Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan bagan berikut! Dari bagan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi mobilitas sosial ....

Perhatikan bagan berikut!

Dari bagan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi mobilitas sosial ....

 

  1. antargenerasi naik

  2. intragenerasi naik

  3. antargenerasi turun

  4. intragenerasi turun

  5. antargenerasi horizontal

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bentuk-bentuk mobilitas sosial, yaitu: Mobilitas sosial horizontal . Mobilitas sosial horizontal adalah peralihan dari individu atau kelompok dalam suatu lapisan sosial menuju lapisan sosial lainnya yang sederajat. Tidak ada perubahan yang terjadi di dalam derajat kedudukan seseorang di dalam mobilitas sosialnya. Mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu maupun objek sosial lainnya serta kedudukan sosial menuju kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat. Mobilitas antargenerasi. Secara umum, mobilitas antargenerasi dapat diartikan sebagai mobilitas 2 generasi maupun lebih. Semisal generasi ayah-ibu, generasi anak, dan lainnya. Mobilitas ini ditandai dengan adanya perkembangan taraf hidup dalam kehidupan. Entah itu meningkat (antargenerasi naik) maupun menurun (antargenerasi turun) . Penekanan dari mobilitas ini bukan kepada perkembangan keturunannya tersebut namun perpindahan status sosial yang terjadi dari generasi ke generasi lainnya. Mobilitas intragerasi. Jenis mobilitas ini merupakan peralihan dari status sosial yang terjadi di dalam sebuah generasi yang sama. Berdasarkan soal pada gambar, dapat terlihat bahwa bentuk mobilitas sosial tersebut adalah mobilitas sosial antargenerasi anak. Hal tersebut terjadi karena mobilitas sosial pada gambar melewati 2 generasi atau lebih yang mengalami kenaikan status sosial (kedudukan sosial) penjual sayur – pengusaha – konglomerat.

Bentuk-bentuk mobilitas sosial, yaitu:

  1. Mobilitas sosial horizontal. Mobilitas sosial horizontal adalah peralihan dari individu atau kelompok dalam suatu lapisan sosial menuju lapisan sosial lainnya yang sederajat. Tidak ada perubahan yang terjadi di dalam derajat kedudukan seseorang di dalam mobilitas sosialnya.
  2. Mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu maupun objek sosial lainnya serta kedudukan sosial menuju kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
  3. Mobilitas antargenerasi. Secara umum, mobilitas antargenerasi dapat diartikan sebagai mobilitas 2 generasi maupun lebih. Semisal generasi ayah-ibu, generasi anak, dan lainnya. Mobilitas ini ditandai dengan adanya perkembangan taraf hidup dalam kehidupan. Entah itu meningkat (antargenerasi naik) maupun menurun (antargenerasi turun). Penekanan dari mobilitas ini bukan kepada perkembangan keturunannya tersebut namun perpindahan status sosial yang terjadi dari generasi ke generasi lainnya.
  4. Mobilitas intragerasi. Jenis mobilitas ini merupakan peralihan dari status sosial yang terjadi di dalam sebuah generasi yang sama.

Berdasarkan soal pada gambar, dapat terlihat bahwa bentuk mobilitas sosial tersebut adalah mobilitas sosial antargenerasi anak. Hal tersebut terjadi karena mobilitas sosial pada gambar melewati 2 generasi atau lebih yang mengalami kenaikan status sosial (kedudukan sosial) penjual sayur – pengusaha – konglomerat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

160

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan 3 contoh perubahan standar hidup?

11

2.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia