Roboguru

Perhatikan bagan berikut! Mobilitas sosial yang terjadi berdasarkan bagan adalah mobilitas ....

Perhatikan bagan berikut!

Mobilitas sosial yang terjadi berdasarkan bagan adalah mobilitas ....undefined

  1. ....undefined

  2. ....undefined

Jawaban:

Mobilitas sosial adalah perpindahan status sosial yang dimiliki seseorang atau kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Hasil perpindahan status sosialnya bisa menjadi lebih tinggi, lebih rendah, bahkan tetap sederajat. Adapun bentuk-bentuk mobilitas sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan status sosial yang dialami seseorang atau kelompok tidak akan mengubah derajat sosialnya atau akan tetap sejajar seperti sebelumnya.
  2. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan perpindahan seorang atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat, bisa naik atau bahkan berpindah kedudukan sosial menjadi turunmobilitas vertikal dibagi menjadi dua,social climbing (naik), social skining (turun)
  3. Mobilitas antargenerasi, merupakan perpindahan status sosial yang melibatkan lebih dari satu generasi.​​​​​​. Semisal generasi ayah-ibu, generasi anak, dan lainnya. Mobilitas ini ditandai dengan adanya perkembangan taraf hidup dalam kehidupan. Entah itu meningkat maupun menurun. Penekanan dari mobilitas ini bukan kepada perkembangan keturunannya tersebut namun perpindahan status sosial yang terjadi dari generasi ke generasi lainnya.
  4. Mobilitas Intragerasi, Jenis mobilitas ini merupakan peralihan dari status sosial yang terjadi di dalam sebuah generasi yang sama. Dapat dikatakan pula contoh perubahan sosial budaya jika mobilitas intragenerasi merupakan mobilitas yang terjadi di sebuah kelompok dengan generasi yang sama.
  5. Gerak Sosial Geografis, merupakan perpindahan individu maupun kelompok serta satu daerah menuju daerah lainnya, semisal migrasi, urbanisasi, ataupun transmigrasi.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka bagan pada soal merupakan bentuk mobilitas sosial antargenerasi. Hal ini dikarenakan, dalam bagan tersebut dijelaskan perpindahan status dari generasi kakek-nenek, ayah-ibu, dan generasi anak. dalam bagan juga dijelaskan bahwa terjadi penurunan status antargenerasi tersebut. sehingga jawaban yang tepat adalah mobilitas antargenasi vertikal menurun.space space space space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved