RoboguruRoboguru
SD

Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional adalah ....

Pertanyaan

Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional adalah .... space 

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

9 hal yang membedakan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan luar negeri, yaitu:

  • Cara pembayaran

Perbedaan perdagangan dalam negeri dan luar negeri salah satunya terletak pada tata cara pembayaran. Perdagangan dalam negeri menggunakan mata uang dari negeri tersebut, sedangkan untuk perdagangan internasional atau luar negeri maka digunakanlah alat pembayaran yang bisa diterima di negara-negara yang bersangkutan. Ada beberapa alat pembayaran yang bisa digunakan antara lain valas, wesel, letter of credit, kartu kredit, atau bisa juga dengan emas.

  • Jangkauan wilayah

Perdagangan dalam negeri merupakan sebuah perdagangan dimana lokasinya dibatasi hanya sebatas satu wilayah negara saja, sedangkan perdagangan luar negeri sangat jelas bahwa segala aktivitas perdagangannya tidak terbatas hanya pada satu wilayah negara saja, tetapi melibatkan beberapa negara baik itu negara tetangga atau bahkan lintas benua.

  • Sistem pendistribusian

Biasanya perdagangan dalam negeri menggunakan sistem distribusi langsung. Ini berbeda dengan perdagangan luar negeri dimana sistem pendistribusian yang digunakan adalah distribusi tidak langsung. Adapun hal yang dimaksud sistem pendistribusian secara tidak langsung adalah dimana pendistribusian suatu barang atau jasa kerap sekali melalui perantara produsen (importir/eksportir besar) kepada distributor serta distributor kepada konsumen end user.

  • Administrasi

Perdagangan dalam negeri untuk kepengurusan administrasinya cenderung lebih mudah dan tidak berbelit-belit, sedangkan perdagangan luar negeri harus mengurus beragam surat dan melewati beragam prosedur yang lumayan banyak terlebih dulu. Hal ini dikarenakan untuk memastikan dan mengondisikan dokumen-dokumen untuk disubmit ke Bea Cukai negara dengan tujuan supaya terhindar dari pengembalian barang (return) yang disebabkan ketidaklengkapan dokumen.

  • Peraturan yang berlaku

Perdagangan dalam negeri cenderung tidak memiiki peraturan yang ketat, sedangkan untuk perdagangan luar negeri ketat dan harus memenuhi aturan di negara tujuan.

  • Syarat penyerahan barang

Syarat penyerahan barang, khususnya untuk perdagangan internasional melalui incoterms 2010. Dalam perdagangan luar negeri, incoterms merupakan salah satu kunci atau solusi agar mengantisipasi kesalahpahaman antara eksportir dan importir dalam mengatur tanggung jawab keduanya untuk mengantarkan atau menyerahkan suatu barang sesuai kesepakatan berdasarkan terma dan hukum perdagangan internasional.

  • Tingkat persaingan

Perdagangan luar negeri memiliki tingkat persaingannya yang lebih tinggi karena melibatkan pedagang dan pembeli dari berbagai negara.

  • Biaya angkutan

Perbedaan biaya angkutan ini terjadi karena faktor jarak dan administrasi perdagangan. Jika skala dalam negeri atau domestik sebuah barang dapat dikirim melalui kargo darat sehingga biaya angkutan atau transportasi relatif lebih murah dan juga rentan tidak pernah ada pungutan pajak.

Jika dibandingkan perdagangan dalam skala luar negeri atau global, secara otomatis jarak yang ditempuh lebih jauh dan biaya transportasi relatif lebih mahal serta ada kemungkinan dikenakan pajak atas barang yang masuk di negara tujuan.

  • Kemasan

Dalam perdagangan luar negeri, apabila menggunakan packaging berbahan kayu, maka kita harus melakukan fumigasi peti kemas atau packaging itu sendiri untuk menghindari kerusakan barang yang disebabkan hama atau rayap dan pengembalian (return) dari negara tujuan. space 

5rb+

3.8 (12 rating)

Suci Nikhmatul Aeni

Jawaban tidak sesuai Makasih ❤️

Pertanyaan serupa

Apa yang dinamakan pasar global ?

365

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia