Roboguru

Perbedaan ekonomi konvensional dan ekonomi kreatif terletak pada....

Pertanyaan

Perbedaan ekonomi konvensional dan ekonomi kreatif terletak pada....undefined 

  1. .... undefined 

  2. .... undefined 

Pembahasan Soal:

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dari ekonomi konvensional dan ekonomi kreatif. Ekonomi konvensional adalah kegiatan/aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi barang/jasa, ciri khas dari ekonomi konvensional sendiri yaitu lebih berorientasi pada penggunaan/pengolahan sumber daya alam. Selanjutnya, ekonomi kreatif adalah kegiatan/aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh individu atau kelompok dan berorientasi pada kreativitas dan penggunaan infomasi. Ciri khas dari ekonomi kreatif yaitu mengandalkan pada kemampuan/kreativitas yang dimiliki oleh pelakunya atau sumber daya manusianya. Sehingga, perbedaan antara ekonomi konvensional dan ekonomi kreatif terlihat pada fokus kegiatan, produk yang dihasilkan dan pengelolaan yang dilakukan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Nurlaila

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja perbedaan kegiatan ekonomi tradisional dengan kegiatan ekonomi kreatif?

Pembahasan Soal:

Kegiatan ekonomi tradisional merupakan kegiatan ekonomi yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan kegiatan ekonomi kreatif merupakan kegiatan ekonomi yang mengutamakan kemampuan berkreativitas dan berinovasi. Perbedaan kegiatan ekonomi tradisional dan kegiatan ekonomi kreatif antara lain:

 

  1. Kegiatan ekonomi tradisional masih sederhana dan mudah dipelajari, sedangkan ekonomi kreatif mengikuti perkembangan zaman.
  2. Kegiatan ekonomi tradisional ide dan gagasan sangat sederhana karena hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan, sedangkan ekonomi kreatif bersifat terbuka dan selalu inovatif.
  3. Kegiatan ekonomi tradisional dalam memproduksi berdasarkan kemampuan dan kebutuhan, sedangkan ekonomi kreatif produk yang dicipatkan adalah proyeksi dari kreatifitas, talenta dan intelektual pelakunya.undefined 

0

Roboguru

Apa saja perbedaan kegiatan ekonomi tradisional dengan kegiatan ekonomi kreatif?

Pembahasan Soal:

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep bidang perekonomian di era ekonomi yang baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi, sedangkan ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi di mana semua aktivitas perekonomian dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan melakukan kebiasaan atau tradisi dari generasi ke generasi. undefined

0

Roboguru

Faktor utama yang menggerakan produksi ekonomi kreatif adalah ….

Pembahasan Soal:

Ekonomi kreatif merupakan proses penciptaan, kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa, yang dalam prosesnya membutuhkan kreativitas dan kemampuan intelektual.

Faktor utama yang menggerakkan produksi ekonomi kreatif adalah ide dan stock knowlegde. Kreativitas dan ide sangatlah penting dalam konsep ekonomi kreatif. Kreativitas harus diselaraskan dengan ide pengusaha dalam menciptakan produknya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space  

0

Roboguru

Mana yang lebih dibutuhkan oleh seseorang yang akan membuka usaha antara modal dan kreativitas?

Pembahasan Soal:

Hal yang dibutuhkan seroang pengusaha jika diberikan pilihan antara modal dan kreativitas bahwasannya keduanya memang diperlukan dalam merintis suatu usaha. Jika tidak mempunyai modal usahapun akan sulit diproduksi dan dipasarkan.
Namun, hal yang lebih penting adalah suatu kreativitas, ide yang inovatif adalah langkah awal yang paling krusial ketika memulai bisnis. Ada ratusan jenis usaha di luar sana, mulai dari di bidang jasa, online hingga travel. Hingga kita memerlukan ide-ide pikiran kreatif yang menarik untuk untuk menciptakan produk yang unik dan dibutuhkan masyarakat serta agar usahanya bisa tetap bersaing dan bertahan.
Sedangkan modal usaha bisa berasal dari tiga sumber, yaitu pertama modal dari uang pribadi. Kedua, bisa menggunakan pinjaman dari keluarga, kolega, atau bank. Ketiga dengan menggandeng investor yang terpercaya.
Jadi, yang lebih dibutuhkan oleh pengusaha baru adalah kreativitas, dimana untuk memulai suatu usaha memerlukan ide-ide pikiran kreatif yang menarik untuk menjalankan usahanya agar bisa tetap bersaing dan bertahan. undefined 

0

Roboguru

Apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

Pembahasan Soal:

Hal yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat, yaitu:

  1. Mampu berinovasi dalam mengembangkan produknya.
  2. Mengikuti perkembangan pasar yang sedang berjalan.
  3. Memiliki kreativitas. undefined 
  4. Mampu menjaga kualitas produk.
  5. Memberi informasi produk dengan benar.
  6. Produk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved