Roboguru

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ...

Pertanyaan

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ... 

  1. menggunakan majas - menggunakan bahasa lugas 

  2. menggunakan kata kias - menggunakan majas 

  3. menggunakan kosakata ilmiah - menggunakan kosakata populer 

  4. menggunakan kata bermakna denotatif - menggunakan kata bermakna konotatif 

Pembahasan Soal:

Cerpen merupakan cerita yang menjurus dan kosentrasi yang berpusat pada satu peristiwa yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

Penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut terdapat perbedaan, yaitu:

Kutipan cerpen I dalam menyampaikan maksud cerita, tidak menggunakan bahasa yang lugas, melainkan menggunakan majas. Hal ini terlihat pada kalimat "Peluh Sobari beranak-pinak". Untuk menggambarkan keringat Sobari yang sangat banyak, penulis mengungkapkannya dengan cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain.

Sementara itu, penggunaan bahasa kutipan cerpen II menggunakan bahasa yang lugas sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan alasan kesalahan kalimat-kalimat di bawah ini! Ayah baru kembali daripada Jakarta. Dia sudah berangkat menuju ke Jakarta dua hari yang lalu. Ayah pergi ke Solo menggunakan bus antar kota...

Pembahasan Soal:

Kalimat adalah rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Dalam penulisannya terkadang masih terdapat kesalahan, terkait dengan kalimat tidak efektif, penggunaan tanda baca, dan sebagainya. Kesalahan kalimat-kalimat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Ayah baru kembali daripada Jakarta
    Kesalahan kalimat tersebut adalah penggunaan partikel daripada. Daripada digunakan sebagai kata depan untuk menandai perbandingan. Sementara kalimat tersebut menunjukkan kalimat yang menyatakan asal kedatangan. Hal itu juga ditandai dengan kata kembali, artinya Ayah baru saja balik ke tempat semula, setelah dari Jakarta. Perbaikan kalimat tersebut adalah Ayah baru kembali dari Jakarta.
  2. Dia sudah berangkat menuju ke Jakarta dua hari yang lalu.
    Kesalahan kalimat tersebut terkait dengan ketidakefektifan,yaitu penggunaan menuju dan ke secara bersamaan. Menuju dan ke memiliki makna yang sama yaitu berkaitan dengan arah. Dalam kalimat tersebut, penggunaan menuju dan ke harus dipilih salah satu. Perbaikan kalimat tersebut adalah Dia sudah berangkat menuju Jakarta dua hari yang lalu atau Dia sudah berangkat ke Jakarta dua hari yang lalu.
  3. Ayah pergi ke Solo menggunakan bus antar kota.
    Kesalahan kalimat tersebut terkait dengan penulisan antar kota. Sesuai PUEBI, bentuk terikat ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, seperti antarkota, adibusana, dwiwarna, dan sebagainya. Perbaikan kalimat tersebut adalah Ayah pergi ke Solo menggunakan bus antarkota.

Dengan demikian, kesalahan kalimat 1 adalah penggunaan partikel (daripada, dari), kesalahan kalimat 2 adalah ketidakefektifan penggunaan menuju dan ke, dan kesalahan kalimat 3 adalah penulisan bentuk terikat yang seharusnya ditulis serangkai (antarkota). undefined

0

Roboguru

Perbaikan penulisan huruf kapital yang tepat terdapat pada kalimat berikut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Teks cerita pendek memiliki beberapa kaidah kebahasaan, salah satunya adalah menggunakan kaidah Pedoman  Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Huruf kapital merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat menulis cerpen. Beberapa kaidah penggunaan huruf kapital berdasarkan PUEBI sebagai berikut.

  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan. 
  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, kakak, adik, dan paman, serta kata atau ungkapan lain yang dipakai dalam penyapaan atau pengacuan.
  • Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi.

Berdasarkan kaidah tersebut, penulisan kalimat yang tepat adalah "Andi pergi ke Surabaya bersama Pak Ruslam naik sepeda motor."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Kosakata yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu. Salah satu unsur ekstrinsik cerpen adalah bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan dalam cerpen dapat dipengaruhi oleh bahasa pengarang, seperti dialek, kebiasaan berbahasa, dan pengaruh bahasa asing. Pada kutipan cerpen di atas, bahasa yang digunakan oleh pengarang merupakan bahasa dengan dialek betawi. Oleh karena itu, kosakata yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah menggunakan bahasa dialek.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Simbol menara satelit dalam kutipan cerpen tersebut mempunyai makna ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik adalah adalah unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi proses pembuatan cerpen.

Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut.

  • Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).
  • Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. 
  • Penokohan: Cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh.
  • Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
  • Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Simbol adalah kata, tanda ataupun isyarat dalam mewakili sesuatu misalnya arti, kualitas, objek, abstraksi, dan gagasan.

Pada kutipan cerpen tersebut terdapat kalimat:

  • Rawa-rawa dengan sebuah sungai kecil di tengahnya telah mewujud rumah-rumah yang saban tahun kebanjiran.
  • Rumah pohon yang sempat kau buat untukku, sudah lama dirobohkan.
  • Sebuah menara satelit datang menggantikan.

Berdasarkan ketiga kalimat tersebut, simbol pada menara satelit bermakna dunia modern karena kata tersebut menggantikan rumah pohon yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  

0

Roboguru

Penulisan huruf kapital yang sesuai dengan EYD terdapat dalam kalimat....

Pembahasan Soal:

Penulisan huruf kapital yang sesuai dengan EYD atau PUEBI terdapat dalam kalimat (d) Arjo adalah menantu Haji Sodikin. Pada kalimat (a) harusnya menggunakan huruf kapital pada awal kata sapaan Pak. Pada kalimat (b) penggunaan huruf kapital harus diterapkan pada awal kalimat langsung "Adikmu sudah pulang?". Pada kalimat (c) belum tepat karena nama jabatan ditulis huruf kapital pada setiap bagian kata jika diikuti dengan nama instansinya, misalnya Wakil Lurah Sukamaju. Pada kalimat (e) tidak menggunakan huruf kapital untuk penulisan nama kota.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved