RoboguruRoboguru
SD

Perbandingan pola penyajian kedua teks di atas adalah ....

Pertanyaan

Cermatilah kedua kutipan teks prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 2 s.d 5!


Teks  1

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda terkena tilang. Dengan memperhatikan hal tersebut, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu Iintas. Pertama, kenali si petugas. Kedua, pahami kesalahan Anda. Ketiga, pastikan tuduhan peIanggaran. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja. Kelima, terima atau tolak tuduhan.

Teks 2

Ikat rambut biasanya dimanfaatkan oleh anak perempuan, balk untuk dikucir maupun untuk bando. Ikat rambut yang dibuat tidak sekadar untuk mengikat, tetapi juga menambah keindahan. Oleh sebab itu, saat pembuatannya mesti dilakukan dengan kreatif. Untuk dapat membuat ikat rambut, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah pensil, gunting, dan tali kur. Adapun langkah pembuatannya yaitu potong tali kur akan dipotong menjadi dua bagian. Lalu, siapkanlah pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan menggunakan bantuan pensil. Kemudian, buat simpul datar. Lakukanlah sampai seluruh tali hingga menjadi jalinan simpul. Ikat rambut siap digunakan.space 

Perbandingan pola penyajian kedua teks di atas adalah ....space 

  1. Teks 1 

    Diawali dengan tujuan yang ingin dicapai, yakni menghindari kerugian dan mendapat sanksi sesuai peraturan saat ditilang diikuti dengan Iangkah-Iangkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. 

    Teks 2 

    Diawali tujuan yang memaparkan pengantar mengenai pembuatan ikat rambut diikuti oleh pemaparan alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah yang merupakan cara pembuatan.space 

  2. Teks 1

    Gambaran awal untuk tujuan sebuah teks terlalu banyak menggunakan kalimat tanya. Sementara itu, Iangkah-langkah yang disebutkan masih dapat berpindah posisi. 

    Teks 2

    Alat dan bahan yang dikemukakan dalam teks tidak rinci. Sementara itu, langkah-langkah yang disajikan telah sesuai dengan tujuan, yakni menghasilkan ikat rambut.space 

  3. Teks 1

    Ketidakjelasan tujuan yang ingin dicapai oleh teks sehingga Iangkah-Iangkahnya menjadi tidak konkret untuk dilaksanakan. 

    Teks 2

    Tujuan yang ingin dicapai dalam teks dipaparkan dengan jelas sehingga langkah-Iangkah yang disajikan runtut dan mudah dipahami.space 

  4. Teks 1

    Bagian tujuan tidak jelas karena tidak menyajikan pernyataan umum sehingga langkah-Iangkah yang disajikan tidak padu. 

    Teks 2

    Pernyataan umum berisi tujuan yang ingin dicapai, yakni untuk membuat ikat rambut dan diikuti dengan Iangkah-Iangkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.space 

  5. Teks 1

    Penegasan ulang berisi harapan dan manfaat apabila petunjuk tersebut dijalankan dengan baik. 

    Teks 2

    Penegasan ulang tidak dikemukakan dalam teks, hanya terdiri atas langkah-langkah membuat ikat rambut.space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.

Pembahasan

Teks prosedur merupakan jenis teks yang berisi tujuan, langkah-langkah, dan manfaat. Teks ini bertujuan komunikatif, yaitu untuk memberi petunjuk cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.

Perbandingan pola penyajian kedua teks di atas dapat dijabarkan sebagai berikut.

Kutipan Teks 1

    Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda terkena tilang. Dengan memperhatikan hal tersebut, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas.

    Pertama, kenali si petugas. Kedua, pahami kesalahan Anda. Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran. Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja. Kelima, terima atau tolak tuduhan.

    Teks 1 di atas menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, yaitu menghindari kerugian dan mendapat sanksi sesuai peraturan diikuti dengan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Kutipan Teks 2

    Ikat rambut biasanya dimanfaatkan oleh anak perempuan, baik untuk dikucir maupun untuk bando. lkat rambut yang dibuat tidak sekadar untuk mengikat, tetapi juga menambah keindahan. Oleh sebab itu, saat pembuatannya mesti dilakukan dengan kreatif. Untuk dapat membuat ikat rambut, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah pensil, gunting, dan tali kur.

    Adapun langkah pembuatannya yaitu potong tali kur akan dipotong menjadi dua bagian. Lalu, siapkanlah pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan menggunakan bantuan pensil. Kemudian, buat simpul datar. Lakukanlah sampai seluruh tali hingga menjadi jalinan simpul. Ikat rambut siap digunakan.

    Teks 2 di atas menjelaskan pembuatan ikat rambut. Paragraf pertama berisi pengantar mengenai ikat rambut, lalu paragraf kedua berisi langkah-langkah membuat ikat rambut.

    Sehingga, perbandingan pola penyajian kedua teks di atas adalah teks 1 diawali dengan tujuan yang ingin dicapai, yaitu menghindari kerugian dan mendapat sanksi sesuai peraturan saat ditilang diikuti langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Adapun teks 2 diawali tujuan yang memaparkan pengantar mengenai pembuatan ikat rambut diikuti oleh pemaparan alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah yang merupakan cara pembuatan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan A.

597

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kata tersebut pada kalimat Tampilan halaman sebuah situs yang telah Anda kunjungi dapat disimpan pada komputer. Halaman tersebut dapat Anda buka kembali di lain waktu tanpa harus terhubung ke internet...

241

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia