Roboguru

Perhatikan contoh-contoh berikut!  Kelompok sosial Massa  Publik Kelompok statistik  Kelompok asosiasi Berdasarkan contoh tersebut, yang termasuk bentuk kelompok nyata adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan contoh-contoh berikut! 

  1. Kelompok sosial
  2. Massa 
  3. Publik
  4. Kelompok statistik 
  5. Kelompok asosiasi

Berdasarkan contoh tersebut, yang termasuk bentuk kelompok nyata adalah ....

  1. (1), (2), dan (3) 

  2. (1), (2), dan (4) 

  3. (1), (4), dan (5) 

  4. (2), (3), dan (4) 

  5. (3), (4), dan (5) 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah bentuk kelompok nyata.

Kelompok nyata merupakan kelompok sosial yang lebih terorganisir. Kelompok ini terdiri dari kelompok statistik, kelompok sosietal, kelompok sosial, dan kelompok asosiasi. 

  • Kelompok statistik : merupakan kelompok sosial yang anggotanya tidak benar-benar memiliki hubungan sosial. Artinya pada kelompok ini anggotanya tidak memiliki kesadaran sosial. Contohnya kelompok penduduk usia tertentu di kabupaten.
  • Kelompok sosietal : kelompok ini memiliki ciri terbentuk dengan sendirinya, kemungkinan terhimpun dalam suatu wadah tertentu, terjadi interaksi, kesadaran kelompok, serta kehadirannya bersifat konstan.
  • Kelompok sosial : merupakan kelompok yang terjadi karena adanya kesamaan.
  • Kelompok asosiasi : merupakan kelompok yang paling terorganisir, biasanya bersifat formal.

 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suatu partai politik dikenal orang, sehingga orang-orang mengenal ketuanya, lambangnya, dan sebagainya. Hal ini menujukkan bahwa ciri kelompok sosial adalah ….

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Tujuan dibentuknya kelompok sosial adalah untuk mewujudkan penerapan nilai-nilai sosial yang ada dan dibutuhkan dalam suatu struktur sosial pada suatu masyarakat. Adapun ciri-ciri dari kelompok sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Partisipasi Aktif dalam kelompok, hal ini dibutuhkan karena partisipasi dari anggota kelompok menunjukkan bahwa ada visi bersama yang diyakini tiap anggotanya. 
  2. Memiliki Struktur Organisasi, mulai dari ketua, sekretaris, hingga penanggung jawab masing-masing bidang. Pembagian kerja menjadi salah satu unsur penting dalam.
  3. Memiliki kegiatan yang dilakukan bersama-sama, hal ini merupakan penanda bahwa sebuah kelompok sosial mewujudkan tujuan maupun visinya bersama-sama.
  4. Ikatan yang Erat Antaranggota Kelompok Sosial, hal ini ditandai dengan adanya partisipasi aktif dan kegiatan yang dilakukan bersama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Berdasarkan paparan diatas maka, Suatu partai politik dikenal orang, sehingga orang-orang mengenal ketuanya, lambangnya, dan sebagainya. Hal ini menujukkan bahwa ciri kelompok sosial mempunyai struktur sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bspace space space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Kesadaran akan kondisi yang berbeda Adanya relasi sosial Berorientasi pada tujuan yang telah ditentukan Kumpulan orang atau sekelompok individu dapat d...

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul "Sosiologi Suatu Pengantar" menyampaikan bahwa terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu kumpulan masyarakat dapat disebut kelompok sosial, seperti:

  • Terdapat kesadaran antar setiap anggota kelompok bahwa ia merupakan bagian dari kelompok yang bersangkutan
     
  • Memiliki hubungan timbal balik antar satu anggota dan anggota lainnya
     
  • Adanya faktor yang dimiliki bersama yang akan membuat hubungan antar anggota menjadi semakin erat, yang dapat merupakan nasib, kepentingan, tujuan, ideologi politik yang sama. Serta mempunyai musuh bersama. Dalam hal ini, musuh dapat menjadi faktor pengikat serta pemersatu
     
  • Terstruktur, berkaidah serta memiliki pola perilaku
     
  • Tersistem dan berproses

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Gambar di atas dapat mengilustrasikan salah satu ciri dari kelompok sosial, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Struktur memungkinkan setiap anggota untuk mendapatkan peranan, fungsi, dan bahkan status yang jelas. Dengan memiliki struktur, maka setiap anggota kelompok mempunyai status sosial tertentu. Setiap status sosial tersebut (baik sederajat maupun tidak sederajat) memiliki keterkaitan yang sangat erat sehingga membentuk suatu struktur. Jika diperhatikan kembali, struktur terdiri dari tiga lapisan. Lapisan atas diisi oleh wali kelas, ketua kelas, sekretaris, dan bendahara. Lapisan tengah diisi oleh para seksi bidang, dan lapisan bawah diisi oleh para anggota kelas. Struktur itu tentunya akan menentukan pola perilaku setiap anggota kelompok ya. Ketika ketua kelas menginformasikan sesuatu, setiap anggota akan menyimak dengan baik. Setiap ada instruksi dari ketua kelas, bagian tertentu yang bertanggung jawab akan langsung mengerjakannya. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Salah satu organisasi sekolah, yaitu OSIS, setiap satu tahun sekali mengadakan pemilihan ketua OSIS dan juga perekrutan pengurus baru. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi dinamika dalam kelompok so...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah terkait dengan adanya dinamika dalam kelompok sosial. 

Pada dasarnya kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran sebagai anggota kelompok sosial dan juga saling berinteraksi dengan memiliki pola pola tertentu. Sebuah kelompok masyarakat dapat dikatakan sebagai kelompok sosial ketika memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 

1. Setiap anggota kelompok sadar bahwa ia tergabung dalam suatu kelompok.
2. Adanya hubungan timbal balik antar anggota kelompok.
3. Adanya faktor pengikat antar anggota.
4. Antar anggota memiliki struktur atau pola perilaku yang sama.
5. Bersistem dan berproses.

Dari ciri sebuah kelompok sosial tersebut menjadikan sebuah kelompok sosial akan selalu mengalami sebuah pergerakan-pergerakan yang biasanya disebut sebagai dinamika kelompok yaitu gerak sekumpulan orang yang saling berhubungan dan memiliki tujuan bersama yang dapat menimbulkan perubahan dalam masyarakat. Biasanya terjadi dalam kelompok-kelompok tertentu. Dan dalam dinamika kelompok ini memiliki fungsi sebagai berikut

Jika dikaitkan dengan kasus pada soal organisasi sekolah yaitu OSIS termasuk dalam kelompok sosial yang memiliki jenis kelompok formal yang memiliki struktur dan peran masing-masing anggota dengan jelas, setiap satu tahun sekali selalu mengadakan pemilihan ketua OSIS dan juga perekrutan pengurus baru. Hal tersebut menunjukkan adanya dinamika kelompok dalam hal struktur kelompok, dimana terjadi pergantian struktur kelompok akan memengaruhi perubahan kelompok. Karena dalam kelompok sosial akan menjadi kelompok yang lebih maju dan berkualitas, dapat di lihat dari keatifan dari setiap anggota dan kerja sama yang dilakukan, dan juga program-program yang diajukan oleh struktur kelompok yang akan mengurus dan bertanggung jawab akan kemajuan dalam kelompok sosial yang mereka pimpin. space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space space

0

Roboguru

Aspek yang dikaji dalam kelompok sosial yang berhubungan dengan pembagian tugas adalah aspek ....

Pembahasan Soal:

Dinamika kelompok sosial merupakan proses perubahan dan perkembangan akibat adanya interaksi baik antar anggota kelompok maupun antara anggota suatu kelompok dengan kelompok lain. Ruth Benedict mengungkapkan terdapat pokok persoalan aspek yang dipelajari dalam dinamika kelompok sosial, diantaranya :

  1. Kohesi atau persatuan, dalam persoalan kohesi akan terlihat tingkah laku para anggota dalam suatu kelompok, seperti proses pengelompokan, intensitas anggota, arah pilihan dan nilai-nilai dalam kelompok.
  2. Motif atau dorongan, berkisar pada perhatian anggota terhadap kehidupan kelompok, seperti kesatuan kelompok, tujuan bersama dan orientasi diri terhadap kelompok.
  3. Struktur, terlihat pada bentuk pengelompokan, bentuk hubungan, perbedaan kedudukan antaranggota, dan pembagian tugas.
  4. Pimpinan, hal ini sangat penting pada kehidupan kelompok sosial, hal ini terlihat pada bentuk-bentuk kepemimpinan, tugas pimpinan dan system kepemimpinan.
  5. Perkembangan, dapat dilihat dari perubahan dalam kelompok, perpecahan kelompok, keinginan anggota untuk tetap berada dalam kelompok dan sebagainya.

Berdasarkan paparan diatas, maka pembagian tugas dalam suatu keompok termasuk ke dalam aspek struktur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bspace 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved