Roboguru

Perhatikan beberapa isi perjanjian berikut!    1) Belanda dan kaum Padri tidak akan saling menyerang. 2) Belanda akan melarang praktik adu ayam secara bertahap. 3) Kaum Padri mengizinkan pasukan BeIanda membangun benteng pertahanan di saruosa. 4) Belanda dan kaum Padri akan melindungi  para pedagang dan orang-orang yang sedang melakukan perjalanan. 5) Kaum Padri mengakui kekuasaan Belanda di Minangkabau, Sumatra Barat   lsi Perjanjian Padang ditunjukan oleh angka . . . .

Pertanyaan

Perhatikan beberapa isi perjanjian berikut! 
 

1) Belanda dan kaum Padri tidak akan saling menyerang.

2) Belanda akan melarang praktik adu ayam secara bertahap.

3) Kaum Padri mengizinkan pasukan BeIanda membangun benteng pertahanan di saruosa.

4) Belanda dan kaum Padri akan melindungi  para pedagang dan orang-orang yang sedang melakukan perjalanan.

5) Kaum Padri mengakui kekuasaan Belanda di Minangkabau, Sumatra Barat
 

lsi Perjanjian Padang ditunjukan oleh angka . . . .undefined

  1. 1), 2), dan 3)undefined 

  2. 1), 2), dan 4)undefined 

  3. 2), 3), dan 4)undefined 

  4. 2), 4 ), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada perang Padri fase kedua (1825-1830) Sulaiman Aljufri menemui Tuanku Imam Bonjol agar bersedia berdamai dengan Belanda. Namun Tuanku Imam Bonjol menolak. Kemudian Sulaiman Aljufri menemui Tuanku Lintau, ternyata ia mau merespon ajakan berdamai itu. Tuanku Nan Renceh turut memberikan dukungan atasa ajakan perdamaian itu. Maka pada tanggal 15 November 1825 ditandatangani Perjanjian Padang. Perjanjian tersebut berisi, sebagai berikut: 

  1. Belanda mengakui kekuasaan pemimpin Padri di Batusangkar, Saruaso, Padang Guguk Sigandang, Agam, Bukittinggi dan menjamin pelaksanaan sistem agama di daerah.
  2. Kedua belah pihak tidak akan saling menyerang.
  3. Kedua pihak akan melindungi para pedangang dan orang-orang yang sedang melakukan perjalanan.
  4. Secara bertahap Belanda akan melarang praktik adu ayam. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah pilihan "B". 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada 1596 rombongan ekspedisi Cornelis de Houtman tiba di Banten. Akan tetapi, rombongan ini mendapat penolakan dari masyarakat setempat karena ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1595 Belanda mulai melakukan ekspedisi penjelajahan ke Samudera Timur, pemimpin dari rombongan ini bernama Cornelis de Houtman. Pada tahun 1596 rombongan penjelajah Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman sampai di Banten, tetapi masyarakat Banten tidak menerima kedatangan rombongan ini disebabkan sikap arogan dari Cornelis de Houtman dan tidak menghormati penduduk setempat. Hal tersebut juga diakibatkan dari Portugis yang mempengaruhi penduduk setempat untuk mengusir rombongan Cornelis de Houtman. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C. undefined

1

Roboguru

Alasan utama VOC ingin menguasai Somba Opu yang terletak di daerah Makassar adalah karena…

Pembahasan Soal:

Makassar dengan pelabuhan Somba Opu memiliki posisi yang strategis dalam jalur perdagangan internasional. Pelabuhan Somba Opu telah menjadi bandar perdagangan tempat persingahan kapal-kapal dagang dari timur ke barat atau sebaliknya. Dengan melihat peran dan posisi Makassar atau Kerajaan Gowa yang strategis, VOC berusaha keras untuk dapat mengendalikan Gowa. VOC ingin menguasai pelabuhan Somba Opu serta menerapakan monopoli perdagangan. Untuk itu VOC harus menundukan Kerajaan Gowa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan gambar ini! Gambar di atas merupakan salah satu jenis rempah-rempah, yaitu ...

Pembahasan Soal:

Rempah-rempah menjadi awal mula datangnya bangsa-bangsa Eropa ke Nusantara. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara. Bahkan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi atau mahal pada waktu itu. Rempah-rempah juga memiliki manfaat untuk pengobatan dan kesehatan. Gambar tersebut adalah salah satu rempah-rempah yang ada di wilayah Nusantara. yaitu kemiri. Buah kemiri berwarna hijau sampai kecoklatan, berbentuk oval sampai bulat dengan panjang 5–6 cm dan lebar 5–7 cm. Satu buah kemiri umumnya berisi 2–3 biji, warni biji kemiri adalah putih.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Belanda menerapkan strategi ini untuk menghentikan perlawanan rakyat Minahasa pada abad XIX. Dalam perkembangannya, strategi yang diterapkan Belanda justru menjadi senjata makan tuan, Strategi yang di...

Pembahasan Soal:

Dalam menyerang orang Minahasa di Tonando Minawanua, Belanda menerapkan strategi membendung Sungai Temberan. Satu pasukan dipersiapkan menyerang dari Danau Tonando, sedangkan pasukan lain menyerang Minawanua dari darat. Pada tanggal 23 Oktober 1808 pertempuran mulai berkobar. Serangan tersebut menyerang dan menerobos pertahanan orang-orang Minahasa di Minawanua. Sedangkan orang Minahasa melakukan penyerang dari dalam rumah. Serangan tersebut terus dilakukan sehingga membuat kampung tersebut terlihat seperti tidak ada lagi kehidupan.
Pasukan Belanda merasa berhasil dan mengendorkan penyerangan, namun tiba-tiba dari perkampungan orang-orang Tonando muncul dan menyerang dengan hebatnya sehingga korban berjatuhan dari pihak Belanda. Pasukan Belanda terpaksa ditarik mundur. Seiring dengan itu Sungai Temberan yang dibendung mulai meluap sehingga mempersulit serangan pasukan Belanda. Bahkan terdengar kapal Belanda yang paling besar tenggelam di danau.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah pilihan E. 

1

Roboguru

Dalam Perang Tondano, ukung Lonto sebagai salah satu pemimpin adat di Minahasa menegaskan rakyat Minahasa harus melawan pemerintah kolonial Belanda. Perlawanan tersebut ditegaskan ukung Lonto sebagai ...

Pembahasan Soal:

Dalam Perang Tondano 1809 Deandles memiliki program di tanah Minahasa yaitu menargetkan 2.000 pasukan Minahasa akan dikirim ke Jawa dan merekrut pemuda-pemuda Minahasa sebagai pasukan Kolonial. Namun para ukung (pemimpin wilayah distrik) mulai meninggalkan rumah untuk mengadakan perlawanan terhadap kolonial Belanda, meraka memusatkan aktivitas perjuangannya di Tondano, Minawanua.

Salah seorang pemimpin perlawanan itu adalah Ukung Lonto, ia menegaskan rakyat Minahasa harus melawan Kolonial Belanda. Sebagai bentuk perlawanan yaitu dengan menolak program pengiriman 2.000 pemuda Minahasa ke Jawa, serta menolak kebijakan kolonial yang memaksa agar rakyat menyerahkan beras secara cuma-cuma kepada Belanda.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah pilihan "B". 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved