Roboguru

Perhatikan bacaan berikut!  1) Keluarga kerang-kerangan merupakan salah satu divisi dengan jumlah spesies 100.000 lebih. 2) Kerang-kerangan termasuk filum Moluska. 3)Terdapat tiga kelas utama yang hidup di habitat karang yaitu Gastropoda, Bivalbe, dan Cephalopoda. 4) Banyak Moluska yang telah kehilangan cangkangnya, seperti Nudibranch, siput, dan beberapa Cephalopoda. 5) Ciri lain hewan kerang adalah adanya gigi yang berfungsi untuk menangkap dan memakan mangsanya. (Disadur dari Guntur, A.B. Sambah, dan A.A. Jaziri, Rehabilitasi Terumbu Karang, Malang, UB Press. 2018) Deskripsi keluarga kerang-kerangan terdapat pada kalimat.…

Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut! 


1) Keluarga kerang-kerangan merupakan salah satu divisi dengan jumlah spesies 100.000 lebih. 2) Kerang-kerangan termasuk filum Moluska. 3)Terdapat tiga kelas utama yang hidup di habitat karang yaitu Gastropoda, Bivalbe, dan Cephalopoda. 4) Banyak Moluska yang telah kehilangan cangkangnya, seperti Nudibranch, siput, dan beberapa Cephalopoda. 5) Ciri lain hewan kerang adalah adanya gigi yang berfungsi untuk menangkap dan memakan mangsanya.

(Disadur dari Guntur, A.B. Sambah, dan A.A. Jaziri, Rehabilitasi Terumbu Karang, Malang, UB Press. 2018)


Deskripsi keluarga kerang-kerangan terdapat pada kalimat.…undefined 

  1. 1undefined 

  2. 2undefined 

  3. 3undefined 

  4. 4undefined 

  5. 5undefined 

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi. Kalimat definisi biasanya menggunakan kata adalah, merupakan, yaitu, dan yakni. Kalimat deskripsi berupa penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Kalimat yang menunjukkan keluarga kerang-kerangan adalah kalimat nomor dua (2). Kalimat tersebut menjelaskan bahwa kerangan-kerangan termasuk filum (keluarga) Moluska.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Pulungan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Deskripsi temu kunci terdapat pada kalimat berangka ....

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi biasanya berisi tentang fakta-fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi artinya pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Deskripsi temu kunci terdapat pada kalimat berangka 5), yaitu:

Rimpang temu kunci yang berbentuk bulat kecil sering diolah ke dalam masakan untuk menambah cita rasa makanan.

Kalimat tersebut mengandung deskripsi atau penggambaran mengenai bentuk rimpang temu kunci yang diolah ke dalam masakan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

2

Roboguru

Bacalah teks berikut!     Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri atas sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalsium karbonat, semacam batu kapur. Binatang karang terlih...

Pembahasan Soal:

Salah satu ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi adalah menggunakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi. kalimat definisi biasanya menggunakan kata adalah, merupakan, yaitu, dan yakni. Kalimat deskripsi berupa penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Pilihan jawaban A, C, D, dan E termasuk kalimat definisi karena menggunakan kata adalah dan merupakan. Pilihan jawaban B benar karena berupa mendeskripsikan karang keras yang membentuk struktur terumbu dan memiliki tubuh keras seperti batu. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Berikut ini merupakan kalimat dalam teks observasi adalah...

Pembahasan Soal:

Teks laporan observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Laporan hasil observasi dapat berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Berikut ciri-ciri teks laporan observasi:

  1. Teks bersifat objektif, yakni penulis tidak dibenarkan untuk memihak kepada orang atau pihak tertentu.
  2. Teks berdasarkan fakta, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan berdasarkan data yang sebenarnya dalam kehidupan nyata dan bukan hasil karangan, khayalan, imajinasi, atau angan-angan penulis.
  3. Teks bersifat khusus atau spesifik, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan secara jelas pada suatu hal atau permasalahan dan tidak membahas hal lain di luar hal atau masalah yang dibahas.
  4. Teks disajikan secara lengkap, yakni penulis harus menyajikan atau memberikan semua hasil peninjauan atau pengamatan yang dibutuhkan untuk keperluan pembaca tanpa terkecuali secara terperinci satu per satu.
  5. Teks disajikan secara menarik dan mudah dipahami oleh pembaca, yakni penulis harus menyesuaikan teks laporan observasi yang dibuatnya dengan kebutuhan pembacanya.

Berikut kaidah kebahasaan teks laporan observasi:

  1. Menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu. Definisi menggunakan adalah dan merupakan.
  2. Menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci). Pada bagian deskripsi, digunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi ...., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.

Berikut yang merupakan kalimat dalam teks observasi adalah:

Tanaman Bakung merupakan bagian dari genus lilium nama tanaman ini dalam bahasa Inggris adalah Lily ada sekitar 110 suku dalam keluarga Bakung (liliaceae) Bakung adalah tumbuhan tahunan dengan Tinggi 60-180 cm Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh.

Paragraf tersebut memenuhi kriteria ciri-ciri dan kaidah kebahasaan  teks observasi.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan kepada siswa SMA Indonesia Raya saat mereka mengikuti upacara bendera, semua siswa memakai sepatu hitam dan kaos kaki putih. Pakaian mereka putih-putih dan kemeja...

Pembahasan Soal:

Paragraf deskripsi atau deskriptif adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan untuk melukiskan, menggambarkan, dan memberikan perincian terhadap objek yang dibicarakan tersebut, sehingga seolah-olah pembaca ikut merasakan.

Kaliamat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah (B). Kalimat tersebut merupakan kalmat yang tepat untuk menutup paragraf tersebut karena penulis menjelaskan dalam kalimat-kalimat sebelumnya bahwa setelah mengadakan pengamatan di SMA Indonesia Raya, siswa-siswanya mengenakan pakaian rapi lengkap dengan atribut dasi dan topi abu-abu. Hal ini menandakan bahwa siswa SMA Indonesia Raya berpakaian sesuai ketentuan ketika mengikuti upacara bendera.Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah (B).   

0

Roboguru

Tentukan penggunaan kalimat definisi dan deskripsi dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

Pembahasan Soal:

Kalimat definisi adalah rangkaian kalimat yang memberikan penjelasan serta batasan dari arti suatu istilah. Kalimat deskripsi menggambarkan terhadap sesuatu dengan lebih spesifik dan diterima oleh panca indera.

Dengan demikian, penggunaan kalimat definisi dan deskripsi pada bagian di atas, yaitu:

  1. Kalimat definisi
    - Manggis dengan nama Latin Garcinia mangostana L. merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia
    - Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara.
    -  Manggis adalah buah asli Indonesia yang khas.
     
  2. Kalimat deskripsi
    - Tinggi pohon manggis rata-rata mencapai 6-25 m.
    - Manggis memiliki ciri daun rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek.
    - Pohonnya berbentuk tegak lurus dengan percabangan simetri membentuk kerucut.
    - Bunga manggis berdiameter 5,5 cm.
    - Daun kelopak dua pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging, berwarna hijau hingga kuning dengan pinggir kemerah-merahan.
    -  Buah manggis berbentuk bulat atau elips.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved