Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan data berikut. Bangsa pengembara Membangun pemukiman di tempat burung elang bertengger Suka berperang Terdapat di antara sungai-sungai Hasil buminya antara lain gandum. Jagung dan padi. Hidup di wilayah Amazon Pernyataan yang benar mengenai Peradaban Aztec adalah...

Perhatikan data berikut.

  1. Bangsa pengembara
  2. Membangun pemukiman di tempat burung elang bertengger
  3. Suka berperang
  4. Terdapat di antara sungai-sungai
  5. Hasil buminya antara lain gandum. Jagung dan padi.
  6. Hidup di wilayah Amazon

Pernyataan yang benar mengenai Peradaban Aztec adalah...

  1. 2), 3) dan 4)

  2. 1), 3) dan 6)

  3. 2), 4) dan 5)

  4. 1), 2) dan 3)

  5. 3), 4) dan 6)

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Bangsa Aztecadalah bangsa pengembara yang tiba di lembah Mexico pada abad III. Mereka kemudian sampai di danau ber-rawa yang terletak di sebelah selatan Texcoco. Sebelum menentukan di mana mereka akan tinggal, tiba-tiba mereka melihat seekor burung elang dengan ular di mulutnya hinggap di atas pohon kaktus. Menganggap peristiwa tersebut sebagai sebuah pertanda gaib, para pendeta kemudian menentukan di tempat burung elang bertengger itu sebagai tempat tinggal yang ditentukan bagi mereka. Di sinilah kemudian mereka membangun sebuah pemukiman yang nantinya berkembang menjadi Kota Tenocthitlan. Bangsa Aztex di kenal juga sebagai bangsa yang suka berperang. Tujuan berperangnya adalah untuk mendapatkan tawanan yang dapat dijadikan kurban untuk dipersembahkan dalam pelaksanaan ritual kepercyaan yang mereka yakini. Bentuk kurban yang mereka anggap dapat menyenangkan hati para dewa adalah darah manusia dan jantung manusia yang masih hidup.Dalam berperang mereka mempunya kesatuan tentara yang mereka banggakan yang disebut dengan Kesatria Elang dan Kesatria Jaguar. Mereka adalah tentara yang selalu berada di garis depan baik untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri. Ksatria Elang merupakan kesatuan infanteri pada ketentaraan Aztex. Mereka paling ditakuti dalam ketentaraan. Kostum elang yang mereka kenakan merupakan perlambang dari matahari. Oleh karena itu mereka juga disebut ksatria matahari. Selain ksatria Elang, ksatria jaguar pun merupakan ujung tombak dalam ketentaraan Aztex. Mereka berpakaian seperti Jaguar yang melambangkan Tezcalitpoca, dewa tertinggi bangsa Aztex. Mereka juga meyakini dengan berapakaian seperti jaguan mereka akan memperoleh keberanian dan kekuatan dari hewan tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

Bangsa Aztec adalah bangsa pengembara yang tiba di lembah Mexico pada abad III. Mereka kemudian sampai di danau ber-rawa yang terletak di sebelah selatan Texcoco. Sebelum menentukan di mana mereka akan tinggal, tiba-tiba mereka melihat seekor burung elang dengan ular di mulutnya hinggap di atas pohon kaktus. Menganggap peristiwa tersebut sebagai sebuah pertanda gaib, para pendeta kemudian menentukan di tempat burung elang bertengger itu sebagai tempat tinggal yang ditentukan bagi mereka. Di sinilah kemudian mereka membangun sebuah pemukiman yang nantinya berkembang menjadi Kota Tenocthitlan. Bangsa Aztex di kenal juga sebagai bangsa yang suka berperang. Tujuan berperangnya adalah untuk mendapatkan tawanan yang dapat dijadikan kurban untuk dipersembahkan dalam pelaksanaan ritual kepercyaan yang mereka yakini. Bentuk kurban yang mereka anggap dapat menyenangkan hati para dewa adalah darah manusia dan jantung manusia yang masih hidup. Dalam berperang mereka mempunya kesatuan tentara yang mereka banggakan yang disebut dengan Kesatria Elang dan Kesatria Jaguar. Mereka adalah tentara yang selalu berada di garis depan baik untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri. Ksatria Elang merupakan kesatuan infanteri pada ketentaraan Aztex. Mereka paling ditakuti dalam ketentaraan. Kostum elang yang mereka kenakan merupakan perlambang dari matahari. Oleh karena itu mereka juga disebut ksatria matahari. Selain ksatria Elang, ksatria jaguar pun merupakan ujung tombak dalam ketentaraan Aztex. Mereka berpakaian seperti Jaguar yang melambangkan Tezcalitpoca, dewa tertinggi bangsa Aztex. Mereka juga meyakini dengan berapakaian seperti jaguan mereka akan memperoleh keberanian dan kekuatan dari hewan tersebut. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

Latihan Bab

Peradaban Mesopotamia

Peradaban Mesir Kuno

Peradaban Yunani Kuno

Peradaban India Kuno

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Codex Mendoza Source : Wikipedia.com Kesimpulan yang dapat diambil dari gambar di atas adalah….

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia