Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut! (1) Konsumsi soda tidak hanya dikaitkan dengan risiko kegemukan akibat kandungan gulanya yang tinggi, tetapi juga dengan masalah kurang tidur pada orang dewasa. (2) Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mengamati data survei yang melibatkan 19 ribu orang dewasa dengan 13 persen di antaranya hanya tidur 5 jam atau bahkan kurang dalam semalam. (3) Hasil analisa menunjukkan bahwa partisipan yang mengalami kurang tidur mengonsumsi minuman bersoda sebanyak 21 persen lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang tidurnya 7–8 jam. (4) Hasil tersebut juga mengungkapkan bahwa jenis minuman bersoda yang dikonsumsi para partisipan adalah minuman yang mengandung kafein, seperti halnya pada kopi. (5) Kafein minuman bersoda mengikat senyawa tertentu di otak sehingga sensor rasa kantuknya terganggu. (6) Namun, kurang tidur tampaknya mendorong seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak soda daripada gula yang berpengaruh negatif terhadap kemampuan tidur. (7) Pertisipan yang kurang tidur tercatat lebih banyak yang merokok, kurang gerak, dan berpendidikan rendah. Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat pada kalimat .... (SBMPTN 2017)

Perhatikan bacaan berikut!
 

    (1) Konsumsi soda tidak hanya dikaitkan dengan risiko kegemukan akibat kandungan gulanya yang tinggi, tetapi juga dengan masalah kurang tidur pada orang dewasa. (2) Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mengamati data survei yang melibatkan 19 ribu orang dewasa dengan 13 persen di antaranya hanya tidur 5 jam atau bahkan kurang dalam semalam. (3) Hasil analisa menunjukkan bahwa partisipan yang mengalami kurang tidur mengonsumsi minuman bersoda sebanyak 21 persen lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang tidurnya 7–8 jam. (4) Hasil tersebut juga mengungkapkan bahwa jenis minuman bersoda yang dikonsumsi para partisipan adalah minuman yang mengandung kafein, seperti halnya pada kopi.

    (5) Kafein minuman bersoda mengikat senyawa tertentu di otak sehingga sensor rasa kantuknya terganggu. (6) Namun, kurang tidur tampaknya mendorong seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak soda daripada gula yang berpengaruh negatif terhadap kemampuan tidur. (7) Pertisipan yang kurang tidur tercatat lebih banyak yang merokok, kurang gerak, dan berpendidikan rendah. 

 
Penggunaan konjungsi yang TIDAK tepat terdapat pada kalimat ....

(SBMPTN 2017)space 

  1. (1)space undefined

  2. (2)space 

  3. (4)space 

  4. (6)space 

  5. (7)space 

Iklan

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada pilihan jawaban D.space 

Iklan

Pembahasan

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat (6) yang berbunyi Namun, kurang tidur tampaknya mendorong seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak soda daripada gula yang berpengaruh negatif terhadap kemampuan tidur . Konjungsi daripada dalam kalimat (6) tersebut tidak tepat karena konjungsi tersebut menyatakan perbandingan . Konjungsi daripada tidak sesuai dengan maksud kalimat.Dalam kalimat (1), disebutkan bahwa Konsumsi soda tidak hanya dikaitkan dengan risiko kegemukan akibat kandungan gulanya yang tinggi, tetapi juga dengan masalah kurang tidur pada orang dewasa. Berdasarkan kalimat tersebut, diketahui bahwa soda mengandung gula. Jadi, konjungsi daripada yang terletak di antara kata soda dan gula tidaklah tepat. Konjungsi yang tepat untuk menggantikan daripada adalah dan . Dengan demikian, penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat (6) yang berbunyi Namun, kurang tidur tampaknya mendorong seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak soda daripada gula yang berpengaruh negatif terhadap kemampuan tidur. Konjungsi daripada dalam kalimat (6) tersebut tidak tepat karena konjungsi tersebut menyatakan perbandingan.

Konjungsi daripada tidak sesuai dengan maksud kalimat. Dalam kalimat (1), disebutkan bahwa Konsumsi soda tidak hanya dikaitkan dengan risiko kegemukan akibat kandungan gulanya yang tinggi, tetapi juga dengan masalah kurang tidur pada orang dewasa. Berdasarkan kalimat tersebut, diketahui bahwa soda mengandung gula. Jadi, konjungsi daripada yang terletak di antara kata soda dan gula tidaklah tepat. Konjungsi yang tepat untuk menggantikan daripada adalah dan.

Dengan demikian, penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada pilihan jawaban D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut! (1) Rumah pintar (smart home ) merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk mendefinisikan sebuah tempat tinggal yang menggunakan sebuah pengendali jarak jauh ( remote...

29

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia