Roboguru

Perbedaan hewan dan tumbuhan antar wilayah disebabkan oleh perbedaan ketinggian tempat. Hal ini adalah pengaruh dari faktor ....

Pertanyaan

Perbedaan hewan dan tumbuhan antar wilayah disebabkan oleh perbedaan ketinggian tempat. Hal ini adalah pengaruh dari faktor .... 

  1. Air

  2. Biologis

  3. Edafik

  4. Fisiografik

  5. Iklim

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna sebagai berikut.

  1. Faktor klimatis atau iklim merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses persebaran flora dan fauna. Juga berpengaruh pada kehidupan secara umum. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh adalah suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 
  2. Faktor edafik atau tanah adalah faktor yang berkaitan dengan struktur dan komposisi tanah yang ditemukan di daerah tertentu. Tanah merupakan kompenen habitat utama tumbuhan dan juga beberapa hewan yang tinggal didalam tanah. 
  3. Faktor fisiografi, yang dimaksud dengan topografi adalah keadaan geografis dari muka bumi itu sendiri. Beberapa unsur yang berpengaruh adalah lokasi, yaitu tinggi rendahnya tempat, kemiringan, dan drainase yang berupa bukit, dataran atau lereng dan lautan.
  4. Faktor biotik adalah mahkluk hidup itu sendiri, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junaedi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor yang tidak mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah …

Pembahasan Soal:

Faktor-Faktor Terkait Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Faktor Klimatis atau Iklim
    Iklim merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses persebaran flora dan fauna. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh adalah suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 
  • Faktor Edafik atau Tanah
    Unsur-unsur kimiawi yang terkandung di dalam tanah untuk membantu tumbuh kembang flora. Flora ini dapat menjadi sumber makanan bagi fauna juga. Unsur-unsur kimiawi tersebut akan membantu kesuburan tanah tersebut jika memiliki dosis yang baik. Selain unsur kimiawi, sirkulasi dalam tanah juga harus terjaga baik agar tanaman tersebut dapat melakukan respirasi yang baik.
  • Faktor Topografi
    Topografi adalah keadaan fisik dari muka bumi itu sendiri. Salah satu unsur yang paling berpengaruh adalah lokasi, yaitu tinggi rendahnya tempat. 
  • Faktor Biotik atau Biologis
    Faktor biotik dalam konteks ini adalah mahkluk hidup itu sendiri untuk beradaptasi, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Udara Air Iklim Lahan Kondisi alam Merupakan sarana persebaran flora dan fauna adalah nomor ...

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna di suatu wilayah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor klimatik (iklim), faktor edafik (tanah), faktor fisiografi, dan faktor biotik. Sarana persebaran flora dan fauna adalah sebagai berikut.

  • Udara. Udara menjadi media fauna untuk bermigrasi dengan kekuatan terbang, sedangkan flora menggunakan angin untuk menerbangkan benih.
  • Air. Air berfungsi sebagai media fauna berenang dan berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain. Benih tumbuhan dapat berpindah menggunakan media aliran sungai atau arus laut.
  • Lahan. Lahan sebagai media fauna untuk berpindah tempat.
  • Pengangkutan manusia. Manusia dengan kekuatannya dapat memindahkan flora dan fauna dari satu tempat ke tempat lain.

Dari penjelasan tersebut, jawaban untuk soal di atas adalah 1, 2, dan 4.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Persebaran flora dan fauna di muka bumi tidak merata. Hal ini menandakan bahwa ….

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna yang tidak merata disetiap wilayah disebabkan karena tidak semua flora dan fauna dapat hidup dan berkembang pada wilayah tertentu. Dalam mempertahakan kehidupannya flora dan fauna melakukan banyak adaptasi dengan lingkungan tempat tinggal. Contoh untuk flora yang hidup di wilayah beriklim dingin cara adapatasinya dengan bulu yang tebal. Ketika adaptasi tidak berhasil dan tidak mampu berkembang biak dengan baik maka kehidupannya juga tidak berhasil dan menyebabkan persebaran tidak merata. Selain itu, persebaran flora dan fauna yang tidak merata juga disebabkan karena faktor iklim, geologi, geografis, edafik dll. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C

Roboguru

Penyebab utama Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi adalah....

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki berbagai tipe hutan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Hutan Indonesia pun kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu penyebab tingginya keanekaragaman Indonesia yang tinggi adalah karena letak geografisnya. Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan juga terletak diantara dua samudera, yaitu Hindia dan Pasifik.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Pulau Sumatera dan Kepulauan Nusa Tenggara berada di wilayah beriklim tropis. Meskipun demikian, kedua wilayah ini memiliki jenis bioma berbeda. Faktor penyebab perbedaan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Pulau Sumatera memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga bioma yang tumbuh berupa hutan hujan tropis. Sementara itu, Kepulauan Nusa Tenggara memiliki curah hujan yang rendah, sehingga bioma yang tumbuh di pulau Nusa Tenggara berupa sabana dan stepa. Hal ini sesuai dengan klasifikasi iklim menurut Koppen.  undefined

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved