Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sangat besar harapan saya agar bapak mengabulkan permohonan ini.space 

Perbaikan yang tepat bagian penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ....

Perbaikan yang tepat bagian penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ....space 

  1. Besar keinginan saya, bapak dapat mengabulkan permohonan ini.space 

  2. Harapan saya, Bapak bisa mengabulkan permohonan ini.space 

  3. Harapan saya, Bapak dapat mengabulkan permohonan ini.space 

  4. Keinginan saya, Bapak bisa mengabulkan permohonan ini.space 

  5. Besar harapan saya, bapak dapat mengabulkan permohonan ini.space 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja pada suatu instansi atau lembaga. Surat lamaran pekerjaan termasuk ke dalam jenis surat dinas karena surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas merupakan surat yang ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Surat lamaran pekerjaan memiliki isi dan sistematika yang berbeda dengan jenis surat lainnya. Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan. Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan. Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua. Kalimat penutup merupakan bagian akhirisi surat. Kalimatpenutup surat berisi harapan dan ucapan terima kasih. Contoh : Demikian permohonan saya. Besar harapan saya untuk dapat diterima menjadi bagian dari perusahaan..... Kutipan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan: Sangat besar harapan saya agar bapak mengabulkan permohonan ini. Perbaikan yang tepat bagian penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah: Harapan saya, Bapak dapat mengabulkan permohonan ini. Penulisan kalimat penutup tersebut sudah tepat karena menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, kata "Bapak" menggunakan huruf yang besar karena menunjukkan orang. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Surat lamaran pekerjaan adalah surat yang berisi permohonan untuk bekerja pada suatu instansi atau lembaga. Surat lamaran pekerjaan termasuk ke dalam jenis surat dinas karena surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas merupakan surat yang ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi.

Surat lamaran pekerjaan memiliki isi dan sistematika yang berbeda dengan jenis surat lainnya. Isi surat meliputi bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan. Sistematika adalah klasifikasi atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan.

Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan meliputi tempat dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.

Kalimat penutup merupakan bagian akhir isi surat. Kalimat penutup surat berisi harapan dan ucapan terima kasih.
Contoh : Demikian permohonan saya. Besar harapan saya untuk dapat diterima menjadi bagian dari perusahaan.....

Kutipan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan:

Sangat besar harapan saya agar bapak mengabulkan permohonan ini.

Perbaikan yang tepat bagian penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah:

Harapan saya, Bapak dapat mengabulkan permohonan ini.

Penulisan kalimat penutup tersebut sudah tepat karena menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, kata "Bapak" menggunakan huruf yang besar karena menunjukkan orang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Latihan Bab

Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Daftar Riwayat Hidup

Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Yasmin Safitri

Pembahasan tidak lengkap Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikan yang tepat untuk penutupansurat tersebut adalah ...

59

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia