Roboguru

Perbandingan massa karbon (C) terhadap oksigen (O) dalam senyawa karbon dioksida (CO2​) adalah 3 : 8. Berapa gram massa karbon dioksida yang terbentuk dan sisa pereaksi, jika direaksikan: 12 gram karbon dengan 24 gram oksigen

Pertanyaan

Perbandingan massa karbon (C) terhadap oksigen (O) dalam senyawa karbon dioksida open parentheses C O subscript 2 close parentheses adalah 3 : 8. Berapa gram massa karbon dioksida yang terbentuk dan sisa pereaksi, jika direaksikan:

12 gram karbon dengan 24 gram oksigen

Pembahasan Soal:

Hukum perbandingan tetap (Hukum Proust) menyatakan bahwa perbandingan massa unsur-unsur dalam senyawa selalu tetap. Pada soal telah diketahui perbandingan massa karbon dan oksigen dalam karbon dioksida sebesar 3 : 8. Untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  • Bagi massa karbon dan oksigen yang diketahui masing-masing dengan nilai pembandingnya untuk menentukan unsur yang habis bereaksi.

C yields 12 over 3 equals 4 O yields 24 over 8 equals 3 space space space habis space bereaksi 

  • Diketahui unsur yang habis bereaksi adalah O. Untuk mengetahui massa karbon yang ikut bereaksi, kali nilai pembanding C dengan hasil bagi massa dan pembanding dari O.

m space C space bereaksi equals 3 cross times 3 equals 9 space gram 

  • Tentukan massa C yang tersisa.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell m space C space sisa end cell equals cell m space C space awal bond m space C space bereaksi end cell row blank equals cell 12 space gram minus sign 9 space gram end cell row blank equals cell 3 space gram end cell end table 

  • Tentukan massa karbon dioksida yang terbentuk.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell m space C O subscript 2 end cell equals cell m space O and m space C space bereaksi end cell row blank equals cell 24 space gram plus 9 space gram end cell row blank equals cell 33 space gram end cell end table 

 

Jadi, massa karbon dioksida yang terbentuk adalah 33 gram dan sisa pereaksi karbon sebesar 3 gram.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Hidayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika diketahui perbandingan C dan O dalam CO2​ adalah 3 : 8, maka tentukan massa  yang dihasilkan dan sisa yang ada jika 4,5 gram  bereaksi dengan 15 gram O2​.

0

Roboguru

Diketahui perbandingan massa karbon (C) oksigen (O) dalam karbon dioksida (CO2) adalah 3 : 8 Lengkapilah daftar berikut :

0

Roboguru

Kalsium dan oksigen dapat bereaksi membentuk kalsium oksida dengan perbandingan massa sebagai berikut:      Berdasarkan data tersebut, perbandingan massa kalsium dengan oksigen dalam senyawa tersebut...

0

Roboguru

Senyawa NaCl diperoleh dari tiga sumber berbeda. Hasilnya disusun dalam tabel berikut.     Apakah senyawa NaCl pada tabel tersebut mengikuti hukum Proust? Jelaskan!

0

Roboguru

Perbandingan massa besi (Fe) dan belerang (S) dalam senyawa besi belerang (FeS) adalah 7:4. Berapa gram besi dan belerang yang harus direaksikan untuk membentuk 44 gram senyawa besi belerang?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved