Roboguru

Perhatikan ciri-ciri gangguan sistem pencernaan berikut! Usus besar menyekresi air terlalu besar Pembuluh darah vena di anus mengalami pembengkakan Usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan Feses menjadi kering dan keras Pengeluaran feses menjadi sulit Berdasarkan ciri tersebut, gejala konstipasi ditunjukkan oleh angka?

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri gangguan sistem pencernaan berikut!

  1. Usus besar menyekresi air terlalu besar
  2. Pembuluh darah vena di anus mengalami pembengkakan
  3. Usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan
  4. Feses menjadi kering dan keras
  5. Pengeluaran feses menjadi sulit

Berdasarkan ciri tersebut, gejala konstipasi ditunjukkan oleh angka? space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konstipasi atau sembelit adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Jarak waktu buang air besar pada setiap orang berbeda-beda. Namun umumnya dalam satu minggu, manusia buang air besar setidaknya lebih dari 3 kali. Jika frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka seseorang disebut mengalami konstipasi. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit dikeluarkan dari anus.

Penyabab konstipasi bisa lebih dari satu faktor, dari pola makan dan hidup yang buruk, atau kondisi medis tertentu. Sementara pada anak-anak, selain beberapa penyebab yang telah disebutkan, kebiasaan menahan keinginan untuk buang air besar atau stres juga dapat membuat mereka mengalami sembelit.

Sembelit sendiri secara biologis terjadi akibat usus besar yang menyerap air secara besar-besaran sehingga tinja menjadi keras, kering, dan sulit untuk dikeluarkan.

Untuk mengatasi konstipasi, langkah penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, pemberian obat (laksatif atau pencahar), atau prosedur operasi. 

Dengan demikian, jawabannya adalah 3, 4, dan 5.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved