Roboguru

Perhatikan ciri-ciri berikut!  Kehidupan bersama yang intim Bersifat pribadi Ekslusif Keterkaitan yang dibawa sejak lahir  Ciri-ciri tersebut menurut Ferdinand Tonnies temasuk kelompok ....

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri berikut! 

  1. Kehidupan bersama yang intim
  2. Bersifat pribadi
  3. Ekslusif
  4. Keterkaitan yang dibawa sejak lahir 


Ciri-ciri tersebut menurut Ferdinand Tonnies temasuk kelompok .... 
 

  1. solidaritas mekanik 

  2. solidaritas organik 

  3. gesellschaft 

  4. gemeinschaft 

  5. primary group 

Pembahasan Soal:

Pada soal ini membahas konsep kelompok sosial menurut ahli sosiologi yaitu Ferdinand Tonnies.

Tonnies membagi kelompok sosial menjadi 2 bagian yaitu gemeinschaft dan gesellschaft. Adapun gemeinschaft merupakan kelompok sosial yang anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah dan kekal. Sedangkan gesellscahft merupakan kelompok sosial yang anggotanya terjalin bersifat sementara dan kurang saling mengenal secara personal. 

Ciri-ciri pada soal termasuk ke dalam ciri gemeinschaft. Menurut Tonnies kelompok paguyuban memiliki ciri antara lain intimate, private, dan exclusive. Intimate merupakan kelompok paguyuban memiliki hubungan antarkelompok yang intim. Private berarti hubungan terjalin bersifat pribadi, sedangkan exclusive merupakan hubungan yang terjalin hanya berlaku untuk seputar anggota kelompok, tidak untuk anggota di luar kelompok.

 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Pengurus OSIS mengadakan acara penggalangan dana sosial (2) Koperasi angkutan umum menambah armada untuk mengatasi macet (3) Perkumpulan guru Indonesia melakukan eva...

Pembahasan Soal:

Kelompok patembayan adalah kelompok sosial yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan atau tujuan yang ingin dicapai. Hubungan antarindividu dalam kelompok cenderung diatur oleh peran-peran struktural, seperti manager dengan karyawan, sehingga, hubungan antarindividu dalam kelompok tidak begitu dekat secara personal. Beberapa contoh kelompok patembayan ditunjukkan oleh pilihan 1, 2, dan 3. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Interaksi antaranggota bersifat formal (2) Mendasarkan ikatan pada keturunan (3) Terjadinya pembagian kerja yang jelas (4) Mempunyai hubungan yang sangat erat da...

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial patembayan atau gesselschaft adalah kelompok sosial yang bersifat formal dan biasanya masing-masing individu dalam kelompok terikat dalam hubungan profesional. Salah satu contoh kelompok patembayan adalah karyawan di sebuah perusahaan. Ikatan antarindividu dalam kelompok bersifat formal, misalnya diwakili oleh kontrak kerja yang mengikat. Kemudian, terdapat pembagian kerja yang jelas antarindividu. Biasanya hubungan pekerjaan pun bersifat hierarki, misalnya antara pemilik perusahaan, manager, dan karyawan biasa. Terakhir, masing-masing individu dalam kelompok patembayan akan bekerja sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh dirinya atau kelompok.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Badan Usaha Milik Negara(BUMN) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Keluarga besar Martoyo dan Suromenggolo RUkun Tetangga / Rukun Warga (RT/RW) Perkumpulan ...

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu paguyuban/gemeinschaft dan patembayan/gesselschaft.
Konsep Gemeinschaft dan Gesselchaft diperkenalkan oleh Ferdinand Tonnies.
Gemeinschaft atau paguyuban adalah kelompok sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian). Berdasarkan penjelasan ini maka ciri yang menggambarkan kelompok paguyuban ditunjukkan oleh opsi jawaban E.

 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut. 1) Hubungan antar anggota bersifat formal 2) Terdapat ikatan batin yang kuat antaranggota 3) Memiliki orientasi ekonomi dan tidak kekal 4) Hubungan antaranggota bers...

Pembahasan Soal:

Ferdinand Tonnies mengemukakan bahwa kelompok sosial di masyarakat terbagi menjadi kelompok paguyuban (gemeinschaft) dan kelompok patembayan (gesselschaft). Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang para anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal. Dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang memang telah dikodratkan sehingga pola hubungan sosial bersifat informal.

Sementara itu, patembayan adalah ikatan untuk jangka waktu yang pendek, bersifat formal, dan mekanis, sebagaimana dapat diumpamakan dengan sebuah mesin, misalnya ikatan antarpedagang serta organisasi buruh dalam suatu pabrik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, karakteristik paguyuban ditunjukkan oleh pernyataan nomor 2) dan 4). Sementara itu, karakteristik patembayan ditunjukkan oleh pernyataan nomor 1) dan 3).

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!  (1) Pengurus OSIS mengadakan acara penggalangan dana sosial  (2) Koperasi angkutan umum menambah armada untuk mengatasi macet (3) Perkumpulan guru Indonesia melakuka...

Pembahasan Soal:

Patembayan atau gesselschaft adalah ikatan sosial yang tercipta atas kesamaan kepentingan antaranggota, sifatnya sementara, dan biasanya hubungan anggotaya bersifat formal. Pada soal ini, contoh dari patembayan atau gesselschaft adalah pengurus OSIS mengadakan acara penggalangan dana sosial, koperasi angkutan umum menambah armada untuk mengatasi macet, dan perkumpulan guru Indonesia melakukan evaluasi pembelajaran di China.

Sedangkan, yang menjadi lawan kata dari patembayan adalah paguyuban atau gemeinschaft. Paguyuban adalah ikatan sosial yang anggota-anggotanya memiliki ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Ada 3 jenis paguyuban yaitu paguyuban berdasarkan darah (keluarga, kerabat), paguyuban berdasarkan tempat tinggal (tetangga, desa), dan paguyuban berdasarkan kesamaan pikiran (kelompok mahzab agama, kelompok pengajian). Contoh dari kelompok paguyuban atau gemeinschaft ditunjukkan oleh pernyataan nomor 4 dan 5.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved