Roboguru

Perhatikan daftar komponen berikut!  Air  Produsen  Mineral  Salinitas  Konsumen  Dekomposer  Komponen biotik ditunjukkan oleh nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan daftar komponen berikut! 

  1. Air 
  2. Produsen 
  3. Mineral 
  4. Salinitas 
  5. Konsumen 
  6. Dekomposer 

Komponen biotik ditunjukkan oleh nomor ....space 

  1. 1, 2, dan 3space 

  2. 1, 2, dan 4 space 

  3. 2, 3, dan 4 space 

  4. 2, 5, dan 6space 

  5. 3, 5, dan 6space 

Pembahasan Soal:

Komponen biotik meliputi seluruh makhluk hidup di bumi. Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan menjadi dua macam, yaitu komponen autotrof dan komponen heterotrof. Komponen autotrof terdiri atas organisme yang dapat melakukan proses fotosintesis (produsen). Komponen heterotrof terdiri atas organisme yang dalam hidupnya selalu memanfaatkan bahan organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai bahan makanannya. Organisme heterotrof terdiri atas konsumen, dekomposer, dan detritivor. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

O. Khumairah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Komponen biotik dikelompokkan menjadi heterotrof dan autotrof berdasarkan ....

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi tumbuhan, hewan dan berbagai jenis mikroorganisme. Komponen biotik dapat dibedakan berdasarkan cara memperoleh makanannnya yaitu autotrof dan heterotrof. Organisme autotrof merupakan organisme yang mampu menghasilkan makanan sendiri. Contohnya tumbuhan. Tumbuhan memperoleh energi dengan melakukan fotosintesis karena tumbuhan memiliki kloroplas. Sedangkan heterotrof merupakan organisme yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, sehingga organisme heterotrof biasanya memanfaatkan organisme lain untuk menghasilkan energi. Contohnya hewan dan manusia.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Samakah komponen biotik pada tempat terbuka dan tertutup....

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen benda hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik yaitu komponen benda tak hidup seperti batu, udara, angin, tanah dan lain-lain. Ekosistem tertutup yaitu sistem dengan batas yang tidak memungkinkannya untuk terjadi pertukaran energi. Ekosistem terbuka yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan terjadinya pertukaran energi dan materi melintas batas sub sistem bumi merupakan contoh dari sistem ini. Sistem terbuka ini ditandai dengan adanya energi atau materi yang dapat melewati batas suatu sistem. Sedangkan  sistem tertutup ditandai dengan tidak adanya energi yang atau materi yang melewati batas luar sistem.

Jadi, komponen biotik pada tempat terbuka dan tertutup itu berbeda, dimana komponen biotik pada tempat terbuka memungkinkan terjadi pertukaran energi atau energi dapat keluar dan masuk ke dalam suatu ekosistem. Sedangkan komponen biotik pada tempat tertutup tidak terjadi pertukaran energi sehingga komponen biotik relatif tetap. undefined 

Roboguru

Berdasarkan cara memperoleh makanan, komponen biotik dikelompokkan menjadi autotrof dan heterotrof. Kelompok organisme autotrof dan heterotrof disajikan pada tabel berikut.  Pilihlah yang benar !

Pembahasan Soal:

Komponen biotik merupakan komponen yang memiliki ciri-ciri makhluk hidup seperti memerlukan nutrisi, bernapas, mengeluarkan zat sisa, bergerak, bereproduksi, iritabilitas, beradaptasi dan mengalami pertumbuhan. Komponen biotik dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan pemenuhan nutrisi berupa makanan, yaitu autotrof dan heterotrof. Autotrof merupakan organisme yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan makanannya sendiri dari bahan zat anorganik. Organisme yang termasuk dalam autotrof adalah kelompok tanaman, algae dan fitoplankton. Selanjutnya, heterotrof merupakan organisme yang tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri melainkan bergantung pada organisme lain untuk bisa mendapatkan makanannya. Organisme yang termasuk dalam autotrof adalah kelompok hewan, bakteri dan jamur.
Jadi jawaban yang benar adalah B.
 

Roboguru

Pada gambar di bawah ini, plankton paling banyak terdapat pada daerah....

Pembahasan Soal:

Pada ekosistem danau dan kolam terdapat tig awilayah horizontal atau zona yaitu zona litoral, limnetik dan profundal. Zona litoral merupakan daerah yang terletak di tepi danau dan kolam. Organisme yang hidup antara lain teratai, hidrila, hidra, capung, katak, burung dan tikus. Vegetasi didominasi oleh tumbuhan yang mengapung atau tenggelam. Zona limnetik merupakan daerah perairan terbuka sampai kedalaman tertentu dan masih dapat ditembus oleh cahaya matahari sehingga banyak fitoplankton dan zooplankton. Pada kedua zona ini banyak plankton sehingga menyebabkan banyak ikan. Dibawah zona limnetik terdapat zona profundal yang merupakan daerah perairan dalam. Pada daerah ini banyak dekomposer.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Tuliskan komponen-komponen ekosistem yang terdapat di lingkungan kolam, sawah atau kebun !

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik merupakan komponen makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, bakteri termasuk manusia. Sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang tak hidup berupa lingkungan pendukung seperti suhu, udara, batuan, tanah,pH dan lain sebagainya. Setiap ekosistem memiliki komponen yang berbeda-beda meskipun ada beberapa kesamaan. Contohnya ekosistem kolam memiliki komponen biotik seperti fitoplankton, zooplankton, tumbuhan air, ikan kecil, ikan besar, katak, capung, kupu-kupu dan dekomposer. Sedangkan komponen abiotik berupa air, cahaya matahari, bebatuan, sampah-sampah, pH dan suhu. Ekosistem sawah memiliki komponen biotik berupa tumbuhan (padi, jagung, pohon pisang, dan palawija), rumput-rumputan, katak, cacing, ular, burung, tungau, jamur, algae dan hama tertentu. Sedangkan komponen abiotik berupa tanah, air, cahaya matahai, bebatuan, suhu, pH, dan masih banyak lagi. Ekosistem kebun memiliki komponen biotik berupa aneka macam tumbuhan dari yang berbentuk pohon, semak, perdu dan herba. Selain itu juga terdapat aneka hewan seperti burung, katak, ulat, ular, kadal, kupu-kupu, capung, lipan dan sebagainya. Sedangkan komponen abiotik berupa tanah, bebatuan, pH, suhu, cahaya matahari, kelembapan, dan gas oksigen serta karbon dioksida.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved