Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbatikan wacana berikut! Wacana tersebut merupakan contob analisis multikausal karena....

Perbatikan wacana berikut!

Wacana tersebut merupakan contob analisis multikausal karena....

  1. memperkirakan penyebab terjadinya suatu peristiwa.

  2. mendeskripsikan sebab dan akibat dari sebuah fenomena.

  3. merangkai fakta-fakta dalam sintesis hubungan sebab akibat.

  4. menjelaskan beberapa aspek penting mengenai sebuah peristiwa.

  5. mendeskripsikan beberapa penyebab terjadinya sebuah peristiwa.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Multikausal adalah suatu penjelasan kausalitas yang sifatnya kompleks, artinya kausal suatu peristiwa, keadaan, atau perkembangan dilihat dari banyak faktor. Hal ini dapat dipahami bahwa multikausal adalah merupakan bagian dari penjelasan sejarah dengan menggunakan hubungan sebab-akibat yang merujuk pada faktor yang jamak. Bahwa dalam menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa sejarah terjadi, tidak hanya dilihat dari hubungan sebab-akibat dari suatu faktor yang paling determinan, melainkan harus dilihat dari masing-masing unsur yang saling berhubungan dan ketergantungan sehingga muncul faktor jamak. Faktor ini dipandang sebagai multikausal yang menjadi faktor kausal (sebab-akibat) dari suatu peristiwa terjadi. Hal ini dapat dilihat salah satunya pada tindakan seorang aktor dalam suatu peristiwa. Hubungan antara tindakan aktor dengan yang lain pada umumnya tidak dapat dianggap sederhana, apabila mulai menyangkut motivasi, sikap, struktur kepribadian, latar belakang kondisi sosial, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu merupakan suatu faktor yang kompleks dari seorang aktor melakukan tindakan dalam suatu peristiwa. Sejalan dengan hal tersebut,, bahwa suatu peristiwa sejarah tidak melulu dalam menjelaskannya hanya melihat dari kausal atau sebab tunggal semata, tetapi dengan membagi kategori kausal seperti; (a) Prakondisi (Variabel yang berkorelasi terhadap terciptanya kondisi-kondisi tertentu); (b) Precipetants (Kondisi yang mematangkan situasi yang membuat peristiwa historis itu terjadi); (c) Triggers (Pencetus suatu peristiwa historis tertentu), maka dengan merujuk pada kategori ini saja, dalam menetapkan sebab-akibat dari suatu peristiwa atau gejala sejarah sudah sangat berhati-hati, mengingat peristiwa yang kemudian belum tentu disebabkan oleh yang sebelumya (post hoc non propter hoc), sebab setiap bagian dari kategori memiliki sebabnya masing-masing. Dari wacana di atas dijelaskan bahwa periode reformasi lahir dilatarbelakangi oleh masalah-masalah besar dan kompleks. Dalam wacana tersebut terdapat analisis kausalitas sejarah yang multikausal dalam banyak aspek, bahwa reformasi lahir bukan hanya sebagai jawaban atas tuntutan rakyat terhadap pemerintah Orde baru, namun juga karena munculnya krisis multidimensional dan pelaksanaan demokrasi yang tidak semestinya pada masa Orde Baru. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Multikausal adalah suatu penjelasan kausalitas yang sifatnya kompleks, artinya kausal suatu peristiwa, keadaan, atau perkembangan dilihat dari banyak faktor. Hal ini dapat dipahami bahwa multikausal adalah merupakan bagian dari penjelasan sejarah dengan menggunakan hubungan sebab-akibat yang merujuk pada faktor yang jamak. Bahwa dalam menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa sejarah terjadi, tidak hanya dilihat dari hubungan sebab-akibat dari suatu faktor yang paling determinan, melainkan harus dilihat dari masing-masing unsur yang saling berhubungan dan ketergantungan sehingga muncul faktor jamak. Faktor ini dipandang sebagai multikausal yang menjadi faktor kausal (sebab-akibat) dari suatu peristiwa terjadi.

Hal ini dapat dilihat salah satunya pada tindakan seorang aktor dalam suatu peristiwa. Hubungan antara tindakan aktor dengan yang lain pada umumnya tidak dapat dianggap sederhana, apabila mulai menyangkut motivasi, sikap, struktur kepribadian, latar belakang kondisi sosial, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu merupakan suatu faktor yang kompleks dari seorang aktor melakukan tindakan dalam suatu peristiwa. Sejalan dengan hal tersebut,, bahwa suatu peristiwa sejarah tidak melulu dalam menjelaskannya hanya melihat dari kausal atau sebab tunggal semata, tetapi dengan membagi kategori kausal seperti; (a) Prakondisi (Variabel yang berkorelasi terhadap terciptanya kondisi-kondisi tertentu); (b) Precipetants (Kondisi yang mematangkan situasi yang membuat peristiwa historis itu terjadi); (c) Triggers (Pencetus suatu peristiwa historis tertentu), maka dengan merujuk pada kategori ini saja, dalam menetapkan sebab-akibat dari suatu peristiwa atau gejala sejarah sudah sangat berhati-hati, mengingat peristiwa yang kemudian belum tentu disebabkan oleh yang sebelumya (post hoc non propter hoc), sebab setiap bagian dari kategori memiliki sebabnya masing-masing.

Dari wacana di atas dijelaskan bahwa periode reformasi lahir  dilatarbelakangi oleh masalah-masalah besar dan kompleks. Dalam wacana tersebut terdapat analisis kausalitas sejarah yang multikausal dalam banyak aspek, bahwa reformasi lahir bukan hanya sebagai jawaban atas tuntutan rakyat terhadap pemerintah Orde baru, namun juga karena munculnya krisis multidimensional dan pelaksanaan demokrasi yang tidak semestinya pada masa Orde Baru.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Zahra Dc

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hubungan sebab akibat dalam sejarah disebut ....

226

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia