Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pergerakan Sarekat Islam diibaratkan sebagai kebakaran padang rumput kering bagi pemerintah kolonial. SEBAB Sarekat Islam adalah organisasi informal yang terbuka untuk semua kalangan masyarakat

Pergerakan Sarekat Islam diibaratkan sebagai kebakaran padang rumput kering bagi pemerintah kolonial.

SEBAB

Sarekat Islam adalah organisasi informal yang terbuka untuk semua kalangan masyarakat

  1. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat

  2. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN benar dan keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat

  3. Jika PERNYATAAN benar, ALASAN salah

  4. Jika PERNYATAAN salah, ALASAN benar

  5. Jika PERNYATAAN dan ALASAN, keduanya salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan benar karena Sarekat Islam adalah organisasi yang dibentuk pada tahun 1912 di Surabaya dibawah kepemimpinan H.O.S. Cokroaminoto. Tujuan organisasi ini adalah untuk menghidupkan jiwa dagang bangsa Indonesia, serta memperkuat ekonomi masyarakat pribumi agar mampu bersaing dengan bangsa asing. Jumlah keanggotaan Sarekat Islam semakin meningkat pesat di Surabaya dan Surakarta. Tumbuhnya gerakan ini oleh pemerintah kolonial diibaratkan sebagai kebakaran padang rumput yang dengan cepat menyambar padang ilalang disekitarnya. Alasan salah karena Sarekat Islam merupakan organisasi formal pada masa Pergerakan Nasional. Organisasi formal merupakan organisasi yang memiliki anggaran dasar yang jelas. Sistem keanggotaan organisasi Sarekat Islam memang lebih terbuka daripada Budi Utomo dimana semua kalangan masyarakat pribumi boleh menjadi anggota. Tetapi tetap terdapat batasan dimana anggotanya hanya terdiri dari masyarakat yang menganut agama Islam atau muslim.

Pernyataan benar karena Sarekat Islam adalah organisasi yang dibentuk pada tahun 1912 di Surabaya dibawah kepemimpinan H.O.S. Cokroaminoto. Tujuan organisasi ini adalah untuk menghidupkan jiwa dagang bangsa Indonesia, serta memperkuat ekonomi masyarakat pribumi agar mampu bersaing dengan bangsa asing. Jumlah keanggotaan Sarekat Islam semakin meningkat pesat di Surabaya dan Surakarta. Tumbuhnya gerakan ini oleh pemerintah kolonial diibaratkan sebagai kebakaran padang rumput yang dengan cepat menyambar padang ilalang disekitarnya.

Alasan salah karena Sarekat Islam merupakan organisasi formal pada masa Pergerakan Nasional. Organisasi formal merupakan organisasi yang memiliki anggaran dasar yang jelas. Sistem keanggotaan organisasi Sarekat Islam memang lebih terbuka daripada Budi Utomo dimana semua kalangan masyarakat pribumi boleh menjadi anggota. Tetapi tetap terdapat batasan dimana anggotanya hanya terdiri dari masyarakat yang menganut agama Islam atau muslim.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Negara-negara di kawasan selatan/developing, memiliki ciri seperti di bawah ini, kecuali ....

16

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia