Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbedaan diferensiasi sosial berdasarkan ras (DR) dengan diferensiasi suku bangsa (DS) dari segi dasarnya adalah ....

Perbedaan diferensiasi sosial berdasarkan ras (DR) dengan diferensiasi suku bangsa (DS) dari segi dasarnya adalah ....space space 

  1. DR berdasarkan ciri fisik, DS berdasarkan daerah asalspace space 

  2. DR memakai dasar keturunan, DS memakai sejarah asal usulspace space 

  3. DR bersifat sosiologis, DS bersifat antropologisspace space 

  4. DS menggunakan dasar ciri fisik, DR berdasarkan daerah asalspace space  

  5. DS bersifat horizontal (datar), DR bersifat vertikal (tegak)space space 

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space space 

Iklan

Pembahasan

Materi yang dibahas pada soal ini adalah mengenai struktur sosial.Struktur sosial dapat didefinisikan sebagai suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang di dalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosial yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku, sehingga dapat memberikan bentuk sebagai suatu masyarakat. Menelaah pertanyaan pada soal di atas dapat dijelaskan sebagai berikut: Diferensiasi merupakan salah satu bentuk dari struktur sosial. Diferensiasi merupakanpembedaan anggota masyarakat ke dalam golongan secara horizontal, mendatar, dan sejajar atau tidak memandang perbedaan lapisan.Adapun dasar pembentuk dari diferensiasi sosial adalah ras, suku bangsa, agama, profesi, jenis kelamin, dan klan. Diferensiasi ras berarti mengelompokkan masyarakat berdasarkan ciri-ciri fisiknya bukan budayanya , misalnyabentuk muka, bentuk hidung, warna kulit, dan warna rambut. Sedangkan suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan karenaasal usul, tempat asal, serta kebudayaannya , misalnyabahasa daerah, kesenian, dan adat istiadat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Materi yang dibahas pada soal ini adalah mengenai struktur sosial. Struktur sosial dapat didefinisikan sebagai suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang di dalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan dengan batas-batas perangkat unsur-unsur sosial yang menunjuk pada suatu keteraturan perilaku, sehingga dapat memberikan bentuk sebagai suatu masyarakat.

Menelaah pertanyaan pada soal di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Diferensiasi merupakan salah satu bentuk dari struktur sosial. Diferensiasi merupakan pembedaan anggota masyarakat ke dalam golongan secara horizontal, mendatar, dan sejajar atau tidak memandang perbedaan lapisan. Adapun dasar pembentuk dari diferensiasi sosial adalah ras, suku bangsa, agama, profesi, jenis kelamin, dan klan.

Diferensiasi ras berarti mengelompokkan masyarakat berdasarkan ciri-ciri fisiknya bukan budayanya, misalnya bentuk muka, bentuk hidung, warna kulit, dan warna rambut. Sedangkan suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan karena asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya, misalnya bahasa daerah, kesenian, dan adat istiadat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Konsep Kilat

Latihan Bab

Mengenal Diferensiasi Sosial

Diferensiasi Ras

Diferensiasi Suku

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Adat kebiasaan yang berbeda dalam masyarakat dapat memicu terjadinya konflik, jika interaksi yang dilakukan dalam masyarakat kurang selaras/serasi. Faktor penyebab konflik sesuai uraian tersebut adala...

4rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia