Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!


Kutipan Cerpen I

Esok hari. Jerit tangis kembali membubung di langit Kota Kabut. Orang-orang sibuk mencari sanak famili yang tercerai berai. Tak terkecuali Sobari. Selepas subuh, ia sibuk menyingkirkan puing-puing rumahnya yang ambruk untuk mencari neneknya.

Peluh Sobari beranak-pinak. Hanya berbekal tangan kosong, ia terus menyingkirkan puing-puing rumah. Ia sangat berharap neneknya masih bernapas, meski ia tak begitu yakin. Cukup lama berselang, setelah Sobari menyingkirkan sebuah lemari pakaian, ia menemukan neneknya dalam posisi telungkup di atas sajadah.

Dikutip dari: M. Tarif Budiman, Hikayat Kota Kabur dalam Radar

Kutipan Cerpen II

“Semua ini karena kau terlambat bangun pagi,” kata Wina. Ia mendesah panjang dan mengundurkan perlahan-lahan punggungnya pada bantalan kursi.

“Siapa yang tahu kalau akan hujan?” kataku membela diri. Aku dapat mencium bau napasku yang tak sedap. Selepas bangun pagi, aku hanya mencuci muka, berganti baju, membawa tas dan ransel yang sudah penuh dengan barang-barang ke kios. Semua kulakukan terburu-buru karena takut terlambat. Tapi, pagi itu jam sepuluh, Wina sudah membuka kios dan menggeser kursi yang biasa ia duduki saat menunggu pelanggan ke depan pintu geser.

Dikutip dari: lin Farliani, Petang di Taman dalam Padang Ekspres  Banyuwangi, 28 Oktober 2018 14 Oktober 2018space space 

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ...

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut adalah ...space space 

  1. menggunakan majas - menggunakan bahasa lugasspace space 

  2. menggunakan kata kias - menggunakan majasspace space 

  3. menggunakan kosakata ilmiah - menggunakan kosakata populerspace space 

  4. menggunakan kata bermakna denotatif - menggunakan kata bermakna konotatifspace space 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space 

Iklan

Pembahasan

Cerpen merupakan cerita yang menjurus dan kosentrasi yang berpusat pada satu peristiwa yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri. Penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut terdapat perbedaan, yaitu: Kutipan cerpen I dalam menyampaikan maksud cerita, tidak menggunakan bahasa yang lugas, melainkan menggunakan majas. Hal ini terlihat pada kalimat " Peluh Sobari beranak-pinak ". Untuk menggambarkan keringat Sobari yang sangat banyak, penulis mengungkapkannya dengan cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Sementara itu, penggunaan bahasa kutipan cerpen II menggunakan bahasa yang lugas sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Cerpen merupakan cerita yang menjurus dan kosentrasi yang berpusat pada satu peristiwa yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

Penggunaan bahasa kedua kutipan cerpen tersebut terdapat perbedaan, yaitu:

Kutipan cerpen I dalam menyampaikan maksud cerita, tidak menggunakan bahasa yang lugas, melainkan menggunakan majas. Hal ini terlihat pada kalimat "Peluh Sobari beranak-pinak". Untuk menggambarkan keringat Sobari yang sangat banyak, penulis mengungkapkannya dengan cara melukiskan sesuatu dengan menyamakannya dengan sesuatu yang lain.

Sementara itu, penggunaan bahasa kutipan cerpen II menggunakan bahasa yang lugas sehingga mudah dimengerti oleh pembacanya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasangkan pernyataan dibawah ini secara tepat! Dia membaca novel "Pulang" karya tere Liye. a. Orientasi b. Perumitan masalah c. Komplikasi d. Resolusi e. Koda f. Kalimat berkonjungsi intr...

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia