yang disebut theca atau test.
  4. Mempunyai pembuluh air atau sistem ambulakral yang merupakan ciri pada umumnya, yang terbuat dari tabung-tabung berisi cairan.
  5. Saluran makanan berupa tabung melingkar membentang dari mulut sampai dengan anus.
  6. Respirasi terjadi melalui struktur bervariasi, misalnya dengan papula pada bintang laut, insang peristomial pada landak laut, bursa genital pada bintang ular laut, dan pohon respirasi kloakal pada mentimun laut.
  7. Tidak memiliki sistem ekskresi dan sistem sarafnya primitif.
  8. Reproduksi seksual, namun beberapa berkembang secara aseksual atau regenerasi.

Contoh Echinodermata yaitu bintang laut, lili laut, dan landak laut. Oleh karena itu, data pada soal merupakan ciri-ciri dari filum Echinodermata. 

21

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa filum dariciri susunan tubuh multiseluler dengan jaringan sejati, simetri radial, triploblastik yaitu ektoderm, mesoderm dan endoderm?

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia