Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbedaan buku fiksi dan nonfiksi yang tepat adalah ...

Perbedaan buku fiksi dan nonfiksi yang tepat adalah ...space 

  1. Buku nonfiksi bersifat informatif dengan penggunaan bahasa denotatif seperti ungkapan, sedangkan buku fiksi bersifat imajinatif dengan penggunaan bahasa konotatif.

  2. Buku nonfiksi memiliki urutan penulisan yang baku, sedangkan urutan penulisan buku fiksi dimulai dari penulisan sinopsis cerita.

  3. Buku nonfiksi bertujuan menyajikan temuan baru atau penyempurnaan informasi yang sudah ada, sedangkan buku fiksi bertujuan untuk menghibur pembaca.

  4. Pembelajaran yang dapat diambil dari buku nonfiksi adalah pengetahuan, sedangkan pembelajaran dari buku fiksi adalah mengetahui berbagai sifat yang ada pada diri tokoh dalam cerita.

Iklan

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Buku fiksi adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh pengarang berdasarkan imajinasinya. Pada umumnya, seseorang membaca buku fiksi untuk memperoleh hiburan ataupun kesenangan. Umumnya menggunakan bahasa yang bersifat konotatif atau bahasa kias. Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan . Isi dari buku nonfiksi adalah informasi, pengetahuan, atau wawasan. Tujuan penulisan buku nonfiksi ialah menyajikan temuan baru atau penyempurnaan dari informasi yang sudah ada. Buku nonfiksi ditulis menggunakan bahasa yang formal dan mengandung bahasa denotatif atau bahasa yang memiliki makna sebenarnya. Biasanya, di akhir buku nonfiksi terdapat indeks, yakni daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku. Berdasarkan penjelasan tersebut, perbedaan yang tepat antara buku fiksi dan nonfiksi adalah pernyataan dalam pilihan jawaban C , yakni Buku nonfiksi bertujuan menyajikan temuan baru atau penyempurnaan informasi yang sudah ada, sedangkan buku fiksi bertujuan untuk menghibur pembaca . Pilihan jawaban A tidak tepat karena ungkapan bukan bentuk bahasa denotatif atau bahasa yang memiliki makna sebenarnya, melainkan bentuk bahasa konotatif. Pilihan jawaban B tidak tepat karena tidak ada sistematika dalam penulisan buku fiksi. Jadi, penulisannya tidak harus didahului oleh sinopsis cerita. Pilihan jawaban D tidak tepat karena pembelajaran yang dapat diambil dari buku fiksi ialah pesan moral atau amanat tertentu, bukan berbagai sifat tokoh. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Buku fiksi adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh pengarang berdasarkan imajinasinya. Pada umumnya, seseorang membaca buku fiksi untuk memperoleh hiburan ataupun kesenangan. Umumnya menggunakan bahasa yang bersifat konotatif atau bahasa kias.

Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. Isi dari buku nonfiksi adalah informasi, pengetahuan, atau wawasan. Tujuan penulisan buku nonfiksi ialah menyajikan temuan baru atau penyempurnaan dari informasi yang sudah ada. Buku nonfiksi ditulis menggunakan bahasa yang formal dan mengandung bahasa denotatif atau bahasa yang memiliki makna sebenarnya. Biasanya, di akhir buku nonfiksi terdapat indeks, yakni daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku.

Berdasarkan penjelasan tersebut, perbedaan yang tepat antara buku fiksi dan nonfiksi adalah pernyataan dalam pilihan jawaban C, yakni Buku nonfiksi bertujuan menyajikan temuan baru atau penyempurnaan informasi yang sudah ada, sedangkan buku fiksi bertujuan untuk menghibur pembaca.

  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena ungkapan bukan bentuk bahasa denotatif atau bahasa yang memiliki makna sebenarnya, melainkan bentuk bahasa konotatif.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena tidak ada sistematika dalam penulisan buku fiksi. Jadi, penulisannya tidak harus didahului oleh sinopsis cerita.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena pembelajaran yang dapat diambil dari buku fiksi ialah pesan moral atau amanat tertentu, bukan berbagai sifat tokoh.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Naila Aladdarojat

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut! Perempuan memang paling rentan terhadap anemia, terutama anemia karena kekurangan zat besi. Darah memang sangat penting bagi perempuan. Hal ini terutama pada saat hami...

6

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia