Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kedua kutipan teks berikut!


Teks I

Massa dari gabungan petani Garut, Ciamik, dan Majalengka berkumpul di pelataran Masjid Istiqlal. Massa yang berjumlah 5.250 orang tersebut berjalan kaki menuju Bundaran Patung Kuda untuk melakukan doa bersama pada peringatan hari Tani Nasional 2019. Selama aksi berlangsung, aparat mengimbau warga menghindari ruas jalan sekitar Bundaran Patung Kuda agar tidak terjebak kemacetan.

Teks II

Di depan Istana Negara para petani menggelar acara doa bersama dilanjutkan karnaval pertanian. Kegiatan tersebut diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari Tani Nasional 2019. Mereka menyatakan sikap kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan petani. Mereka membawa berbagai poster dan membawa hasil pertanian yang beraneka macam.undefined 

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah...

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah... 

  1. Teks I: Diawali siapa, dimana, berapa, mengapa, apa

    Teks II: Diawali di mana, siapa, apa, mengapaundefined 

  2. Teks I: Diawali siapa, kapan, berapa, dimana, mengapa

    Teks II: Diawali kapan, siapa, mengapa, di mana, apaundefined 

  3. Teks I: Diawali kapan, siapa, berapa, di mana, mengapa

    Teks II: Diawali mengapa, di mana, berapa, siapa, kapanundefined 

  4. Teks I: Diawali di mana, apa, berapa, kapan, mengapa

    Teks II: Diawali siapa, mengapa, di mana, kapan, apaundefined 

  5. Teks I: Diawali mengapa, apa, berapa, di mana, siapa

    Teks II: Diawali di mana, berapa, siapa, mengapa, kapanundefined 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.

jawaban yang tepat ialah pilihan A.space

Iklan

Pembahasan

Teks di atas termasuk salah satu contoh jenis teks artikel. Teks artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dlsb.) bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Pola penyajian adalah pengungkapan kembali satu tuturan bahasa ke bentuk bahasa lain tanpa mengubah pengertian. Salah satu cara pola penyajian yang digunakan dalam teks artikel untuk mendapatkan sebuah informasi adalah dengan menggunakan pola ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) . Berikut ini adalah analisis pola penyajian yang digunakan pada kutipan Teks I di atas, yaitu: Pola penyajian di awali dengan pertanyaan " Siapa yang berkumpul di pelataran Masjid Istiqlal: Massa dari gabungan petani Garut, Ciamik, dan Majalengka." Pola penyajian kedua diikuti dengan pertanyaan " Di mana massa dari gabungan petani Garut, Ciamik, dan Majalengka berkumpul: Di pelataran Masjid Istiqlal ." Pola penyajian ketiga diikuti dengan pertanyaan " Berapa jumlah massa yang berjalan kaki menuju Bundaran Patung Kuda untuk melakukan doa bersama pada peringatan hari Tani Nasional 2019: Massa yang berjumlah 5.250 orang. " Pola penyajian keempat diikuti dengan pertanyaan " Mengapa aparat mengimbau warganya untuk menghindariruas jalan sekitar Bundaran Patung Kuda selama aksi berlangsung: Agar tidak terjebak kemacetan." Pola penyajian kelima diikuti dengan pertanyaan " Untuk apa massa yang berjumlah 5.250 orang tersebut berjalan kaki menuju Bundaran Patung Kuda: Untuk melakukan doa bersama pada peringatan hari Tani Nasional 2019." Berikut ini adalah analisis pola penyajian yang digunakan pada kutipan Teks II di atas, yaitu: Pola penyajian di awali dengan pertanyaan " Di mana para petani menggelar acara doa bersama: Di depan Istana Negara." Pola penyajian kedua diikuti dengan pertanyaan " Siapa yang menggelar acara doa bersama dilanjutkan karnaval pertanian di depan Istana Negara: Para petani." Pola penyajian ketiga diikuti dengan pertanyaan " Apa yang mereka bawa pada saat kegiatan tersebut: Mereka membawa berbagai poster dan hasil pertanian yang beraneka macam." Pola penyajian keempat diikuti dengan pertanyaan " Mengapa mereka menyatakan sikap kepada pemerintah melalui kegiatan karnaval pertanian tersebut: Untuk lebih memperhatikan petani." Berdasarkan analisis di atas, perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah: Teks I: Diawali siapa, dimana, berapa, mengapa, apa Teks II: Diawali di mana, siapa, apa, mengapa Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan A.

Teks di atas termasuk salah satu contoh jenis teks artikel. Teks artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dlsb.) bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Pola penyajian adalah pengungkapan kembali satu tuturan bahasa ke bentuk bahasa lain tanpa mengubah pengertian. Salah satu cara pola penyajian yang digunakan dalam teks artikel untuk mendapatkan sebuah informasi adalah dengan menggunakan pola ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana).

Berikut ini adalah analisis pola penyajian yang digunakan pada kutipan Teks I di atas, yaitu:

  • Pola penyajian di awali dengan pertanyaan "Siapa yang berkumpul di pelataran Masjid Istiqlal: Massa dari gabungan petani Garut, Ciamik, dan Majalengka."
  • Pola penyajian kedua diikuti dengan pertanyaan "Di mana massa dari gabungan petani Garut, Ciamik, dan Majalengka berkumpul: Di pelataran Masjid Istiqlal."
  • Pola penyajian ketiga diikuti dengan pertanyaan "Berapa jumlah massa yang berjalan kaki menuju Bundaran Patung Kuda untuk melakukan doa bersama pada peringatan hari Tani Nasional 2019: Massa yang berjumlah 5.250 orang."
  • Pola penyajian keempat diikuti dengan pertanyaan "Mengapa aparat mengimbau warganya untuk menghindari ruas jalan sekitar Bundaran Patung Kuda selama aksi berlangsung: Agar tidak terjebak kemacetan."
  • Pola penyajian kelima diikuti dengan pertanyaan "Untuk apa massa yang berjumlah 5.250 orang tersebut berjalan kaki menuju Bundaran Patung Kuda: Untuk melakukan doa bersama pada peringatan hari Tani Nasional 2019."

Berikut ini adalah analisis pola penyajian yang digunakan pada kutipan Teks II di atas, yaitu:

  • Pola penyajian di awali dengan pertanyaan "Di mana para petani menggelar acara doa bersama: Di depan Istana Negara."
  • Pola penyajian kedua diikuti dengan pertanyaan "Siapa yang menggelar acara doa bersama dilanjutkan karnaval pertanian di depan Istana Negara: Para petani."
  • Pola penyajian ketiga diikuti dengan pertanyaan "Apa yang mereka bawa pada saat kegiatan tersebut: Mereka membawa berbagai poster dan hasil pertanian yang beraneka macam."
  • Pola penyajian keempat diikuti dengan pertanyaan "Mengapa mereka menyatakan sikap kepada pemerintah melalui kegiatan karnaval pertanian tersebut: Untuk lebih memperhatikan petani."

Berdasarkan analisis di atas, perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah:

Teks I: Diawali siapa, dimana, berapa, mengapa, apa
Teks II: Diawali di mana, siapa, apa, mengapa


Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan A.space

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah kedua teks membahas ....

159

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia