Roboguru

Perhatikan ciri-ciri organel berikut!   Berperan dalam proses pembelahan sel Memengaruhi perlekatan spindel pada kromosom saat terjadinya pembelahan sel Menentukan formasi pada silia dan flagel tersusun seperti 9 set triplet mikrotubula terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan Pernyataan yang benar tentang organel sentriol adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri organel berikut! space space space 

  1. Berperan dalam proses pembelahan sel
  2. Memengaruhi perlekatan spindel pada kromosom saat terjadinya pembelahan sel
  3. Menentukan formasi pada silia dan flagel
  4. tersusun seperti 9 set triplet mikrotubula
  5. terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan

Pernyataan yang benar tentang organel sentriol adalah ….

  1. 1, 2, 3, dan 4

  2. 1, 2, dan 5

  3. 1, 3, dan 4

  4. 3 dan 4

  5. 1 dan 2

Pembahasan Soal:

Sentriol merupakan organel sel yang terdapat pada bagian tengah sel dan ditemukan pada sel hewan. Sentriol berasal dari 2 kata yaitu centri dan ole yang berarti bagian kecil yang terletak di tengah. Organel ini tersusun atas 9 set triplet microtubule yang membentuk struktur seperti cincin. Sentriol memiliki fungsi yaitu menentukan formasi pada silia dan flagel. Sedangkan yang berperan dalam proses pembelahan sel dan memengaruhi perlekatan spindel pada kromosom saat terjadinya pembelahan sel merupakan fungsi dari sentrosom. Sentrosom sendiri merupakan organel yang tersusub dari 2 buah sentriol. Dengan demikian jawabannya adalah D.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis sitoskeleton yang terdapat pada ekor sel sperma dan silia pada sel yang bersilia adalah ….

Pembahasan Soal:

Sitoskeleton atau kerangka sel merupakan struktur yang menunjang bentuk sel, membantu pergerakan sel, dan membentuk struktur pada sel seperti flagel dan silia. Sitoskeleton dibedakan menjadi 3, yaitu mikrofilamen yang berfungsi sebagai kontraksi sel, filamen intermediet yang berfungsi sebagai pemberi bentuk sel, dan mikrotubulus yang berfungsi sebagai pembentuk flagel dan silia. Oleh karena itu,  jenis sitoskeleton yang terdapat pada ekor sel sperma dan silia pada sel bersilia adalah mikrotubulus atau mikrotubula.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space  

0

Roboguru

Perhatikan bagian-bagian sel di bawah ini :  A. mitokondria B. membran plasma C. sitoplasma D. nukleus E. ribosom Yang termasuk dalam organel sel adalah ….

Pembahasan Soal:

Organel merupakan bagian sel yang memiliki struktur dan fungsi khusus yang tersuspensi di dalam sitoplasma. Organel sel terdiri dari nukleus, sitoskeleton, retikulum endoplasma, kompleks golgi, lisosom, badan mikro, mitokondria, plastida, sentriol, dan vakuola. Dengan demikian jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Organel sel yang termasuk ke dalam badan mikro dan mengandung enzim tertentu yang berfungsi untuk mengubah lemak menjadi sukrosa adalah ….

Pembahasan Soal:

Badan mikro pada tumbuhan disebut dengan glioksisom. Glioksisom adalah sejenis peroksisom yang ditemukan pada jaringan penyimpan lemak dari biji tumbuhan. Glioksisom berfungsi untuk menghasilkan enzim yang dapat mengubah asam lemak menjadi gula yang akan digunakan sebagai sumber energi pada saat biji sedang berkecambah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefinedundefined

0

Roboguru

Sekelompok siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan ekstrak hati yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi dan diberikan perlakuan berbeda-beda. Masing-masing tabung reaksi tersebut diaduk dengan di...

Pembahasan Soal:

Sel hati mengandung banyak peroksisom. Peroksisom adalah organel berupa kantung yang berisi enzim katalase. Enzim katalase berperan dalam mengubah hidrogen peroksida (begin mathsize 12px style H subscript 2 O subscript 2 end style) menjadi air dan oksigen. Keberadaan enzim katalase ini yang menyebabkan terbentuknya gelembung gas dan nyala pada bara api. Gelembung gas dan nyala bara api pada percobaan menunjukkan adanya oksigen. Peroksisom hanya ditemukan pada sel hewan, sementara pada sel tumbuhan terdapat glioksisom yang memiliki fungsi sama dengan peroksisom. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

2

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini! Berdasarkan gambar di atas yang menunjukkan glioksisom pada tumbuhan adalah….

Pembahasan Soal:

Glioksisom pada umumnya memiliki struktur seperti kantung yang bermembran dengan ukuran 0,2 sampai 0,5 mikrometer. Pada gambar tersebut yang merupakan glioksisom adalah nomor 4, yakni berbentuk seperti kantung. Bagian-bagian lainnya, yaitu nomor 1 adalah retikulum endoplasma, nomor 2 adalah inti sel, nomor 3 adalah kloroplas dan nomor 5 adalah mitokondria.  Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved