Roboguru

Perhatikan dampak iptek berikut! Menyebabkan polusi. Meningkatkan kesejahteraan. Meningkatkan kualitas pendidikan. Meningkatkan mobilitas manusia. Membuat orang semakin malas. Berdasarkan keterangan di atas, dampak positif iptek ditunjukkan oleh angka ...

Pertanyaan

Perhatikan dampak iptek berikut!

  1. Menyebabkan polusi.
  2. Meningkatkan kesejahteraan.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan.
  4. Meningkatkan mobilitas manusia.
  5. Membuat orang semakin malas.

Berdasarkan keterangan di atas, dampak positif iptek ditunjukkan oleh angka ...undefined 

  1. 1, 2, dan 3.

  2. 1, 3, dan 4

  3. 1, 3, dan 5

  4. 2, 3, dan 4

  5. 3, 4, dan 5

Pembahasan Soal:

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah salah satu modal penting dalam membangun suatu negara. Hal ini telah disadari pemerintah Indonesia setelah proklamasi. Oleh sebab itu, pemerintah dan swasta berupaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cocok bagi pembangunan bangsa Indonesia. Ada beberapa indikator kesungguhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah didirikannya lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian, baik oleh pemerintah maupun swasta.

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung dan menopang aktivitas manusia, juga memberikan dampak kepada penggunanya, seperti dengan adanya sarana-sarana transportasi baik darat, air, dan udara. Tranportasi-transportasi tersebut dapat memudahkan mobilitas manusia dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Lalu, dampak perkembangan pada teknologi misalnya teknologi komunikasi, seperti media komunikasi sosial dan situs-situs, mereka dapat menyampaikan dan juga mendapatkan informasi secara lebih cepat dan lebih mudah. Harold D. Laswell dan Charles Wright pernah mengungkapkan bahwa dengan adanya teknologi komunikasi seperti sosial media massa memiliki fungsi yakni sebagai upaya pewarisan nilai-nilai luhur dari satu generasi ke generasi selanjutnya (Socialization) sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan perkembangan  Ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan dampak kepada penggunanya, dapat meningkatkan kesejahteraan pada masing-masing individu dengan kemudahan-kemudahan yang didapatkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kemajuan teknologi dapat meningkatkan kesejahteraan. Peningkatan kesejahteraan akibat kemajuan teknologi ditunjukkan oleh pilihan ...

Pembahasan Soal:

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat, tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif, yang dimaksud dari pengaruh positif ini halnya seperti berikut :

  • pertukaran sebuah informasi yang menjadi lebih mudah dan cepat,
  • memudahkan pekerjaan,
  • pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien,
  • sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Keberadaan komputer yang dilengkapi internet memengaruhi pola pikir dan perilaku manusia. Kondisi ini terjadi karena . . . .

Pembahasan Soal:

Teknologi memang memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan manusia, dimana pengaruhnya bisa berdampak juga pada perilaku manusia. Ketergantungan pada teknologi juga sudah sangat sering kita lihat dari berbagai contoh kehidupan sehari-hari, salah satunya ketergantungan pada internet. Pengaruh media online tersebut terhadap psikologi anak mengakibatkan berbagai dampak buruk dan juga membuat perilaku manusia menjadi tidak baik. Hal ini terjadi karena internet memuat segala informasi yang ada di dunia. Namun tidak semua orang bisa memfilter segala informasi yang ada di Internet dengan bijak. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan deskripsi berikut! Seiring berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi, banyak informasi dan berita palsu (hoaks) di dunia maya yang disebarkan oknum tidak bertanggung jawab. Masyarak...

Pembahasan Soal:

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memberi dampak positif bagi masyarakat. Di sisi lain kemajuan teknologi menimbulkan dampak negatif. Beberapa dampak negatif kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut. 

  1. Mempengaruhi pola pikir. Masyarakat seolah dimanjakan sejak kehadiran media elektronik. Selain itu masyarakat berpikir makin mudah mendapatkan berbagai hal secara instan. Masyakarat menjadi mudah terpengaruh hal baru tanpa menyaring informasi yang diperoleh. Pada era globalisasi banyak informasi dan berita palsu (hoaks) di dunia maya yang disebarkan oknum tidak bertanggungjawab. Jika tidak berhati-hati dalam menyaring informasi, masyarakat akan mudah termakan tipuan hoaks tersebut. Oleh karena itu, sikap bijak dan kritis diperlukan dalam mengakses beragam informasi di dunia maya.
  2. Kecenderungan antisosial. Selain dapat mempengaruhi pola pikir, perkembangan teknologi informasi dan komunukasi pun dapat meningkatkan kecenderungan munculnya perilaku antisosial. Kondisi tersebut dibuktikan dengan kecenderungan masyarakan untuk lebih sering berinterkasi dengan perangkat elektronik mereka daripada berinterkasi langsung dengan manusia. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A.

0

Roboguru

Iptek memiliki pengaruh positif dan negatif dalam berbagai bidang kehidupan. Dampak negatif pemanfaatan lptek dalam bidang komunikasi dan informasi adalah ...

Pembahasan Soal:

Perkembangan IPTEK dalam kehidupan menimbulkan dampak yang positif ataupun negatif. Dampak negatif dari perkembangan IPTEK  disebabkan karena penyalahgunaan dari teknologi informasi dan komunikasi, ataupun disebabkan karena kurangnya pemahaman pengguna akan etika dan juga cara untuk menggunakan teknologi informasi dan juga komunkasi dengan baik dan juga benar. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari teknologi informasi dan juga komunikasi.

  1. Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik.
  2. Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber.
  3. Cyber Bullying.
  4. Konten negatif yang berkembang pesat.
  5. Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas.
  6. Menjauhkan yang dekat.
  7. Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan.
  8. Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna (baca juga: bahaya kecanduan internet).
  9. Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Dampak negatif penggunaan teknologi pada gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Handphone merupakan suatu media komunikasi dari perkembangan teknologi yang mendukung dan menopang aktivitas manusia saat ini. Handphone selain sebagai media komunikasi juga sebagai suatu media sosial yang dapat memberikan informasi secara lebih cepat dan lebih mudah. Media sosial sendiri memiliki fungsi-fungsi yang dapat memberikan dampak positif yakni sebagai media penyampaian informasi terkini serta penyebaran informasi yang menghubungkan suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai penghibur khalayak ramai.

Akan tetapi, handphone sebagai suatu media komunikasi serta media informasi pun bisa menimbulkan dampak negatif seperti membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphone-nya daripada berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Hal ini yang terkadang membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved