Roboguru

Percobaan berikut digunakan untuk menguji kristal kalium bromida. Lampu tidak menyala. Kemudian ditambahkan air suling ke dalam gelas kimia dan lampu menjadi menyala. Berikut ini pernyataan yang benar berdasarkan fakta ini adalah ...

Pertanyaan

Percobaan berikut digunakan untuk menguji kristal kalium bromida.

Lampu tidak menyala. Kemudian ditambahkan air suling ke dalam gelas kimia dan lampu menjadi menyala. Berikut ini pernyataan yang benar berdasarkan fakta ini adalah ...space 

  1. Elektron-elektron bebas bergerak dalam larutan ketika kalium bromida larut.space 

  2. Ion-ion logam bebas bergerak ketika kalium bromida meleleh.space 

  3. Ion-ion logam bebas bergerak ketika kalium bereaksi dengan air.space 

  4. Ion-ion dengan muatan yang berlawanan bebas bergerak dalam larutan ketika kalium bromida larut.space 

  5. Atom-atom kalium dan atom bromin bebas bergerak.space 

Pembahasan Soal:

Perhatikan bahwa di dalam gelas kimia terdapat padatan kalium bromida. Kalium bromida merupakan senyawa ion yang terbentuk dari ion kalium dan ion bromida.

K to the power of plus sign and Br to the power of minus sign yields K Br 

Ketika diuji daya hantar listriknya, ternyata lampu tidak menyala. Hal ini karena tidak adanya medium untuk mengalirkan listrik tersebut.

Hasil yang berbeda ditunjukkan jika pada gelas kimia ditambahkan air suling. Ketika ditambahkan air, padatan kalium bromida akan terlarut dan mengionkan kation kalium dan anion bromida. Ion-ion tersebut akan bergerak ke elektrode yang berlawanan muatan. Adanya ion-ion tersebut membantu dalam menghantarkan listrik dan menyebabkan lampu menyala.


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa kristal senyawa ion dapat pecah jika dikenai tekanan (dipukul)?

Pembahasan Soal:

Kristal ion dapat pecah jika dipukul karena kristal senyawa ion bersifat keras dan rapuh, apabila senyawa ion dipukul maka akan menyebabkan pergeseran posisi ikatan ion positif dengan ion negatif yang berikatan dan tersusun selang-seling. Pergeseran ini menyebabkan pertemuan sesama ion positif dan sesama ion negatif, akibatnya muncul gaya tolak menolak sehingga struktur kristalnya pecah.space

Maka, kristal senyawa ion dapat pecah jika dikenai tekanan (dipukul) dikarenakan adanya pergeseran posisi ikatan ion positif dengan ion negatif yang berikatan dan tersusun selang-seling.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Bentuknya keras tetapi mudah rapuh Lelehannya dapat menghantarkan arus listrik Mempunyai titik didih yang tinggi Larutannya tidak dapat menghantarkan ar...

Pembahasan Soal:

Senyawa ion merupakan senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan ion, yaitu ikatan yang terjadi karena adanya serah terima elektron.

Beberapa sifat senyawa ion adalah sebagai berikut.

  • Bentuknya keras tetapi mudah rapuh, sehingga mudah hancur ketika dipukul
  • Lelehannya dapat menghantarkan arus listrik
  • Mempunyai titik didih yang tinggi
  • Larutannya dapat menghantarkan arus listrik

Dengan demikian, pernyataan yang benar pada soal adalah 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan sifat-sifat unsurberikut:   Unsur-unsur tersebut akan membentuk senyawa dengan jenis ikatan...

Pembahasan Soal:

Beberapa sifat senyawa ion antaraspacelain:

  1. Kristalnya keras tetapi rapuh
    Apabila senyawa ion dipukul, akan terjadi pergeseran posisi ion positif dan negatif, dari yang semula berselang-seling menjadi berhadapan langsung. Hal ini menyebabkan ion positif bertemu muka dengan ion positif dan terjadi gaya tolak-menolak. Inilah yang menyebabkan kristal senyawa ion bersifatspacerapuh.
  2. Mempunyai titik lebur dan titik didih yang tinggi
    Secara umum, senyawa ion mempunyai titik lebur dan titik didih yang tinggi karena kuatnya gaya elektrostatis yang ditimbulkan antara ion positif dan ionspacenegatif.
  3. Mudah larut di dalam air
    Pada saat kristal senyawa ion dimasukkan ke dalam air, maka molekul-molekul air akan menyusup di antara ion positif dan ion negatif sehingga gaya tarik-menarik elektrostatis dari ion positif dan ion negatif akan melemah, dan akhirnyaspaceterpecah.
  4. Dapat menghantarkan arus listrik
    Ion positif dan ion negatif apabila bergerak dapat membawa muatan listrik. Apabila senyawa ion terpecah menjadi ion positif dan ion negatif serta dapat bergerak secara leluasa, maka senyawa ion dalam keadaan cair dan larutan dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya dapat bergerak secara bebas. Akan tetapi, dalam keadaan padat, senyawa ion tidak dapat menghantarkan listrik karena ion-ionnya tidak dapat bergerak.

Selain berdasarkan sifat daya hantar listriknya, unsur X dengan keelektronegatifan rendah akan cenderung berikatan dengan unsur yang memliki keelektronegatifan tinggi secara ionik.

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceC.

0

Roboguru

Diketahui data suatu senyawa (i) berikatan ion (ii) rumus senyawa  (iii) Jika dilarutkan dalam air menghantarkan listrik. Dari data tersebut, X adalah unsur golongan

Pembahasan Soal:

Senyawa tersebut berikatan secara ion yang ditandai juga dengan jika dilarutkan dalam air akan menghantarkan listrik. Senyawa ionik terdiri dari kation dan anion. Pada senyawa ionik yang bertindak sebagai kation adalah unsur logam.

Rumus senyawa yang terbentuk adalah begin mathsize 14px style XY subscript 2 end style menandakan bahwa kemungkinan besar atom logam tersebut memiliki bilangan oksidasi +2 maka golongan atom logam yang memiliki biloks +2 adalah atom golongan IIA

Jadi, unsur X adalah golonngan IIA.space 

0

Roboguru

Contoh dari sifat senyawa ion adalah....

Pembahasan Soal:

Senyawa ionik terbentuk dari dua atau lebih atom yang memiliki sifat logam dan non logam. Senyawa ionik terbentuk melalui serah terima elektron dari atom logam dengan non logam. Dari pilihan jawaban di atas, jawaban yang tepat adalah garam dapur. Garam dapur memiliki rumus kimia NaCl. Pembentukan NaCl dapat dilihat dari persamaan kimia di bawah ini.

begin mathsize 14px style Na to the power of plus sign open parentheses italic g close parentheses and Cl to the power of minus sign open parentheses italic g close parentheses yields Na Cl open parentheses italic s close parentheses end style

Atom natrium merupakan unsur logam, sedangkan atom klroin merupakan unsur non logam.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved