Pertanyaan

Perhatikan bagan proses oogenesis di bawah ini! Pengurangan jumlah set kromosom terjadi pada bagian yang ditunjukkan oleh nomor ….

Perhatikan bagan proses oogenesis di bawah ini!

Pengurangan jumlah set kromosom terjadi pada bagian yang ditunjukkan oleh nomor ….

  1. X saja

  2. Y saja

  3. Z saja

  4. Y dan Z

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Perubahan jumlah kromosom terjadi selama proses pembelahan sel secara meiosis. Gambar pada soal merupakan proses pembelahan secara meiosis dengan proses berikut. Pada bagian X, oogonium atau oosit germinal mengalami mitosis menjadi oosit primer. Oogonium yang bersifat diploid (2n) setelah mengalami mitosis akan menjadi oosit primer yang bersifat diploid (2n) juga.Hal ini menunjukkan jumlah set kromosom yang sama, yaitu terdiri dari 2 set kromosom atau diploid. Selanjutnya, oosit primer diploid akan mengalami meiosis 1 ( bagian Y ) menjadi oosit sekunder dan badan polar I yang bersifat haploid (1n). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengurangan jumlah set kromosom, yaitu oosit primer yang bersifat diploid (2n) menjadi oosit sekunder dan badan polar I yang bersifat haploid (1n). Oosit sekunder yang bersifat haploid ini akan mengalami meiosis 2 (bagian Z) menjadi ovum dan dan badan polar II yang bersifat haploid juga. Hal ini menunjukkan jumlah set kromosom masih sama. Jadi, pengurangan jumlah set kromosom hanya terjadi saat meiosis I yaitu pada bagian Y. Dengan demikian , pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Perubahan jumlah kromosom terjadi selama proses pembelahan sel secara meiosis. Gambar pada soal merupakan proses pembelahan secara meiosis dengan proses berikut. Pada bagian X, oogonium atau oosit germinal mengalami mitosis menjadi oosit primer. Oogonium yang bersifat diploid (2n) setelah mengalami mitosis akan menjadi oosit primer yang bersifat diploid (2n) juga. Hal ini menunjukkan jumlah set kromosom yang sama, yaitu terdiri dari 2 set kromosom atau diploid. Selanjutnya, oosit primer diploid akan mengalami meiosis 1 (bagian Y) menjadi oosit sekunder dan badan polar I yang bersifat haploid (1n). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi pengurangan jumlah set kromosom, yaitu oosit primer yang bersifat diploid (2n) menjadi oosit sekunder dan badan polar I yang bersifat haploid (1n). Oosit sekunder yang bersifat haploid ini akan mengalami meiosis 2 (bagian Z) menjadi ovum dan dan badan polar II yang bersifat haploid juga. Hal ini menunjukkan jumlah set kromosom masih sama. Jadi, pengurangan jumlah set kromosom hanya terjadi saat meiosis I yaitu pada bagian Y.

Dengan demikian , pilihan jawaban yang tepat adalah B.

683

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang tepat terkait proses oogenesis adalah ...

362

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia