Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut! 1) Keluarga kerang-kerangan merupakan salah satu divisi dengan jumlah spesies 100.000 lebih. 2) Kerang-kerangan termasuk filum Moluska . 3)Terdapat tiga kelas utama yang hidup di habitat karang yaitu Gastropoda, Bivalbe , dan Cephalopoda . 4) Banyak Moluska yang telah kehilangan cangkangnya, seperti Nudibranch , siput, dan beberapa Cephalopoda . 5) Ciri lain hewan kerang adalah adanya gigi yang berfungsi untuk menangkap dan memakan mangsanya. (Disadur dari Guntur, A.B. Sambah, dan A.A. Jaziri, Rehabilitasi Terumbu Karang , Malang, UB Press. 2018) Deskripsi keluarga kerang-kerangan terdapat pada kalimat.…

Perhatikan bacaan berikut! 


1) Keluarga kerang-kerangan merupakan salah satu divisi dengan jumlah spesies 100.000 lebih. 2) Kerang-kerangan termasuk filum Moluska. 3)Terdapat tiga kelas utama yang hidup di habitat karang yaitu Gastropoda, Bivalbe, dan Cephalopoda. 4) Banyak Moluska yang telah kehilangan cangkangnya, seperti Nudibranch, siput, dan beberapa Cephalopoda. 5) Ciri lain hewan kerang adalah adanya gigi yang berfungsi untuk menangkap dan memakan mangsanya.

(Disadur dari Guntur, A.B. Sambah, dan A.A. Jaziri, Rehabilitasi Terumbu Karang, Malang, UB Press. 2018)


Deskripsi keluarga kerang-kerangan terdapat pada kalimat.… 

  1. 1undefined 

  2. 2undefined 

  3. 3undefined 

  4. 4undefined 

  5. 5undefined 

M. Rani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Salah satu ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Kalimat definisi biasanya menggunakan kata adalah, merupakan, yaitu , dan yakni .Kalimat deskripsi berupa penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Kalimat yang menunjukkan keluarga kerang-kerangan adalah kalimat nomor dua(2). Kalimat tersebut menjelaskan bahwa kerangan-kerangan termasuk filum (keluarga) Moluska . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Salah satu ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Kalimat definisi biasanya menggunakan kata adalah, merupakan, yaitu, dan yakni. Kalimat deskripsi berupa penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Kalimat yang menunjukkan keluarga kerang-kerangan adalah kalimat nomor dua (2). Kalimat tersebut menjelaskan bahwa kerangan-kerangan termasuk filum (keluarga) Moluska.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

2rb+

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks laporan hasil observasi berikut ini! Wisata Hutan Mangrove Ujung Alang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilaca...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia