Roboguru

Perhatikan data berikut ini! Perancis Jerman Italia Jepang Australia Dari data di atas, negara yang termasuk blok sentral dalam Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor ...

Pertanyaan

Perhatikan data berikut ini!

  1. Perancis
  2. Jerman
  3. Italia
  4. Jepang
  5. Australia

Dari data di atas, negara yang termasuk blok sentral dalam Perang Dunia II ditunjukkan pada nomor ...undefined 

  1. 1, 2, dan 3undefined 

  2. 1, 3, dan 4undefined 

  3. 2, 3, dan 4undefined 

  4. 2, 3, dan 5undefined 

Pembahasan Soal:

Perang Dunia terjadi pada tahun 1942 sampai tahun 1945. Adapun sebab umumnya adalah politik balas dendam, konflik paham, politik ekspansi, kegagalan LBB, perlombaan senjata, dan poitik aliansi. Adapun sebab khususnya adalah serangan Jerman terhadap Polandia (1939) dan serbuan Jepang terhadap Amerika Serikat (1941). Perang Dunia II melahirkan dua blok, yaitu:

  • Blok sentral yang di dalamnya terdapat negara Jerman, Italia, Jepang, Austria, Rumania, dan Fiinlandia.
  • Blok sekutu yang di dalamnya terdapat negara Inggris, Perancis, Rusia, Amerika Serikat, RRC, Austria, Polandia, dan beberapa negara kecil lainnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Negara-negara yang tergabung dalam triple Entente pada Perang Dunia II lebih dikenal dengan sebutan blok ...

Pembahasan Soal:

Pada Perang Dunia I yang berlangsung dari 1914-1918 melahirkan dua blok, yaitu: Triple Alliance yang di dalamnya terdapat negara Jerman, Hongaria, Turki, Austria. Kemudian, di lain pihak melahirkan Triple Entente yang di dalamnya terdapat negara Inggris, Perancis, Italia dan Rusia. Kemudian, Dalam Perang Dunia II,  negara-negara Triple Entente ini bergabung ke dalam Blok Sekutu. Sedangkan negara-negara anggota Triple Alliance tergabung dalam blok Poros.

Jadi jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pemberontakan Permesta di Sulawesi dipimpin oleh ....

Pembahasan Soal:

Melihat kondisi ketimpangan pembangunan Indonesia yang dinilai semakin parah, kemudian pada 2 Maret 1957, Letkol Ventje Sumual, Panglima Tentara & Teritorium VII (Wirabuana) mendeklarasikan sebuah proklamasi piagam Perjuangan Rakyat Semesta, karena pemerintah tidak merespon keinginan mereka.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

 

0

Roboguru

Untuk mengatasi pemberontakan yang dilakukan oleh Amir Fatah, Divisi Diponegoro membentuk pasukan khusus yang bernama?

Pembahasan Soal:

Gerakan Banteng Negara adalah komando penumpasan pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia di Jawa Tengah yang dipimpin oleh Amir Fatah pada tahun 1950. Gerakan Banteng Negara dipimpin oleh tiga tokoh, yakni Letnan Kolonel Sarbini, Letnan Kolonel Bachrum dan Letnan Kolonel Ahmad Yani. Unsur penting dari Gerakan Banteng Nasional adalah Banteng Raiders, yakni sebuah pasukan elit di bawah kepemimpinan Ahmad Yani yang dibentuk pada tahun 1953 untuk memburu gerilyawan DI/TII.space

Dengan demikian, operasi untuk menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah yang dipimpin oleh Amir Fatah, dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Gerakan Banteng Negara/Banteng Raiders yang dipimpin oleh tiga tokoh, yakni Letnan Kolonel Sarbini, Letnan Kolonel Bachrum dan Letnan Kolonel Ahmad Yani.space

0

Roboguru

Sebab khusus terjadinya Perang Dunia II ialah ...

Pembahasan Soal:

Perang Dunia II adalah perang yang berkecamuk yang melibatkan hampir seluruh negara di dunia. Perang ini menghadapkan Negara Aksis (Axis) melawan negara Sekutu (Allies). Negara Axis terdiri atas: Jerman, Jepang dan Italia. Sementara Sekutu terdiri atas Inggris, Perancis, Amerika Serikat, Uni Sovyet, dan negara lainya. Perang Dunia II diawali dengan serangkaian kemenangan kilat pihak Axis atas pihak Sekutu. Perang dimulai ketika Jerman menyerang Polandia pada September 1939. Polandia dengan cepat takluk dan dikuasai Jerman. Perancis yang mencoba membantu Jerman juga ditaklukkan dengan mudah dan menyerah pada Juni 1940, hanya enam minggu dari awal ketika Jerman menyerang Perancis pada Mei 1940. Pada tahun 1941, Jerman menguasai atau memiliki pemerintahan boneka di Perancis, Yugoslavia, Denmark, Norwegia, Cekoslovakia, Hungaria dan Romania.

Begitupun di Asia. Ketika Jepang mulai ikut perang dan menyerang Amerika Serikat di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, Jepang dengan mudah menghancurkan armada Amerika Serikat di Hawaii. Tak berapa lama, Jepang berhasil menaklukkan Filipina, Burma, Indochina (sekarang Vietnam, Laos dan Kamboja), Malaka, Singapura dan Hindia Belanda (Indonesia). Jepang juga membuat pemerintahan Boneka di Thailand dan Manchuria. Namun pada tahun 1942, kondisi mulai berbalik dan Sekutu mulai unggul.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pada masa awal kemerdekaan (1945-1959), penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa menghadapi berbagai masalah. Ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara ...

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah republik ini, konflik dan pergolakan dalam skala yang lebih besar bahkan pernah terjadi. Hal ini ditandai dengan pecahnya pemberontakan besar pertama setelah Indonesia merdeka, yaitu pemberontakan PKI di Madiun yang terjadi tahun 1948. Sedangkan tahun 1965 merupakan tahun dimana berlangsung peristiwa G30S/PKI yang berusaha merebut kekuasaan dan mengganti ideologi Pancasila. Sejarah pergolakan dan konflik yang terjadi di Indonesia selama masa tahun 1948-1965 itu dibagi ke dalam tiga bentuk pergolakan yaitu.

  1. Peristiwa konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, yang termasuk dalam kategori ini diantaranya adalah pemberontakan PKI Madiun, pemberontakan DI/TII dan peristiwa G30S/PKI. Ideologi yang diusung oleh PKI tentu saja komunisme, sedangkan pemberontakan DI/TII berlangsung dengan membawa ideologi agama.
  2. Peristiwa konflik dan pergolakan yang berkait dengan kepentingan (vested interest),  yang termasuk dalam kategori ini adalah pemberontakan APRA, RMS dan Andi Aziz. Vested Interest merupakan kepentingan yang tertanam dengan kuat pada suatu kelompok. Kelompok ini biasanya berusaha untuk mengontrol suatu sistem sosial atau kegiatan untuk keuntungan sendiri. Mereka juga sukar untuk mau melepas posisi atau kedudukannya sehingga sering menghalangi suatu proses perubahan.
  3. Peristiwa konflik dan pergolakan yang berkait dengan sistem pemerintahan, yang termasuk dalam kategori ini adalah persoalan negara federal dan BFO (Bijeenkomst Federal Overleg), serta pemberontakan PRRI dan Permesta.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban  yang tepat adalah D

3

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved