Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan esai berikut ini dengan saksama!


Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lautan yang memiliki segudang kekayaan alam. Ditinjau dari letaknya, Indonesia juga sangat strategis baik dalam percaturan sosial, politik, ekonomi kebudayaan maupun pertahanan kelautan. Kondisi ini menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia dengan memiliki luas sekitar 5,8 juta km dan garis pantai 18.700 ribu hektar (Mun'im, 2013). Wilayah laut yang tersedia tersebut belum mampu dikelola oleh masyarakat, karena kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia. Sehingga tidak ada profesionalitas dalam mengelola kekayaan laut dengan maksimal. Kenyataan ini akhirnya mendorong pentingnya pembangunan nasional berbasis kelautan yang diharapkan akan mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

(Sumber: http://dosensosiologi.com/, dengan pengubahan)undefined 

Perbaikilah kesalahan ejaan dan ketidakefektifan kalimat dalam kutipan esai tersebut!

Perbaikilah kesalahan ejaan dan ketidakefektifan kalimat dalam kutipan esai tersebut! 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kesalahan penggunaan ejaan meliputi kesalahan penggunaan tanda baca. Contoh kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah: Wilayah laut yang tersedia tersebut belum mampu dikelola oleh masyarakat, karena kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia. Kalimat tersebut memiliki kesalahan ejaan berupa kesalahan penggunaan tanda baca koma sebelum kata karena . Tanda koma tidak dipakai jika induk kalimat mendahului anak kalimat. (PUEBI, III B3) Untuk itu, pembetulan ejaan yang tepat adalah demikian. Wilayah laut yang tersedia tersebut belum mampu dikelola oleh masyarakatkarena kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia. Keekfektifan kalimat adalah kalimat dengan unsur yang utuh dan tepat. Salah satu ciri kalimat yang efektif adalah kalimat itu harus memuat unsur yang lengkap dan tepat sepertisubyek, predikat, obyek, atau keterangan. Contoh ketidakefektifan kalimat dalam paragraf di atas: Sehingga tidak ada profesionalitas dalam mengelola kekayaan laut dengan maksimal. Kalimat tersebut bukan merupakan kalimat yang lengkap karena tidak memiliki induk kalimat. Kata hubung sehingga dalam kalimat menandakan bahwaa kalimat tersebut adalah anak kalimat. Sebuah kalimat yang efektif memiliki ciri salah satunya harus merupakan kalimat yang lengkap/utuh. Jadi, kalimat yang didahului oleh kata sehingga tidak bisa berdiri sendiri tanpa induk kalimat. Untuk menjadi sebuah kalimat yang lengkap, pembetulan kalimat di atasadalah demikian. ..., sehingga tidak ada profesionalitas dalam mengelola kekayaan laut dengan maksimal.

Kesalahan penggunaan ejaan meliputi kesalahan penggunaan tanda baca. Contoh kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah:

  1. Wilayah laut yang tersedia tersebut belum mampu dikelola oleh masyarakat, karena kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia.
    Kalimat tersebut memiliki kesalahan ejaan berupa kesalahan penggunaan tanda baca koma sebelum kata karena. Tanda koma tidak dipakai jika induk kalimat mendahului anak kalimat. (PUEBI, III B 3)

Untuk itu, pembetulan ejaan yang tepat adalah demikian.

  1. Wilayah laut yang tersedia tersebut belum mampu dikelola oleh masyarakat karena kurangnya kualitas dan kapasitas masyarakat Indonesia.

Keekfektifan kalimat adalah kalimat dengan unsur yang utuh dan tepat. Salah satu ciri kalimat yang efektif adalah kalimat itu harus memuat unsur yang lengkap dan tepat seperti subyek, predikat, obyek, atau keterangan. Contoh ketidakefektifan kalimat dalam paragraf di atas:

  1. Sehingga tidak ada profesionalitas dalam mengelola kekayaan laut dengan maksimal.
    Kalimat tersebut bukan merupakan kalimat yang lengkap karena tidak memiliki induk kalimat. Kata hubung sehingga dalam kalimat menandakan bahwaa kalimat tersebut adalah anak kalimat. Sebuah kalimat yang efektif memiliki ciri salah satunya harus merupakan kalimat yang lengkap/utuh. Jadi, kalimat yang didahului oleh kata sehingga tidak bisa berdiri sendiri tanpa induk kalimat.

Untuk menjadi sebuah kalimat yang lengkap, pembetulan kalimat di atas adalah demikian.

  1. ..., sehingga tidak ada profesionalitas dalam mengelola kekayaan laut dengan maksimal.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Kritik Sastra dan Esai

Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

Menganalisis Kritik Sastra dan Esai

Menyusun Kritik Sastra dan Esai

375

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut ini! Ada benarnya kita mempunyai kesadaran pandangan untuk melakukan pembaharuan dalam kesastraan kita. Kita selali1 terlambat. Namun demikian, inilah gerakan-gerakan yang...

1rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia