Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan contoh peristiwa masalah sosial berikut! Warga yang masih membuang sampah sembarangan karena belum paham terhadap perilaku tersebut. Tingkat pengangguran tinggi di suatu negara. Catcalling yang terjadi di tempat publik. Manipulasi dan penyalahgunaan anggaran pajak negara oleh pegawai pajak. Kendaraan yang melawan arus jalur satu arah. Berdasarkan pernyataan tersebut, contoh kasus masalah sosial yang bersifat laten ditunjukkan oleh nomor ….

 Perhatikan contoh peristiwa masalah sosial berikut!

  1. Warga yang masih membuang sampah sembarangan karena belum paham terhadap perilaku tersebut.
  2. Tingkat pengangguran tinggi di suatu negara.
  3. Catcalling yang terjadi di tempat publik.
  4. Manipulasi dan penyalahgunaan anggaran pajak negara oleh pegawai pajak.
  5. Kendaraan yang melawan arus jalur satu arah.

Berdasarkan pernyataan tersebut, contoh kasus masalah sosial yang bersifat laten ditunjukkan oleh nomor ….  

  1. 1, 2, dan 3 undefined 

  2. 1, 3, dan 4 undefined 

  3. 2, 3, dan 4 undefined 

  4. 2, 4, dan 5 undefined 

  5. 3, 4, dan 5 undefined 

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. undefined 

Iklan

Pembahasan

Contoh kasus pada permasalahan sosial di atas dapat dikelompokkan sebagai berikut. Contoh 1, yaitu membuang sampah sembarangantermasuk masalah sosial bersifat laten karenahal tersebut tidak disadari akan tetapi tentunya akan berdampak pada masalah lingkungan & kesehatan. Contoh 2, yaitu tingkat pengangguran tinggi di suatu negara merupakan contoh masalah sosial manifes. Hal tersebut dapat dirasakan langsung oleh kita. Apabila angka pengangguran itu tinggi dalam suatu wilayah, masalah tersebut menjadi masalah sosial yang manifes. Contoh 3, yaitu catcalling termasuk masalah sosial laten. Catcalling adalahsebuah penyimpangan atau street harassment yang manaseseorang yang menjadi korban akan merasa kesal, marah, dan ketakutan. Pelaku menganggap hal tersebut sebuah tindakan yang biasa saja. Maka itu, catcalling tidak disadari keberadaan sebagai sebuah penyimpangan, tetapi dapat berdampak pada ketidaknyamanan korban. Contoh 4, yaitu masalah penyalahgunaan anggaran pajaktermasuk ke dalam masalah sosial laten. Penyalahgunaan anggaran negara menunjukkan adanya suatu masalah sosial yang seolah membuat masyarakat tidak mampu mencegah atau mengatasi permasalahan tersebut. Contoh5, yaitu kendaraan menerobos lampu merah & melawan arus merupakan masalah sosial bersifat manifes karenadapat dirasakan dampaknya secara langsung oleh pengendara motor. Pelanggaran ini tidak hanya dilakukan individu, namun bisa saja dilakukan hampir seluruh pengendara bermotor. Apabila terjadi kecelakaan, pasti akan berdampak pada pelakunya dan pengendara lain di sekitarnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Contoh kasus pada permasalahan sosial di atas dapat dikelompokkan sebagai berikut.

  • Contoh 1, yaitu membuang sampah sembarangan termasuk masalah sosial bersifat laten karena hal tersebut tidak disadari akan tetapi tentunya akan berdampak pada masalah lingkungan & kesehatan.
  • Contoh 2, yaitu tingkat pengangguran tinggi di suatu negara merupakan contoh masalah sosial manifes. Hal tersebut dapat dirasakan langsung oleh kita. Apabila angka pengangguran itu tinggi dalam suatu wilayah, masalah tersebut menjadi masalah sosial yang manifes.
  • Contoh 3, yaitu catcalling termasuk masalah sosial laten. Catcalling adalah sebuah penyimpangan atau street harassment yang mana seseorang yang menjadi korban akan merasa kesal, marah, dan ketakutan. Pelaku menganggap hal tersebut sebuah tindakan yang biasa saja. Maka itu, catcalling tidak disadari keberadaan sebagai sebuah penyimpangan, tetapi dapat berdampak pada ketidaknyamanan korban.
  • Contoh 4, yaitu masalah penyalahgunaan anggaran pajak termasuk ke dalam masalah sosial laten. Penyalahgunaan anggaran negara menunjukkan adanya suatu masalah sosial yang seolah membuat masyarakat tidak mampu mencegah atau mengatasi permasalahan tersebut.
  • Contoh 5, yaitu kendaraan menerobos lampu merah & melawan arus merupakan  masalah sosial bersifat manifes karena dapat dirasakan dampaknya secara langsung oleh pengendara motor. Pelanggaran ini tidak hanya dilakukan individu, namun bisa saja dilakukan hampir seluruh pengendara bermotor. Apabila terjadi kecelakaan, pasti akan berdampak pada pelakunya dan pengendara lain di sekitarnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

286

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Korupsi, memberikan ujaran kebencian di sosial media, dalam masalah sosial dikatakan dalam masalah sosial dikategorikan sebagai masalah sosial yang bersifat ....

139

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia