Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Para tetangga memaklumi Riani yang sering pulang malam karena sibuk bekerja. Warga Dukuh Kapungan menjunjung tinggi nilai dan norma yang diwariskan leluhur. Bisma optimis usaha yang dirintisnya dapat menuai kesuksesan. Siska berupaya menyelesaikan pendidikan S2 untuk memperoleh pekerjaan sebagai dosen. Pak Ahmad bekerja keras dan menabung untuk menyekolahkan anak-anaknya. Pola pikir masyarakat yang berorientasi pada masa depan ditunjukkan oleh angka ....

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

  1. Para tetangga memaklumi Riani yang sering pulang malam karena sibuk bekerja.
  2. Warga Dukuh Kapungan menjunjung tinggi nilai dan norma yang diwariskan leluhur.
  3. Bisma optimis usaha yang dirintisnya dapat menuai kesuksesan.
  4. Siska berupaya menyelesaikan pendidikan S2 untuk memperoleh pekerjaan sebagai dosen.
  5. Pak Ahmad bekerja keras dan menabung untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Pola pikir masyarakat yang berorientasi pada masa depan ditunjukkan oleh angka ....

 

  1. 1, 2 dan 3

  2. 1, 2 dan 5

  3. 1, 3 dan 4

  4. 2, 3 dan 5

  5. 3, 4 dan 5

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah E. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait ciri-ciri manusia modern, salah satunya berorientasi pada masa depan. Modernisasi adalah proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Modernisasi bertujuan untuk memperbaiki dan mencapai suatu bentuk masyarakat yang lebih maju, berkembang, berkualitas, dan sejahtera. Alex Inkeles mengemukakan bahwa modernisasi akan menghasilkan manusia-manusia dengan ciri kepribadian modern. Adapun ciri kepribadian manusia modern menurut Alex Inkeles yakni sebagai berikut: Terbuka terhadap pengalaman baru. Ini berarti bahwa manusia modern selalu berkeinginan untuk mencari sesuatu yang baru. Manusia modern akan memiliki sikap untuk semakin independen terhadap berbagai bentuk otoritas tradisional, seperti orang tua, kepala suku (etnis), dan raja. Manusia modern percaya terhadap ilmu pengetahuan, termasuk percaya akan kemampuannya untuk menundukkan alam semesta. Manusia modern memiliki orientasi ke masa depan atau adanya rencana jangka panjang. Mereka selalu merencanakan segala sesuatu di masa depan dan mengetahui apa yang akan mereka capai bertahun-tahun mendatang. Manusia modern memiliki orientasi mobilitas dan ambisi hidup yang tinggi. Mereka berkehendak untuk meniti tangga jenjang pekerjaannya. Manusia modern aktif terlibat dalam percaturan politik. Mereka bergabung dengan berbagai organisasi kekeluargaan dan kemasyarakatan serta berpartisipasi aktif dalam urusan politik. Dengan demikian, pola pikir masyarakat yang berorientasi pada masa depan ditunjukkan oleh angka 3, 4 dan 5. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah E.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait ciri-ciri manusia modern, salah satunya berorientasi pada masa depan. Modernisasi adalah proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Modernisasi bertujuan untuk memperbaiki dan mencapai suatu bentuk masyarakat yang lebih maju, berkembang, berkualitas, dan sejahtera. Alex Inkeles mengemukakan bahwa modernisasi akan menghasilkan manusia-manusia dengan ciri kepribadian modern. Adapun ciri kepribadian manusia modern menurut Alex Inkeles yakni sebagai berikut:

  1. Terbuka terhadap pengalaman baru. Ini berarti bahwa manusia modern selalu berkeinginan untuk mencari sesuatu yang baru.
  2. Manusia modern akan memiliki sikap untuk semakin independen terhadap berbagai bentuk otoritas tradisional, seperti orang tua, kepala suku (etnis), dan raja.
  3. Manusia modern percaya terhadap ilmu pengetahuan, termasuk percaya akan kemampuannya untuk menundukkan alam semesta.
  4. Manusia modern memiliki orientasi ke masa depan atau adanya rencana jangka panjang. Mereka selalu merencanakan segala sesuatu di masa depan dan mengetahui apa yang akan mereka capai bertahun-tahun mendatang.
  5. Manusia modern memiliki orientasi mobilitas dan ambisi hidup yang tinggi. Mereka berkehendak untuk meniti tangga jenjang pekerjaannya.
  6. Manusia modern aktif terlibat dalam percaturan politik. Mereka bergabung dengan berbagai organisasi kekeluargaan dan kemasyarakatan serta berpartisipasi aktif dalam urusan politik.

Dengan demikian, pola pikir masyarakat yang berorientasi pada masa depan ditunjukkan oleh angka 3, 4 dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Dava kiki Lutviana

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan ciri-ciri masyarakat modern !

10

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia